16.5.22

Dampak Ujaran Kebencial di Sosial Media Bagi Perkembangan Anak

 



PSIKOLOGI SOSIAL

Essay 2

Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Meli Nur Hidayah (21310410085)

Kelas A (Reguler)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu :

Dr. Arundita Shinta,M.A.

 

Media sosial merupakan kebutuhan yang mendasar di masa seperti ini, hampir semua kalangan menggunakan media sosial dari yang anak kecil sampai orang dewasa bahkan lanjut usia juga menggunakan sosial media. Apalagi di masa covid 19 ini hampir semua kegiatan di lakukan secara daring, media sosial sendiri memiliki dampak positif dan negative, tergantung bagaimana orang tersebut menggunakan nya. Dampak positive nya yaitu orang bisa dengan mudah mengakses informasi secara cepat tidak terhalang oleh waktu dan tempat dan juga bisa berkomunikasi dengan teman, saudara dan kerabat yang jauh. Namun dampak negative nya adalah orang mudah menerima berita hoax bahkan bisa sampai kecanduan untuk berselancar di dunia maya sehingga lupa waktu dan tidak bisa melakukan hal produktif lain nya.

Tak jarang di masa sekarang anak kecil sudah banyak yang menggunakan media sosial, alangkah baiknya anak yang masih di bawah umur ketika menggunakan media sosial harus di bawah pantauan orang tua dan pengawasan orang dewasa, karena media sosial adalah wadah yang banyak sekali menyimpan hal yang seharusnya belum di pelajari oleh anak anak, sehingga orang tua harus bisa memberi batasan pada anak mana yang boleh di lihat dan mana yang tidak boleh di lihat oleh anak, karena itu pengaruhnya sangat besar terhadap pertumbuhan anak. Anak akan cenderung meniru apa yang ia lihat karena anak adalah peniru paling ulung, ia mampu dengan cepat dan mudah untuk menyerap apa yang ia lihat atau ia dengar kemudian ia tiru di kemudian hari.

Selain itu sudah banyak sekali anak yang memberikan ujaran kebencian di sosial media, tentu saja ini adalah hal yang perlu di tindak lanjuti oleh orang tua, mengingat bahwa anak adalah generasi penerus yang seharusnya memiliki karakter yang baik sehingga mampu menjadi generasi penerus yang bisa membanggakan. Namun jika anak sudah berani untuk memberikan ujaran kebencian tentu saja ketika dia dewasa maka dia akan menjadi anak yang angkuh dan sulit untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, karena sudah tertanam rasa kebencian pada dirinya. Ini sangat menghawatirkan karena ini juga bisa menumbuhkan rasa egoisme sejak dini pada anak dan akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada anak.

 

DAFTAR PUSTAKA

http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/COLaS/article/view/1872

Sasongko 1 , Viska Anindya Apta Artanti2, Nadila Utami Putri3 , Joni Hendrawan4, Siska Diana Sari5

UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF CYBERLAW DI INDONESIA

 

0 komentar:

Posting Komentar