24.4.22

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PERSIAPAN PENSIUN

         Psikologi Industri dan Organisasi

Essay 2
Semester Genap T.A 2021/2022
Oleh:

Ahmad Helmy Fauzan (21310410091)
Kelas A (Reguler)

Dosen Pengampu:
Dr. Arundati Shinta, M.A.
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Pensiun merupakan suatu proses, bukan merupakan suatu peristiwa. Orang-orang lanjut usia yang menunjukkan penyesuaian yang paling baik terhadap pensiun adalah mereka yang sehat, memiliki keuangan yang memadai, aktif, lebih terdidik, memiliki jaringan sosial yang luas meliputi kawan-kawan dan keluarga, serta biasanya puas dengan kehidupannya sebelum mereka pensiun. Sedangkan orang-orang lanjut usia dengan keuangan yang tidak memadai dan memiliki kesehatan yang buruk, dan yang harus menyesuaikan diri dengan stres lain yang terjadi bersamaan ketika pensiun, memiliki kesulitan menyesuaikan diri terhadap pensiun. 
Membuat rencana dan kemudian dengan sukses menjalankan rencana tersebut adalah aspek penting dalam proses penyesuaian diri di masa pensiun. Rencana-rencana tersebut dilakukan pada saat masa persiapan pensiun (MPP) 


Masa Persiapan Pensiun adalah waktu dan kesempatan yang diberikan oleh sebuah instansi atau perusahaan kepada pegawainya yang usianya mendekati batas usia pensiun. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 2015, Batas Usia Pensiun bagi Pekerja adalah 56 (lima puluh enam) tahun.


Masa persiapan pensiun (MPP) menjadi masa yang cukup mengkhawatirkan bagi kalangan pegawai yang usianya menginjak 50 tahun keatas yang belum mempunyai perencanaan menjelang purnabakti. Perencanaan kegiatan yang terpenting untuk tetap produktif ketika memasuki pensiun agar dapat memberikan penghasilan tambahan seperti berwirausaha. 


Program pelatihan wirausaha pensiunan bertujuan membentuk seorang pensiunan menjadi seorang enterpreneurship atau pengusaha, membantu karyawan yang akan pensiun untuk mempersiapkan masa pensiunnya nanti karena masa tidak bekerja adalah masa sulit, Yang tadinya penghasilan mencukupi untuk keseharianya setelah pensiun akan berkurang bahkan tidak ada pemasukan, melalui pelatihan berwirausaha ini akan sangat membantu. Program ini dirancang khusus bagi perusahaan, institusi pemerintahan, komunitas dan lembaga lainnya yang akan memberikan pelatihan wirausaha untuk persiapan pensiun untuk para pegawainya. Bentuk pelatihan wirausaha pensiun ini cukup unik yaitu berupa pelatihan berbasis kewirausahaan, melalui format training, workshop, coaching, monitoring dan consulting.


0 komentar:

Posting Komentar