25.4.22

SEBUAH KEKUATAN SUPER YANG TAK TERLIHAT?!

 


PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Semester Genap T.A 2021/2022

 Oleh : Satria Rahman Nasution (21310410087)

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

Memberikan tenaga, mengarahkan seseorang untuk menggapai tujuan spesifik, bahkan bisa memacu seseorang untuk melebarkan usahanya dalam rangka mencapai tujuan. Ya, orang-orang biasanya mengistilahkannya sebagai motivasi. Sebuah kekuatan yang cukup kompleks, dan dibutuhkan oleh tiap-tiap insannya untuk mendorong timbulnya perilaku atau suatu perbuatan ke arah perwujudan tujuan atau pun cita-cita. Dorongan tersebut pada umumnya sangat kuat berada di dalam diri seseorang dalam melakukan kegiatan yang akan memberikan dampak signifikan sesuai yang diharapkan. Semakin tinggi motivasi seseorang, maka semakin menggebu-gebu pula keinginannya untuk mencapai tujuannya.

Biasanya, ciri-ciri motivasi yang sedang hinggap pada diri sesorang meliputi peristwa jemu terhadap hal-hal yang bersifat mekanis, berkali-kali dan terulang begitu saja yang menyebabkan individu kurang kreatif. Daya  kekuatan di dalam diri seseorang akan aktif serta mengarahkan perilaku yang merupakan bentuk dari interaksi antara motif dm need. Umumnya motivasi sendiri dapat menular ke dalam diri seseorang. Bagaimana tidak? sebuah aliran energi dalam tubuh yang akan mengalir kembali jika pemiliknya menuangkannya. Saya sendiri pun bisa merasakan motivasi menjalar ke dalam diri saya, hal tersebut ketika orang yang saya kagumi karena karya-karya fenomenalnya  memberikan tulisan, sehelai kata, atau pun tindakan secara tidak langsung. Anehnya, konsep yang abstrak dan tidak bisa dilihat tersebut bisa saya rasakan kehadirannya.

Sebelumnya, perspektif saya mengenai motivasi hanyalah sebuah dentuman dalam diri yang entah asal muasalnya datang darimana, dan akhirnya mendorong saya agar terpacu untuk mencapai tujuan tertentu. Hal tersebut dikarenakan pembahasan mengenai motivasi sering membingungkan. Bisa dibilang motivasi merupakan suatu hal yang tidak nampak dengan jelas (intangible). Hal ini berbeda jauh dengan yang namanya perilaku, begitu gamblang jika kita lihat pada individu mana pun (tangible). Namun, pembahasan motivasi ternyata sudah sejak dulu dikemukakan oleh Abraham Maslow.

Beliau mengemukakan bahwa, pada dasarnya semua manusia mempunyai kebutuhan pokok. Ia menggambarkannya ke dalam 5 tingkatan yang berbentuk piramid, orang memulai dorongan dari tingkatan terbawah. Berdasarkan teori Maslow, ada lima tingkatan kebutuhan manusia (Maslow, 1943; Robbins, 1998), yakni: (1) Kebutuhan aktualisasi diri (sebuah kepuasan diri dan menyadari akan potensinya telah tergali dengan optimal), (2) Kebutuhan akan rasa aman (meyakini bahwasanya aman dan terlindung dari marabahaya), (3) Kebutuhan akan penghargaan (berkompetensi, dan mendapatkan dukungan serta pengakuan) untuk hal ini, ada dua jenis yakni; penghargaan dari dalam diri seseorang (internal esteem) dan penghargaan dari luar (external esteem), (4) Kebutuhan fisiologis (rasa haus, rasa lapar, kebutuhan mendasar seperti tempat tinggal), (5) Kebutuhan sosial (diterima, memiliki, dll)

Teori motivasi dari Maslow ini merupakan teori yang paling banyak diperbincangkan, dan paling terkenal. Teori ini pula sering dipakai dalam berbagai pelatihan psikologi, untuk memacu motivasi para peserta. Teori ini juga dikenal dengan hierarchy of needs theory atau teori piramida yang bertingkat-tingkat mengenai kebutuhan manusia. Artinya seseorang berperilaku tertentu karena untuk memenuhi kebutuhan mendasarnya. Oleh karena itu, bila seorang pemimpin ingin memotivasi orang lain, maka ia harus memahami orang tersebut sedang berada pada motivasi level ke berapa.

Daftar pustaka

Prihartanta, Widayat. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya. Vol. 1 No. 83

Shinta, Arundati. (2021). Teori Motivasi Maslow, Teori Motivasi X & Y, Teori Herzberg. http://kupasiana.psikologiup45.com/2021/12/konsep-konsep-dasar-motivasi.html . Diakses tanggal 24 April 2022

Sumber gambar

https://3dcoat.com/forum/index.php?/topic/2302-ugly-old-man/


0 komentar:

Posting Komentar