24.4.22

Cara Menjaga Kesehatan Mental Karyawan

 Essay ini dibuat untuk memenuhi persyaratan ujian mid 1 dengan dosen pengampu Dr. Arundati Shinta,M.A.

Disusun oleh : Diah Novita Sari (21310410111)

Kesehatan mental merupakan salah satu bentuk kesehatan yang berhubungan dengan kondisi emosi,hati dan jalan pikiran setiap manusia. Kesehatan mental dapat terjadi karena perubahan emosi yang dimiliki ketika usia remaja yang mencoba untuk mengontrol segala emosi didalam dirinya dengan benar. Saat usia remaja mulai mencari tahu cara menyesuaikan diri dengan lingkungan serta mulai memiliki pola pikir baru yang apabila tidak dikelola dengan baik maka akan menyebabkan depresi.  

Macam-macam gangguan kesehatan mental :

Depresi 

Depresi adalah gangguan suatu pikiran dan suasana hati yang memiliki suatu tekanan sehingga seseorang memiliki rasa sedih yang berlebihan. Seseorang yang mengalami depresi cenderung inin menyakiti dirinya sendiri seperti menyayat dirinya dengan benda tajam, mengonsumsiobat-obatan terlarang dan yang lebih parahnya lagi sampai mengonsumsi narkoba.

Insomnia

Insomnia adalah penyakit kesulitan tidur. Hal ini terjadi karena memiliki pemikiran cemas terhadap suatu hal yang berlebihan berasal dari masalah sulit yang dihadapi. Jika seseorang mengalami insomnia yang berkepanjangan akan mengakibatkan kecanduan, sakit kepala, dan rasa mual.

Skizofrenia

Skizofrenia atau yang biasa disebut dengan halusinasi. Penyakit ini membuat kenyataan berbeda dengan pemikiran seseorang sehingga seringkali menimbulkan emosi. Penyakit ini memiliki gejala seperti mudah marah, kurangnya konsentrasi, pola pikir yang kacau bahkan sering menyendiri.

Bipolar

Bipolar adalah suatu gejala dari gangguan mental dimana emosi dapat berubah drastis. Seperti orang yang sedang merasa senang tiba-tiba menjadi sedih. Gangguan bipolar ini dapat bagi karir yang sedang dijalankan, diri sendiri dan orang lain.

Skizoafektif

Skizoafektif adalah gabungan dari depresi dan halusinasi yang apabila penyakit ini sudah parah akan mengalami gangguan kejiwaan. 

Dalam perkerjaan terkadang ada karyawan yang sering menerima penilaian kinerja yang buruk padahal karyawan tersebut telah semaksimal mungkin. Ternyata kepala bagian personalia juga dikelilingi oleh pembisik  yang negatif sehingga terjadi penilaian kerja yang tidak sesuai kenyataan, lalu bagaimana cara karyawan untuk menjaga kesehatan mentalnya?

Hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan melalukan penyesuaian diri bisa diawali dengan menumbuhkan mindset dan motivasi dalam diri. Melakukan hobi yang membantu meningkatkan mood dan positivitas serta melepaskan tekanan. Sebisa mungkin hindari circle yang toxic, menjalankan hobi dalam bentuk escape dari kesibukan. Kesehatan mental sangat berpengaruh terhadap keputusan yang akan diambil. Maka hendaknya kita harus menjaga kesehatan mental dalam diri.

Referensi:


Chelsea,Maria. Tanpa tahun. Mengenal Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental. TarFomedia. Hal.54-58.

Salsabila,Nasya Andini. Tanpa tahun. Menjaga Kesehatan Mental Dimasa Pandemi. https://psyarxiv.com/rd4zf/download/?format=pdf


0 komentar:

Posting Komentar