24.4.22

"TIPS CERDAS LOLOS MENJADI KARYAWAN PERUSAHAAN/LEMBAGA"

 ESSAY 2 PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Oleh:

Arya Apolonio (21310410109)

Kelas (Reguler)

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

FAKUKTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


"TIPS CERDAS LOLOS MENJADI KARYAWAN PERUSAHAAN/LEMBAGA"



Karyawan adalah orang yang bekerja di suatu perusahaan atau lembaga dan di gaji dengan uang. Atau karyawan dapat diartikan juga sebagai orang yang bertugas sebagai pekerja pada suatu perusahaan atau lembaga untuk melakukan operasional tempat kerjanya dengan balas jasa berupa uang. Sedangkan untuk menjadi seorang karyawan ataupun bagian dari suatu lembaga ataupun perusahaan seseorang tentunya perlu melakukan usaha-usaha dalam menemukan sebuah lowongan pekerjaan baik itu pada lembaga ataupun perusahaan yang tentunya membutuhkan seorang karyawan baru.

Adapun langkah awal untuk mencari sebuah lowongan pekerjaan tentunya seseorang perlu melakukan sebuah usaha-usaha tertentu yang bertujuan untuk mencari lowongan pekerjaan tersebut, seperti mencari sebuah iklan lowongan kerja. Banyak sekali orang di luar sana yang belum memiliki pekerjaan dan membutuhkan sebuah pekerjaan. Sayangnya sering kali mereka  masih bertanya-tanya  dimana kah saya dapat menemukan informasi atau sebuah iklan lowongan pekerjaan tersebut? Nah pertanyaan tersebut bukan lah hal yang sangat sulit untuk kita temukan, apa lagi pada generasi milenial sekarang informasi lowongan pekerjaan tidak hanya di sampaikan pada iklan-iklan yang di tempel kan di pertokoan, rumah-rumah ataupun pada tiang listrik. Tentunya hal tersebut merupakan hal yang sudah tidak digunakan lagi pada generasi milenial pada saat ini dan dapat di katakan sudah menjadi suatu yang kuno. Untuk iklan-iklan lowongan pekerjaan kini sangat mudah untuk di temukan dan di akses dengan menggunakan media sosial. Perusahaan ataupun lembaga yang membutuhkan karyawan ketika membutuhkan seorang karyawan baru tentunya pihaknya akan memposting langsung di akun sosial media yang dimiliki dan akan di bagikan agar dapat di lihat dan di akses oleh seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkannya.



Pengalaman yang pernah saya rasakan ketika mencari pekerjaan yaitu mendapatkan informasi ataupun iklan yang di keluarkan oleh lembaga atau perusahaan pada laman sosial media. Kerja itu saya sendiri mendapatkan sebuah informasi lowongan pekerjaan di sosial media (Instagram) dan langsung mempersiapkan diri untuk menyiapkan berkas-berkah yang telah di cantumkan pada sebuah iklan tersebut.

Adapun seleksi yang di terapkan dalam penerimaan karyawan pada sebuah lembaga tersebut ada tiga tahapan yaitu;

1. seleksi administrasi/pemberkasan

2. Seleksi tertulis

3. Wawancara

Dalam setiap tahapan tes yang akan kita hadapi tentunya kita harus berhasil menyelesaikan setiap rangkaian dan tahapan-tahapan tes yang ada dengan benar dan teliti. Pada dasarnya dalam setiap rangkaian tes tentunya terdapat  pelamar yang akan gugur dalam setiap tahapnya dan tentunya gugur dengan alasan yang dapat di pertimbangkan berdasarkan hasil tes yang telah di laksanakan oleh setiap pelamar. 

Sebelum pelaksanaan tes di harapkan agar belajar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar ketika pelaksanaan tes kita dapat menyelesaikan dengan mudah tes yang di berikan oleh panitia penerimaan karyawan tersebut.

Tips yang penting yang perlu di persiapkan dalam  menghadapi tahapan seleksi:

1. Mempersiapkan berkas yang minta dengan sebaik mungkin.

Dalam hal ini perlu sekali bagi setiap pelamar agar mempersiapkan segala berkas yang di perlukan dengan sebaik mungkin. Kemudian berkas yang ada harus di cek kembali apakah sudah sesuai ketentuan yang ada, agar ketika pelaksanaan tes dapat berjalan lancar.

2. Mempersiapkan pengetahuan akademik.

Belajar, hanya dengan belajar kita dapat meningkatkan keterampilan akademik.

3. wawancara/interview.

Dalam seleksi ini sebagai seorang pelamar kerja kita perlu mempersiapkan kecakapan dan keterampilan bahasa yang baik dan benar. Tidak hanya itu dalam wawancara penampilan seseorang juga akan di nilai, maka dari itu ketika menghadapi sebuah interview berpenampilan lah yang tapi sesuai dengan norma dan ketentuan dalam sebuah perusahaan ataupun berpenampilan tapi layaknya seseorang pelamar yang baik dan benar. 


Referensi:

https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fcdn-2.tstatic.net%2Fsurabaya%2Ffoto%2Fbank%2Fimages%2Flowongan-kerja-info-harian-surya.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fsurabaya.tribunnews.com%2F2021%2F08%2F09%2Flowongan-kerja-surabaya-hari-ini-9-agustus-2021-lulusan-smp-sma-d3-s1-admin-hingga-asisten&tbnid=t6PQo3B_5e7zkM&vet=1&docid=iO91enMpaQ_msM&w=700&h=393&source=sh%2Fx%2Fim.

•https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2020/10/karyawan/

•https://www.instagram.com/p/CDVKL5cAsaR/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

0 komentar:

Posting Komentar