16.5.22

Adjusting to a new work environment

 



Tugas UTS Essay Psikologi Lingkungan 

Dosen Pengampu: Dr.Arundati Shinta,MA

Inry Riyanty Pieter (19310410077)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yokyakarta 





Memulai pekerjaan baru adalah salah satu tantangan paling menarik dalam karir seorang profesional. Namun itu juga bisa menjadi waktu yang sangat menegangkan dan menuntut, bahkan bagi para profesional yang paling berpengalaman. Menyesuaikan diri dengan baik dengan tanggung jawab baru dan yang lebih penting dengan lingkungan kerja baru dan bos baru dapat memakan waktu. Mungkin mudah merasa kewalahan, tetapi jangan biarkan hal itu memengaruhi kinerja Anda. Ada  lima langkah mudah untuk memastikan transisi ke peran baru Anda semulus mungkin:  

1. Antisipasi perubahan

Beberapa minggu pertama pekerjaan baru selalu sulit, dan bahkan profesional berpengalaman pun mengakui bahwa memulai dari awal itu sulit. Namun, jika Anda mengantisipasi perubahan dan tantangan ke depan, transisi Anda ke organisasi baru bisa jauh lebih lancar. Lepaskan harapan Anda, tidak ada pekerjaan yang akan persis seperti yang diharapkan. Agar dapat bertransisi dengan baik, Anda harus fleksibel, siap menghadapi tantangan baru dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Posisi baru juga berarti memperoleh rangkaian hubungan yang sama sekali baru. Pastikan untuk tetap berpikiran terbuka dan bersikap positif.

2. Kenali bos barumu

Memahami gaya komunikasi atasan Anda di awal proses sangatlah penting.Cari tahu bagaimana mereka suka bekerja sehari-hari dan khususnya, bagaimana mereka menyukai sesuatu dilakukan. Misalnya, apakah mereka lebih memilih pertemuan satu lawan satu daripada pertemuan tim? Apakah mereka menyukai presentasi yang sangat mendetail atau apakah mereka lebih menyukai ikhtisar sederhana? Cari tahu bagaimana mereka bekerja sama dengan departemen yang berbeda dan bagaimana mereka melapor kepada manajemen senior. Mengetahui hal-hal ini sejak dini akan membantu Anda menyesuaikan diri dengan peran baru Anda lebih cepat. Bersikaplah proaktif dan mulai rapat dengan bos baru Anda untuk mendiskusikan bagaimana mereka suka bekerja dan beradaptasi. Ini akan membantu Anda memahami apa yang diharapkan dari Anda dan membantu menetapkan harapan yang jelas.

3. Jangkau rekan kerja Anda 

Semakin cepat Anda dapat mulai membangun hubungan dengan rekan tim baru Anda, semakin nyaman Anda berada di perusahaan baru Anda: Pastikan untuk bertemu orang-orang dan mengingat nama mereka Pertahankan kontak mata saat berbicara Bersikap ramah, perhatian, dan hormat, serta ikuti petunjuk dari rekan satu tim Anda; jika mereka berbicara sambil bekerja, bergabunglah Cobalah untuk memahami peran dan tanggung jawab rekan kerja baru Anda

4. Mengajukan pertanyaan

Jangan pernah takut untuk mengajukan pertanyaan baik kepada manajer langsung atau rekan kerja Anda. Orang-orang lebih suka Anda mengajukan pertanyaan ketika Anda tidak yakin tentang sesuatu daripada terus bekerja tanpa mengetahui atau memahami dengan tepat apa yang Anda lakukan, karena akan jauh lebih memakan waktu dan biaya untuk memperbaiki kesalahan yang Anda buat nanti.

5. Rangkullah perubahan

Bergabung dengan perusahaan baru dan bekerja di bawah gaya manajemen baru dapat menjadi hal yang menakutkan, namun ini adalah pengalaman yang harus diterima. Pelajari semua yang Anda bisa dari lingkungan baru Anda dan cobalah berempati dengan situasi manajer Anda, ini akan membuat transisi lebih mudah bagi Anda. 

 Ingat Anda mengambil kesempatan baru karena Anda menginginkan perubahan. Rangkullah semua yang dilemparkan kepada Anda, dan pastikan untuk menjaga sikap positif untuk membuat kesan terbaik.


Referensi : https://www.robertwalters.be/career-advice/adjusting-to-a-new-boss-or-job.html 

https://ensearch.com/8-strategies-for-adjusting-to-new-work-environment/

0 komentar:

Posting Komentar