23.5.22

PERAN SARJANA PSIKOLOGI BAGI PERKEMBANGAN PERUSAHAAN

 



PSIKOLOGI INDUSTRI & ORGANISASI

Essay Ujian Tengah Semester

Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Meli Nur Hidayah (21310410085)

Kelas A (Reguler)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu :

Dr. Arundita Shinta,M.A.

 

CSR atau Corporat Sosial Responsibility merupakan sebuah istilah popular di kalangan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan. Ada banyak sekali jurnal yang menerangkan akan manfaat keberadaan CSR, disini CSR memiliki manfaat yang cukup besar bagi Sebagian orang yang tinggal di sekitar perusahaan tersebut karena berdirinya sebuah perusahaan tersebut di anggap memiliki pengaruh baik sedikit maupun besar bagi masyarakat.

Implementasi program CSR PT Petro kimia Gresik terdiri dari dua dimensi yaitu dimensi development dan environmental protection. Implementasi ini sangat penting bagi PT Petrokimia Gresik untuk membangun hubungan yang baik dan harmonis dengan masyarakat sekitar, implementasi program CSR bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Terdapat 4 bidang pemberdayaan masyarakat yang di lakukan oleh PT Petrokimia Gresik yaitu Pendidikan,kesehatan, ekonomi, dan lingkungan

Rumusan masalah : Apakah sarjana psikologi bisa berkarir di devisi tersebut?

Dilihat dari kegiatan yang di lakukan oleh divisi CSR PT Petrokimia Gresik maka dapat di ambil kesimpulan bahwa sarjana psikologi mampu untuk berkarir di divisi tersebut, mengingat bahwa psikologi sangat di butuhkan bagi perusahaan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, karena psikologi akan selalu di butuhkan dimana masih ada manusia di dalam nya. Apalagi di divisi tersebut menjelaskan bahwa ada bidang pemberdayaan masyarakat yang di lakukan oleh PT Petrokimia Gresik yaitu bidang Pendidikan dan lingkungan. Maka sarjana psikologi Pendidikan mampu untuk berkarir dalam bidang tersebut karena psikologi Pendidikan sudah membekali akan materi dan ketrampilan yang cukup banyak kepada sarjana psikologi untuk bisa terjun langsung di kalangan masyarakat untuk memberikan Pendidikan akan banyak hal. Dalam bidang lingkungan maka sarjana psikologi industry dan organisasi akan sangat mampu untuk berkarir di bidang tersebut mengingat lingkungan perusahaan merupakan tempat yang paling tepat untuk sarjana ini karena bersosialisasi adalah hal yang tidak asing lagi baginya.

karena sarjana psikologi biasa untuk berkarir di lingkungan masyarakat, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa sarjana psikologi bisa untuk berkarir di Devisi CRS tersebut karena psikologi akan selalu di butuhkan di saat ada manusia di dalam organisasi tersebut, selain itu sarjana psikologi juga memiliki banyak sekali jenjang karir yang dapat di ambil oleh sarjana psikologi tergantungn bagaimana cara kita mencari peluang yang ada.



DAFTAR PUSTAKA

DIAN KUSUMAWARDANI, 070517647 (2008) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: Studi Deskriptif Tentang Implementasi CSR PT. Petrokimia Gresik Dalam Upaya Pengembangan Masyarakat Disekitarnya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Ratnasari, Miranda Diah (2018) Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Mediator Kemampuan Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT Petrokimia Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

 

0 komentar:

Posting Komentar