27.4.22

Seleksi Wawancara Kerja Sebagai Penentu Kandidat Terbaik

 


ESSAY 1 PSIKOLOGI SOSIAL

Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.

Semester Genap T.A 2021/2022


Oleh :

Alwiyah Dwi Pratiwi (21310410034)

Kelas A (Reguler)


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Sebagian orang pasti pernah melakukan sebuah wawancara, baik sebagai pewawancara maupun sebagai objek wawancara. Wawancara atau yang lebih akrab disebut interview adalah sebuah percakapan yang terjadi antara dua orang atau lebih dengan tujuan untuk memperoleh informasi melalui percakapan yang berupa pertanyaan yang diajukan oleh pihak pewawancara. Kegiatan wawancara ini mayoritas dilakukan dalam dunia pekerjaan saat akan merekrut karyawan baru. 

Dalam hal ini Wawancara kerja berarti suatu bentuk percakapan yang formal dan mendalam yang dilakukan untuk mengevaluasi seorang pelamar pekerjaan. Pewawancara akan mencari jawaban dari tiga pertanyaan dasar yaitu, dapatkan pelamar melakukan pekerjaannya, akankah pelamar mengerjakan pekerjaannya dengan baik dan tepat, dan bagaimana kelebihan pelamar dibandingkan dengan pelamar lainnya untuk dapat dipertimbangkan dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Tujuan wawancara kerja adalah sebagai berikut,

1. Mengetahui lebih dalam tentang kepribadian dari seorang pelamar.

2. Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi para pelamar pekerjaan yang layak untuk bergabung dengan perusahaan.

3. Mencari informasi yang relevan terkait dengan ketentuan dalam persyaratan jabatan yang dibutuhkan.

4. Untuk memperoleh informasi pendukung dari para pelamar mengenai jabatan yang diperlukan bagi perusahaan.

Ternyata, dalam wawancara kerja tidak hanya ada satu jenis wawancara kerja saja. Beberapa jenis wawancara kerja diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Wawancara seleksi

Wawancara seleksi dilakukan ketika terdapat pelamar yang mendaftar untuk menempati sebuah jabatan dan berjumlah lebih dari satu orang. Wawancara ini dilakukan untuk menyeleksi pelamar yang paling berpotensi untuk dapat lanjut ke tahap seleksi selanjutnya. 

2. Wawancara telepon 

Wawancara telepon adalah wawancara yang dilakukan oleh sebagian besar recruiter agar lebih menghemat biaya dan waktu. 

3. Wawancara di kampus atau di sekolah

Walaupun tidak ada banyak perusahaan yang melakukan wawancara di kampus, tetapi bagi perusahaan tertentu yang mencari lulusan untuk mendapat pelatihan lebih lanjut, maka wawancara ini terbilang cukup efektif. Wawancara ini memberikan akses bagi perusahaan untuk memperoleh kandidat terbaik yang mungkin sangat sulit didapatkan jika menunggu kadidat tersebut datang untuk melamar.

4. Wawancara Teleconference

Karena perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat, wawancara ini sering menjadi alternatif bagi perusahaan. Beberapa perusahaan di Indonesia juga sudah banyak yang merealisasikan jenis wawancara ini.

5. Wawancara di pameran kerja

Pameran kerja adalah sebuah kegiatan yang diadakan guna menjembatani perusahaan dengan para pencari pekerjaan. Wawancara ini akan dilakukan secara langsung saat pameran kerja sedang berlangsung.


Selain terdapat tujuan, dalam wawancara kerja juga memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai berikut.

1. Menghindari kesalahan informasi atau data yang simpang siur.

2. Menjadikan data dari hasil wawancara sebagai penyempurna informasi awal.

3. Memperoleh informasi secara komprehensif, akurat, jujur, dan mendalam.

4. Mendapatkan informasi dan data yang objektif dan seimbang.

5. Menggali tentang adanya kemungkinan perspektif baru atas suatu masalah dalam melamar pekerjaan.


Berdasarkan tujuan, fungsi, dan berbagai jenis wawancara pekerjaan tersebut, satu-satunya tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan adalah mendapatkan seorang karyawan yang terbaik. Dengan melalui tahap wawancara hasil yang diperoleh akan dijadikan pertimbangan bagi perusahaan untuk menentukan siapa pelamar terbaik yang berhak untuk menempati sebuah jabatan yang dibutuhkan.




Daftar Pustaka


Pengertian,bentuk,jenis,tujuan,fungsi dan tips melakukan wawancara yang baik.Alfi Yuda. 16 Maret 2021. Bola.com. https://www.bola.com/ragam/read/4506307/pengertian-bentuk-jenis-tujuan-fungsi-dan-tips-melakukan-wawancara-yang-baik


Pengertian Wawancara Kerja.Temukanpengertian.com. https://www.temukanpengertian.com/2016/01/pengertian-wawancara.html

0 komentar:

Posting Komentar