26.4.22

MOTIVASI MAHASISWA DALAM START UP DIGITAL ENTERPRENEUR ESSAY I PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

 



Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.

Disusun Oleh :

Tiyas Wulandari (21310410108)

Kelas Reguler

Semester Genap T.A 2021/2022

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



Menyiapkan generasi muda yang memiliki jiwa wirausaha sangat diperlukan pada era sekarang ini. Pengembangan ekonomi digital di Indonesia memiliki pelung yang sangat menjanjikan. Perintisan bisnis dengan model terencana dan memanfaatkan teknologi pada kegiatan berwirausaha, mulai dari proses produksi sampai dengan pemasaran. Istilah ini sering disebut oleh generasi muda sebagai start up.

Motivasi berwirausaha merupakan salah satu pendorong berkembangnya jiwa wirausaha bagi mahasiswa. Selain itu penyediaan kesempatan serta penunjanagan sumber daya oleh perguruan tinggi juga diperlukan. Dengan memanfaatkan sumber daya tersebut, mahasiswa mampu menjadi individu yang berintegritas dan memiliki kemampuan berusaha, berkomunikasi, bekerjasama, dan berkepribadian.

Motivasi kewirausahaan bertujuan memperkenalkan dan mengeksploitasi terhadap peluang bisnis. Tentunya berkaitan dengan kegiatan untuk mencapai hal lebih baik. Motivasi merupakan proses psikologi dimana terdapat interaksi antara sikap, kebutuhan, persepsi, serta keputusan pada diri individu. Motivasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

1.    1.Motivasi intrinsik, merupakan dorongan dari dalam individu. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah kebutuhan, harapan, serta minat

              2. Motivasi ekstrinsik, merupakan dorongan dari luar yang membuat individu berpartisipasi. Faktor yang mempengaruhinya adalah dorongan keluarga, lingkungan, serta imbalan. 

Dalam berwirausaha seseorang termotivasi untuk mendapatkan beberapa hal, diataranya laba, kebebasan, impian personal, dan juga kemandirian. Disamping itu kewirausahaan perlu dilatih dan dilakukan secara konsisten agar hasil yang diperoleh dapat maksimal. Mahasiswa yang memiliki motivasi wirausaha tinggi cenderung menjalani usaha yang dirintisnya dengan semangat dan sungguh-sungguh. Sikap yang dilakukan tersebut sesuai dengan  indikator mengukur motivasi kewirausahaan yaitu semangat, kreatifitas, inovasi, dan adanya keberanian mengambil resiko.

Perjalanan menemukan pasar yang sesuai dengan produk dan jasa yang ditawarkan oleh bisnis start up diperlukan persiapan yang matang. Bisnis start up dapat dipelajari dan dimulai dengan berbagai cara. Semua orang  memiliki peluang yang sama dalam berwirausaha termasuk juga mahasiswa, tergantung pada minat dan motivasi diri yang dimiliki. Langkah yang seharusnya mahasiswa ketahui sebelum masuk dalam bisnis start up adalah sebagai berikut:

   1.  Mempersiapkan ide bisnis

  2.  Memahami struktur organisasi pada bisnis yang akan dijalani

  3.  Strategi pencarian modal, melalui kegiatan invertasi dan penanaman modal

  4.  Strategi pemasaran, terutama yang praktis di era digital saat ini

  5.  Keberlanjutan bisnis dengan mempertahankan model dan pelaksanaan bisnis.


             Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bisnis start up merupakan usaha yang sedang berjala     dengan menerapkan inovasi teknologi mulai dari proses produksi sampai dengan pemasaran. Dalam merintis dan menjalankan bisnis start up, mahasiswa perlu mengetahui beberapa faktor yang berpengaruh seperti minat dan motivasi, dan yang paling utama mahasiswa memahami langkah yang seharusnya ditempuh dalam melaksanakan bisnis start up.  


REFERENSI

Hardiyanto, L. (2018). “MOTIVASI MAHASISWA MENJADI START UP DIGITAL ENTREPRENEUR (TECNOPRENEURSHIP)”. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP). STKIP KUSUMA NEGARA, 10(1), 1-15.








 


0 komentar:

Posting Komentar