14.5.22

KIAT-KIAT PENYESUAIAN DIRI DI LINGKUNGAN BARU

 

Essay ini adalah syarat untuk memenuhi Ujian Tengah Semester (UTS)

Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Semester Genap T.A. 2021/2022

 

Shafly Ardhya Saputra (20310410027)

Kelas B (paralel)

Fakultas Psikologi

 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta, M.A.

 

 

KIAT-KIAT PENYESUAIAN DIRI DI LINGKUNGAN BARU

            Setiap manusia yang berhadapan dengan situasi tertentu atau baru biasanya mereka akan melakukan adaptasi atau penyesuaian diri. Tujuannya agar mereka dapat lebih leluasa dalam bertindak dan nyaman dalam melakukan suatu hal sehingga tidak terganggu oleh lingkungannya. Dalam pembahasan ini kita akan membahas apa itu penyesuaian diri, teori-teori dalam penyesuaian diri, dan cara penyesuaian diri yang baik maupun yang buruk.

Pengertian Penyesuaian Diri :

Penyesuaian diri adalah kemampuan seseorang untuk hidup dan bergaul secara wajar terhadap lingkungannya, sehingga seseorang merasa puas terhadap dirinya dan terhadap lingkungan.3 Dari pengertian ini dapat ditarik suatu maksud bahwa penyesuaian diri adalah suatu kemampuan untuk membuat hubungan yang serasi dan memuaskan antara individu dan lingkungannya. Individu diharapkan mampu melakukan penyesuaian diri dengan kehidupan sosial dan mampu memenuhi ekspetasi sosial setaraf dengan usianya.

Memulai aktivitas di lingkungan baru buat sebagian orang memang cukup sulit dilakukan. Di lingkungan baru kita akan bertemu dengan orang-orang baru dan harus beradaptasi lagi. Jika tidak cepat beradaptasi maka nantinya kita sendiri yang akan rugi karena bisa tak punya teman atau bahkan dikucilkan. Jadi, saat berada di lingkungan yang baru kita harus beradaptasi. Jika masih ragu harus melakukan apa, cobalah empat tips berikut.

1. Ramah dan murah senyum

Saat berada di lingkungan baru lebih baik jangan pernah menunjukkan sikap yang sombong dan acuh. Saat bersikap seperti itu tentu saja orang lain akan malas mengajak berkenalan. Lebih baik cobalah untuk bersikap ramah kepada setiap orang dan murah senyum. Saat melihat wajah kita yang murah senyum, orang lain pasti akan merasa kita adalah orang yang nyaman untuk diajak bicara.

2. Mau memulai percakapan

Agar bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, jangan malu-malu untuk mengajak orang lain bicara. Kita harus mau berinisiatif untuk memulai percakapan dan bersikap hangat kepada orang lain. Sapa mereka atau ajak mengobrol seputar hal-hal yang ringan untuk memulai percakapan. Jangan jadi orang yang acuh dan dingin karena sikap itu akan membuat kita dijauhi orang lain di lingkungan yang baru.

3. Bersikap seperti diri sendiri

Hal lain yang harus diingat saat ada di lingkungan baru ialah selalu menjadi diri sendiri. Jangan pernah berpura-pura seperti orang lain hanya untuk mencari perhatian sebab jika mereka akhirnya tahu mengenai diri kita yang sebenarnya, nantinya mereka bisa tak menghargai kita lagi. Jadi, tetaplah percaya untuk menjadi diri sendiri saat mulai berinteraksi dengan orang lain di sebuah lingkungan baru.

4. Berpikiran terbuka

Saat berada di sebuah lingkungan baru tentunya kita juga harus bisa berpikiran terbuka dan menerima segala perbedaan. Jika ada aturan baru yang membuat kaget, maka kita harus menerimanya dan tak perlu mempermasalahkannya. Apabila hanya selalu mempermasalahkan mengenai aturan atau kebiasaan di tempat yang baru maka kita akan merasa kesulitan beradaptasi. Jadi, lebih baik mencoba menjadi seseorang yang berpikiran terbuka sehingga bisa lebih cepat menerima kebiasaan itu dan mudah beradaptasi.

 

Sumber :

https://www.bksmtipontianak.sch.id/2020/09/penyesuaian-diri-di-lingkungan.html

https://cantik.tempo.co/read/1137035/tips-agar-cepat-beradaptasi-di-lingkungan-baru

0 komentar:

Posting Komentar