18.5.22

Hubungan Antara Teori David Mc Clelland dan Kegiatan Makan Bersama

Hubungan Antara Teori David Mc Clelland dan Kegiatan Makan Bersama 





 ESSAY UJIAN TENGAH SEMESTER

PSIKOLOGI SOSIAL


Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.


Semester Genap T.A 2021/2022


Oleh :

Alwiyah Dwi Pratiwi (21310410034)

Kelas A (Reguler)


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Kebersamaan merupakan suatu hal yang menyejukkan saat dilihat dan menyenangkan saat di rasakan. Setiap orang pasti menginginkan kebersamaan dengan orang-orang yang mereka sayang. Melalui kebersamaan kita dapat belajar tentang banyak hal, salah satunya adalah kita bisa mendapatkan kesenangan hati saat bersama dengan orang tersayang, dan masih banyak lagi hal yang lain yang bisa kita dapat dari kebersamaan.

Terkadang kita merasa sedih karena tidak bisa menikmati sebuah kebersamaan yang menyenangkan. Dalam hidup tentu kita menginginkan hal-hal yang menyenangkan agar kita dapat bahagia. Sebut saja misalnya pada saat lebaran Idul Fitri disaat semua keluarga dan kerabat berkumpul tentu akan menciptakan kesenangan tersendiri bagi kita. Saat sedang berkumpul dengan keluarga tentu ada hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja, hal tersebut yaitu makan bersama. Seringkali dalam pertemuan keluarga pasti akan ada kegiatan makan bersama.

Menurut teori motivasi David Mc Clelland, hal ini termasuk dalam kebutuhan akan afiliasi (Need for Affiliation) yaitu dorongan untuk berinteraksi dengan orang lain dengan cara yang menyenangkan.

Dorongan kebutuhan akan afiliasi ini adalah keinginan untuk berhubungan dengan orang-orang terdekat disekitar kita, dimana setiap individu akan merefleksikan keinginan untuk mempunyai hubungan yang erat, kooperatif, serta penuh dengan kebersamaan dan kesenangan. 

Teori motivasi yang dikemukakan toleh David Mc Clelland inilah yang akhirnya menjadi dasar untuk melakukan interaksi dengan keluarga dan saudara dan membangun kebersamaan agar dapat tercipta suasana yang harmonis dan menyenangkan. Dengan demikian, jika hal ini dapat terwujud maka kita juga sekaligus dapat memenuhi motivasi kebutuhan akan afiliasi.

Selain itu, makan bersama keluarga memiliki banyak manfaat lain salah satunya adalah mempererat hubungan keluarga melalui suasana yang santai, informal, dan disisipkan dengan obrolan-obrolan ringan. Makan bersama juga merupakan waktu yang paling tepat untuk belajar keterampilan sosial karena pada saat makan bersama dapat meningkatkan komunikasi antar anggota keluarga.

Makan bersama keluarga dapat memberikan kesempatan bagi anggota keluarga untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi yang akan menciptakan hubungan baik untuk setiap anggota keluarga.  




Daftar Pustaka

https://www.sosiologi.info/2021/11/teori-david-mcclelland-dorongan-motivasi-kebutuhan-contohnya.html?m=1

0 komentar:

Posting Komentar