17.5.22

KAWANKU KAU INGATKANKU

 

Essay Ujian Tengah Semester (UTS)

Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Semester Genap T.A. 2021/2022

 

Shafly Ardhya Saputra (20310410027)

Kelas B (paralel)

Fakultas Psikologi

 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta, M.A.

 


KAWANKU KAU INGATKANKU

            Hari itu kami berjumpa setelah sekian lamanya kami berpisah antara ruang jarak dan waktu. Kami adalah rekan seperjuangan pada masa putih abu-abu. Banyak yang bilang masa itulah masa yang paling indah. Kami sepakat bahwa kalimat itu salah, karena yang paling indah adalah masa kini yang masih mengenang masa itu. Itulah masa terindah menurut kami.

            Sore itu kami berjumpa hingga larut malam tak terasa. Dua kali singgah tempat, sore berbuka bersama dan malam bercanda ria berbagi tawa. Kami larut oleh hangatnya kopi dan lezatnya makanan ringan hingga sisa-sisa makanan luput dari mata. Menyisakan sampah dan puntung rokok berserakan, tak seorangpun dari kami mengingatkan. Seolah botol plastik, air kopi yang tumpah, hingga sampah kemasan bertengger bersama kami yang mabuk nostalgia, ikut berbicara atau bahkan bergulat dengan indahnya tempat kami berjumpa.

            Detik berlalu hingga Bunga, seorang dari kami bergumam tentang kebersihan tempat yang akan kami tinggalkan. “Datang bersih, maka pulang juga harus bersih”, kata Bunga sembari mengajak kami untuk mengumpulkan sisa-sisa makanan dan gelas. Kamipun jadi ingat bahwa guru dan kakak kelas kami di sekolah dulu cinta akan kebersihan setiap waktu. Mereka tak lelah ajarkan itu, dalam setiap jam pelajaran atau pertemuan pramuka. Sambil bercerita, kita mendoakan para guru kami, para pahlawan tanpa tanda jasa. Akhirnya, kamipun dengan senang hati membersihkannya hingga ditutup dengan berswafoto bersama.

Dimanapun kau kawan, kamu tidak boleh lupa bahwa kamu adalah kaum yang terpelajar. Tidak lagi butuh contoh seperti apa cara membuang sampah pada tempatnya, atau sekedar mengumpulkannya jadi satu. Kamu tidak boleh lalai, setinggi apapun kamu berlajar, kamu tak boleh lupa soal menjaga lingkungan agar tetap indah, sama seperti kenangan kita ini. Terima kasih kawanku, Bunga.

           

 

 

0 komentar:

Posting Komentar