27.4.22

Pentingnya Dukungan Keluarga Untuk Stabilitas Kerja Wanita Karir


ESSAY 2 PSIKOLOGI SOSIAL


Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.

Semester Genap T.A 2021/2022


Oleh :

Alwiyah Dwi Pratiwi (21310410034)

Kelas A (Reguler)


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Dalam dunia pekerjaan, menjadi wanita karir tentu bukan hal yang mudah. Apalagi ketika seorang wanita karir yang merangkap peran sebagai ibu rumah tangga juga. Selain melakukan kewajibannya untuk bekerja ia juga harus mampu berbagi peran untuk keluarga. 

Terdapat sebuah kasus dimana seorang wanita karir yang bekerja disebuah perusahaan saat ini tengah mengandung. Kabar baiknya, itu adalah kehamilan pertama selama penantiannya dalam 10 tahun terakhir sehingga kehamilan itu menjadi kabar yang sangat membahagiakan bagi keluarganya

Namun, sangat disayangkan dalam pekerjaannya tak jarang ia mendapat penilaian kerja yang negatif karena sering tidak hadir bekerja. 

Penghasilan yang ia miliki sangat penting untuk persiapan melahirkan. Sementara penghasilan suaminya kurang mencukupi.

Lalu bagaimana cara agar ia bisa menghadapi masalah tersebut. Akankah ia mampu bertahan dalam pekerjaan dengan berbagai penilaian tentang dirinya?

Dalam hal ini dukungan dari keluarga terdekat sangat diperlukan. Kita harus mampu untuk memberi dorongan agar ia bisa tetap menjalani kehidupannya dengan baik dan juga tak lepas dari pekerjaannya.

Beberapa bentuk dukungan yang dapat diberikan adalah sebagai berikut.

1. Dukungan emosional

Keluarga dapat memberikan dukungan berupa dukungan emosional yang lebih banyak ditunjukkan dengan perilaku berupa bantuan dalam bentuk sikap memberikan perhatian atau empati, cinta, kepercayaan serta kesempatan untuk dapat lebih mengembangkan potensi diri. Dukungan ini perlu diberikan untuk membenahi masalah emosional yang dialami agar keadaannya dapat membaik

2. Dukungan informatif

Dukungan informatif juga perlu diberikan oleh keluarga. Dukungan yang diberikan bisa berupa informasi, saran, 

nasehat, atau lainnya yang dapat berguna untuk memecahkan masalah sehingga ia mampu menemukan jalan keluar dari masalah yang ia hadapi. Dalam dunia kerja tentu terdapat banyak perubahan yang mengiringi. Salah satunya adalah perubahan dimana seorang individu harus tetap bekerja disaat ia sedang mengandung. Dengan adanya dukungan ini diharapkan ia akan mampu untuk menentukan jalan apa yang akan ia ambil untuk kedepannya

3. Dukungan penilaian atau penghargaan diri

Peran keluarga juga tak boleh lepas dari dukungan penilaian atau penghargaan diri. Keluarga dapat memberikan dukungan berupa penilaian yang berisi penghargaan positif, dorongan untuk maju, atau persetujuan terhadap suatu pemikiran sehingga mampu menumbuhkan motivasi kerja serta kepercayaan diri pada diri individu. Hal ini berkaitan dengan penilaian kerja negatif tentang individu yang sering absen saat sedang mengandung. Dengan adanya dukungan ini diharapkan ia bisa berpikir positif dalam menanggapi penilaian tersebut. Selain itu, juga diharapkan ia dapat memiliki motivasi untuk bekerja dengan lebih baik tanpa melupakan statusnya sebagai seorang pekerja dan calon ibu bagi anaknya.


Daftar Pustaka

Hesti Sarah,2019."Dukungan Sosial Terhadap Konflik Peran Ganda Wanita Karir".Skripsi.Jambi : UIN sultan Thaha Saifuddin.




0 komentar:

Posting Komentar