23.5.22

CSR membutuhkan psikologi

 

PSIKOLOGI INDUSTRI dan ORGANISASI

Semester genap T.A. 2021/2022
 Oleh: Ayu Pramesty Dwi Anggraini (21310410102)
Psikologi Kelas Reguler (A)
Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 
Essay Ujian Tengah Semester Psikologi Industri dan Organisasi 2022

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA


PT Petrokimia Gresik merupakan Produsen Pupuk Terlengkap di Indonesia yang memproduksi berbagai macam pupuk dan bahan kimia untuk solusi agroindustri. Di dalam perusahaan ini ada divisi yang di sebut CSR-Petrokimia Gresik, apa itu CSR? CSR atau kepanjangannya Corporate Social Responsibility adalah seorang yang bertanggung jawab untuk mengawasi pembuatan dan pelaksanaan dari tujuan tanggung jawab sosial suatu perusahaan. CSR dari Petrokimia Gresik yaitu Bina Lingkungan, Kemitraan, Program Unggulan, Mangga Petrokimia Gresik. Sudah banyak sekali program-program dari CSR petrokimia Gresik di salah satu contoh dari CSR Program Unggulan adalah Bestro atau kepanjangannya Beasiswa Petrokimia Gresik dimana program ini adalah pemberian beasiswa untuk S1 dan juga SMA.

Apakah psikologi bisa memasuki divisi CSR? Seringkali psikologi di pertanyakan gunanya untuk apa, masuk ke ranah dunia kerja apa, dan tujuan psikologi itu apa. Padahal psikologi banyak sekali manfaatnya dan jangkauannya cukup luas di dunia kerja.

Apakah psikologi bisa masuk divisi CSR sangat bisa, mengapa? Karena di CSR itu dibutuhkan skill yang di miliki psikologi yaitu Riset dan analisis, kemampuan komunikasi yang andal, problem solving, dan active listening. Di psikologi semua itu sudah kita pelajari, jadi bisa saja lulusan dari psikologi memasuki divisi CSR. Psikologi tidak hanya membantu seseorang yang mengalami mental illness tetapi juga banyak ranah yang bisa dimanfaatkan dari psikologi. Nah lalu memangnya apa tujuan dari CSR? Setiap program CSR yang dijalankan oleh perusahaan memiliki tujuan tertentu. Tetapi, umumnya CSR memiliki tujuan sebagai berikut:

1. Menjaga Nama Baik Perusahaan
2. Menjaga Hubungan dengan Stakeholder
3. Turut Menyelesaikan Masalah yang Ada di Lingkungan

CSR ini adalah aktivitas bisnis dimana perusahaan bertanggung jawab secara sosial kepada pemangku kepentingan dan masyarakat luas sebagai bentuk perhatiannya dalam meningkatkan kesejahteraan dan berdampak positif bagi lingkungan.

CSR sangat dibutuhkan perusahaan karena sudah di atur Undang-Undang nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseoran Terbatas (UUPT). CSR membutuhkan sarjana psikologi yang memang memenuhi skill yang di butuhkan CSR, psikologi memiliki prospek kerja yang banyak.

DAFTAR PUSTAKA
Corporate Social Responsibility (CSR): Pengertian, Gaji, Skills, Tools & KPI. Diakses pukul 08.26 WIB Hari Senin, 23 Mei 2022. https://www.ekrut.com/media/jobs-directory/corporate-social-responsibility-csr

Petrokimia Gresik. Diakses pukul 08.33 WIB Hari Senin, 23 Mei 2022. https://petrokimia-gresik.com/

CSR Adalah Tanggung Jawab Perusahaan, Ini Jenis dan Manfaatnya. Katadata.Id. Diakses pukul 08.55 WIB Hari Senin, 23 Mei 2022. https://katadata.co.id/safrezi/berita/61f25d4f71cb4/csr-adalah-tanggung-jawab-perusahaan-ini-jenis-dan-manfaatnya

Apa itu CSR – Ini Manfaat, Jenis, dan Besar Nominalnya. Diakses pukul 08.56 WIB Hari Senin, 23 Mei 2022. https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/06/21/csr-adalah

0 komentar:

Posting Komentar