23.5.22

Berkerja Tidak Sesuai Bidang Pendidikan Tidak Selamanya Buruk

  UTS Psikologi Industri 
Semester Genap TA 2021/2022
 Oleh : Ahmad Helmy Fauzan 
(21310410091)
Kelas Reguler
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
Dosen Pengampu : Dr. Arunati Shinta, MA




Secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha yang dilakukan manusia untuk mendapatkan penghasilan demi memenuhi tujuan tertentu. Tujuan tersebut dapat berupa pemenuhan kebutuhan makan, tempat tinggal, atau kebutuhan hidup lainnya. Banyak bidang yang kita dapat memposisikan diri untuk bekerja didalamnya, tentunya dengan syarat-syarat tertentu yang telah ditentukan. 

Tetapi kadangkala kita dihadapkan pada situasi dimana bekerja tidak sesuai. Pada umumnya, jika Anda lulus dari perkuliahan, pasti tujuan utama yang dilakukan adalah mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan dan ijazah yang Anda miliki. Namun, nyatanya hal itu tidak membayangkan yang dibayangkan. Masih banyak orang di luar sana yang memutuskan bekerja tidak sesuai dengan ijazah yang diperoleh. Misalnya Anda kuliah mengambil jurusan psikologi, tapi realita saat bekerja Anda ditempatkan diposisi desain grafis. Pastinya ini terjadi tergantung pada diri Anda dan faktor yang mempengaruhi Anda untuk mengambil pekerjaan tersebut. 

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan banyak orang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya pada saat menempuh pendidikan di perkuliahan: 

1. Salah Ambil Jurusan. 
Masih banyak orang yang salah mengambil jurusan ketika kuliah. Ada banyak hal yang menjadi latar belakang ini. Misalnya, orangtua yang mengharuskan Anda untuk mengambil jurusan tersebut atau kuliah di jurusan apa saja yang penting bisa masuk di universitas negeri. Sebenarnya, perkara ini tidak boleh dilakukan. Jika Anda tidak dapat menyukai bidang-bidang tersebut dan melakukannya dengan terpaksa, tentunya hasil yang didapat nantinya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan hal ini bisa menjadi bumerang untuk diri Anda sendiri nantinya. Anda tidak menguasai materi yang diberikan dan alhasil setelah lulus, Anda tidak memiliki kemampuan apa pun.

2. Baru Menemukan Gairah. 
Sama seperti sekolah, di bangku perkuliahan juga Anda akan menemukan banyak hal yang baru. Baik itu berupa ilmu, pertemanan, atau hal lainnya. Tidak jarang sekali jika Anda tiba-tiba menemukan passion baru di luar jurusan yang Anda pilih. Mungkin hal itu akan menjadi salah satu tantangan bahkan hobi baru yang akan selalu Anda lakukan sehingga membuat Anda sangat mahir dalam hal tersebut. Ini bukan kesalahan, asalkan Anda bisa bertanggung jawab dan semangat ini akan menghasilkan sesuatu yang positif untuk Anda tentu tidak menjadi masalah. Contohnya, Anda sangat menyukai dunia desain dan sangat menekuni ilmu-ilmu tersebut meskipun jurusan kuliah yang dulu Anda ambil adalah psikologi. Namun, setelah lulus, Anda bekerja di sebuah perusahaan sebagai desain grafis.

3. Keluar dari Zona Nyaman. 
Jika Anda memiliki sifat yang suka tantangan dan ini melakukan hal baru, tentunya bekerja tidak sesuai dengan ijazah yang bisa Anda lakukan. Anda ingin ke luar dari zona nyaman dan ingin mencoba hal baru yang mungkin saja bisa menjadi salah satu passion Anda. Jika menghasilkan yang positif untuk Anda mengapa tidak dilakukan?

4. Tidak Banyak Pekerjaan yang Sesuai dengan Jurusan Anda. 
Faktor lainnya penyebab bekerja tidak sesuai dengan jurusan, yaitu sedikitnya peluang pekerjaan yang sesuai dengan jurusan Anda. Memastikan hal ini menjadi masalah besar dan tidak mau banyak yang ke luar jalur dan memutuskan untuk bekerja meskipun belum pernah menguasai bidang tersebut.


kadang-kadang banyak berpikir-mikir sebelum menentukan akan menerima pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang pendidikannya. Berpikir jika ilmu yang Anda pelajari akan berakhir sia-sia, pertimbangkan untuk menghargai pengalaman saat bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan pelajaran yang Anda ambil saat kuliah. 

Berikut manfaat yang Anda dapat bila menerima pekerjaan yang tidak sesuai dengan standar hanya "menganggur" karena hanya mau menerima pekerjaan dari perusahaan/tempat impian saja. 

1. Bukti siap kerja. 
Menerima pekerjaan yang tidak sesuai dengan kompetensi akademik dan tetap berusaha menunjukkan kinerja yang baik, adalah bukti bahwa Anda adalah lulusan yang kompeten untuk bekerja di bidang apapun. Ini dapat menjadi nilai lebih untuk para lulusan baru, karena dianggap mau belajar hal baru, mudah beradaptasi, dan pembelajar yang cepat. Pasalnya, kini tak sedikit perusahaan yang menuntut karyawan sewaktu-waktu dipindahkan ke divisi lain. Artinya, tak ada pekerjaan yang benar-benar "tetap" saat ini, sehingga kamu perlu membuka diri untuk meng-upgrade kemampuan dalam segala bidang dan menjadi lulusan siap kerja.

2. Pupuk pengalaman. 
Bila selama kuliah Anda belajar di Jurusan Psikologi, lalu tiba-tiba diminta bekerja menjadi seorang desain grafis, tentu Anda akan memiliki banyak pengetahuan tentang profesi tersebut yang didapat selama bekerja. Ketimbang hanya "menganggur" karena hanya mau menerima pekerjaan yang sesuai bidang, sebaiknya segera terima tawaran kerja dan sebagai loncatan. televisi bila ada dua tawaran kerja yang datang bersamaan, anda bisa memilih pekerjaan yang lebih sesuai dengan kompetensi akademik yang anda miliki. 

3. Ada kesempatan pindah divisi. 
Bisa jadi, di perusahaan yang berbeda bidang ini, sebenarnya ada divisi yang lebih mengakomodir kompetensi akademik yang Anda miliki. Hanya saja, mungkin divisi tersebut sedang penuh orang, sehingga belum membuka lowongan. Saat Anda sudah menjadi karyawan, kesempatan untuk pindah divisi tentu akan lebih mudah, bila Anda belum menjadi bagian dari perusahaan.

4. Estimasi gaji. 
Sebagai lulusan baru, mungkin anda tak memiliki banyak kesempatan untuk menego gaji. Namun, bila anda sudah memiliki pengalaman kerja, maka standar gaji anda bisa berbeda. Tak hanya itu, pengalaman kerja juga akan membuka wawasan anda tentang berapa gaji yang sebenarnya layak didapatkan, tunjangan yang perlu diperjuangkan, hingga perusahaan mana yang menawarkan kesejahteraan baik bagi karyawan. Tentu, wawasan semacam ini akan didapatkan sejalan dengan pengalaman kerja yang anda dapatkan.


Itu beberapa uraian yang dapat menjadi pandangan Anda bahwa berkerja tidak sesuai bidang pendidikan tidak selamanya buruk, banyak manfaat dan pengalaman yang akan Anda dapatkan. Semoga dapat membantu Anda yang masih bingung ditawari pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang pendidikan Anda. 




Pustaka: 

Mellissa, Vanessa. 2017. "Ini Penyebab Bekerja Tidak Sesuai dengan Ijazah". https://www.google.com/amp/s/www.futuready.com/artikel/lifestyle-leisure/ini-penyebab-bekerja-tidak-sesuai-dengan-ijazah/amp/. Diakses pada 23 Mei 2022.

Kasih, Ayunda P. 2020. "Terima Kerja Tidak Sesuai Bidang Ternyata Ada Manfaatnya, Apa?". https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/edukasi/read/2020/02/04/18202351/terima-kerja-tidak-sesuai-bidang-ternyata-ada-manfaatnya-apa. Diakses pada 23 Mei 2022.

Gambar: 

https://www.google.com/search?q=gambar+pekerja+berbagai+bidang&tbm=isch&ved=2ahUKEwjjs8H6yfT3AhXCTXwKHTqVBxMQ2-cCegQIABAC#imgrc=jkokcECOkwx4uM

0 komentar:

Posting Komentar