16.4.22

Problematika Karyawan di Masa Pandemi

 PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Semester Genap T.A 2021/2022 

Oleh : 

Nabila Tus Sangadah (21310410038) Kelas A (Reguler) 

FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA 

Dosen Pengampu: 

Dr. Arundati Shinta, M.A

 

 

Awal pertama kali munculnya virus corona di Negara China pada bulan Desember 2019. Rumah sakit di Wuhan penuh dengan pasien dengan gejala yang tak dikenal (belum terdeteksi). Dari situlah penyakit itu mulai viral di media sosial. Kemudian kasus itu sampai ke Indonesia pada awal Maret 2020, dengan adanya  pasien yang terkonfirmasi terkenanya Covid-19. Pasien yang terkena penyakit itu berjumlah dua orang yaitu warga Depok.

Dampak Covid-19 mulai berpengaruh terhadap prekonomian yang berimbas pada pekerjaan seseorang baik pada pariwisata, pertanian, perdagangan, dan manufaktur. Hal itu menyebabkan lingkungan kerja menjadi tidak kondusif. Lingkungan kerja yaitu lingkungan yang dimana orang itu melakukan kerja atau kegiatan yang mempengaruhi pelasanaan tugasnya dengan semaksimal mungkin. Kemudian selain dari itu adapun Masalah yang di alami para pekerja dan karyawan di perusahaaan yaitu kebiasaan yang harus di lakukan agar terhindar dari penyebaran virus corona, salah satunya dengan adanya Soscial Distancing dan jaga jarak dengan orang lain. Kebijakan tersebut berlaku bagi karyawan maupun pelanggan. Hal tersebut membuat karyawan tidak nyaman dengan adanya protocol seperti itu bisa di bilang ribet.

Kementrian ketenagakerjaan mencatat jumlah para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PKH). Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) mencatat pada bulan Juli ada 1,1 juta pekerja di rumahkan dan sekitar 380.000 pekerja terkena PHK, bahkan 630.000 orang terkena virus Covid-19. Semakin banyak pasien yang terkena penyakit tersebut tentu memaksa sebagian aktivitas dilakukan di rumah saja atau di kenal dengan Work From Home (WFH). Hal tersebut menyebabkan orang menjadi malas bekerja karena jika di rumah tidak kondusif dan tidak seru sebab ia menghabiskan waktunya di rumah saja. Selain pekerja yang di rumahkan saja lebih sedih dengan adanya karyawan yang di PKH, hal tersebut membuat angka pengangguran di masa pandemi mejadi sangat meningkat drastis. Fenomena ini sangat mempengaruhi prekonomian keluarga, adanya seseorang yang di PKH kemudian dia membuat bisnis tetapi hal tersebut tidak dengan ekspetasi (gagal). Kejadian tersebut membuat seseorang menjadi stress dan mengalami masalah Kesehatan mental seeorang yang pastinya sangat bermasalah pada dirinya.


Daftar Pustaka

Meilina, R., & Sardanto, R. (2020). Dampak Perubahan Lingkungan Kerja Non Fisik Masa Pandemi Covid-19 bagi Karyawan Toserba Barokah Kota Kediri. PENATARAN: Jurnal Penelitian Manajemen Terapan5(1), 46-56.

 

http://industri.unpam.ac.id/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-usaha-dan-persaingan-tenaga-kerja/

0 komentar:

Posting Komentar