24.4.22

Media Iklan Lowongan Pekerjaan Yang Menarik Karyawan

 


PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Essay 2

Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Meli Nur Hidayah (21310410085)

Kelas A (Reguler)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu :

Dr. Arundita Shinta,M.A.

Dunia kerja merupakan tempat yang amat sangat di cari oleh orang orang setelah mereka menyelesaikan masa study nya, akan ada banyak sekali pertimbangan yang di lakukan oleh calon pelamar pekerjaan salah satunya adalah dengan memperhatikan iklan lowongan pekerjaan. Tak dapat di pungkiri iklan merupakan jembatan pertama yang menghubungkan  antara calon pelamar pekerjaan dengan perusahaan, maka dari itu iklan lowongan pekerjaan hendaknya bisa menarik perhatian  para calon pelamar. Salah satu hal yang perlu di perhatikan adalah mengenai media untuk mempublikasikan lowongan pekerjaan tersebut.

Media tersebut antara lain sebagai berikut :

1.       Iklan di media massa. Merupakan media yang banyak di gunakan oleh perusahaan untuk menyebarkan ilkan lowongan pekerjaan, ada media cetak, media elektronik dan media daring yang bisa digunakan. Media cetak dapat berupa koran, majalah dan baliho. Media elektronik dapat berupa iklan yang di tayangkan di Televisi dan di siarkan di Radio. Sedangkan media daring dapat memanfaatkan dunia maya seperti facebook, Instagram dll.

2.       Iklan secara berskala, ini dapat berupa selebaran, plakat dan info yang di pasang di gerbang perusahaan, namun ini sifatnya hanya sementara dan digunakan ketika membutuhkan karyawan secara mendadak.

3.       Internal Recrutmen, biasa di sebut juga dengan orang dalam. Tak dapat di pungkiri jika kita memiliki keluarga atau teman yang bekerja di suatu perusahaan maka kita akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan yang ada pada perusahaan tersebut.

4.       Job Fair di kampus adalah salah satu cara yang di gunaka perusahaan untuk bertemu dengan para pencari pekerjaan. Biasanya perusahaan mengunjungi kampus kampus untuk bertemu dan mencari secara langsung mahasiswa yang telah menyelesaikan masa study nya dan sedang mencari lowongan pekerjaan.

5.       Recrutmen oleh agen pencari pekerjaan atau biasa di kenal dengan Recruitment agency merupakan perusahaan yang menyediakan jasa perekrutan kandidat kerja kepada klien sebagai pengguna jasa agensi, biasanya recruitment agency memiliki data kandidat untuk mengisi posisi staf hingga eksekutif dan mengetahui pasar tenaga kerja terkini. Dengan demikian perusahaan bisa menemukan orang yang tepat untuk menduduki jabatan tertentu.

Selain uraian di atas, iklan lowongan pekerjaan hendaknya menarik dan mampu mengajak para calon pelamar untuk bergabung di perusahaan tersebut. Berikut 3 tips agar iklan lowongan pekerjaan menarik.

1.       Targetkan kandidat yang tepat.berbicara mengenai pencarian kandidat, staf HR saat ini di manjakan oleh berbagai ragam pilihan yang tersedia. Namun, mencari talen yang berkualitas merupakan suatu tantangan tersendiri. Oleh sebab itu, lowongan pekerjaan harus di targetkan agar perusahaan bisa mendapatkan kandidat yan tepat untuk mengisi posisi yang di harapkan.

2.       Pentingnya judul dan Deskripsi. Iklan lowongan pekerjaan berfungsi untuk memberi infirmasi tahu kandidat yang tertarik bahwa suatu lowongan tersedia di sebuah perusahaan. Ketika seorang kandidat melihat lowongan pekerjaan maka ia akan menimbang apakah perusahaan tersebut sesuai dengan yang di harapkan oleh di kandidat dan apakah prospek kedepannya akan baik untuk karirnya, apakah gaji nya sesuai dengan yang di kerjakan, apakah lingkungan nya mampu memberikan hal positif padanya. Oleh sebab itu lowongan pekerjaan hendaknya memenuhi keinginan calon kandidat untuk meraih tujuannya.

3.       Berikan alasan bagi kandidat untuk memilih perusahaan anda. Biasanya ini menunjukan kelebihan dari perusahaan tersebut sehingga bisa menarik perhatian calon kandidat untuk mendaftar di perusahaan tersebut seperti gaji dan tunjangan yang di berikan, tempat yang strategis, kesejahteraan karyawan dll.

Daftar Pustaka dan Referensi

https://www.bola.com/ragam/read/4258029/mengenal-iklan-dan-jenis-jenisnya-berdasarkan-media-yang-digunakan

https://id.hrnote.asia/recruit/7-alasan-perusahaan-menggunakan-recruitment-agency-220209/

https://www.jobstreet.co.id/id/cms/employer/cara-menulis-iklan-lowongan-kerja-yang-baik/?utm_campaign=id-h-ao-[h]_jsid_google_all_sem_dsa_hirerpage_ao&utm_content=&utm_term=&utm_source=google&utm_medium=cpc&pem=google&gclid=EAIaIQobChMI87Sw-a2r9wIVcZNmAh2MMwYYEAAYASAAEgLm0_D_BwE

Gambar : baa.undip.ac.id

 

0 komentar:

Posting Komentar