24.4.22

Kiat-Kiat Tes Wawancara

 Essay ini dibuat untuk memenuhi persyaratan ujian mid 1 dengan dosen pengampu Dr. Arundati Shinta,M.A.

Disusun oleh : Diah Novita Sari (21310410111)

Dalam proses perekrutan calon karawan pasti akan diadakannya wawancara oleh staf HRD. Adapun pengertian dari wawancara adalah salah satu metode yang cukup handal dan sering digunakan dalam rangka menggali data dan informasi yang dibutuhkan untuk tujuan pemeriksaan psikologis. Secara umum, wawancara memiliki karakteristikyang hampir sama dengan interaksi sosial yang akrab, percakapan, diskusi ataupun presentasi, namun memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Wawancara dilakukan untuk melihat apakah calon cukup memenuhi spesifikasi karyawan atau tidak. Juga bagi calon, wawancara berguna untuk membantu memutuskan apakah perusahaan dan lowongan pekerjaan yang ditawarkan cocok dengan dirinya atau tidak. Pada tes wawancara akan dilakukan tahapan pertanyaan yang mengarah pada pekerjaan, tugas dan tanggung jawab, kondisi pekerjaan, tipe orang yang dibutuhkan. Adapun cara-cara agar tampil meyakinkan dalam wawancara adalah sebagai berikut :

 a. Ceritakan kemampuan Anda dengan antusias dan percaya diri.

Menceritakan tentang kelebihan diri dengan percaya diri, usahakan untuk tidak bersikap gugup.

b. Hindari penjelasan berbelit-belit saat memberi jawaban panjang.

Usahakan saat sedang di wawancarai menjawab pertanyaan secara jelas tanpa berbelit-belit sehingga membuat pewawancara jenuh.

c. Tunjukkan bahwa Anda mampu bekerja dalam tim.

Cobalah untuk menceritakan pengalaman diri yang berkaitan dengan kerja tim.

d. Jangan memikirkan jawaban terlalu lama.

Usaha untuk menjawab pertanyaan dengan waktu yang singkat.

e. Jawab dengan diplomatis, tapi tidak muluk-muluk.

Menjawab pertanyaan dengan tidak melebih-lebihkan kenyataan.

f. Jangan membongkar aib perusahaan sebelumnya (jika pernah bekerja di tempat lain).

Jangan membongkar aib tentang perusahaan lain jika diwawancara, karena hal itu akan membuat pewawancara berpikir bahwa anda nantinya juga dapat membocorkan aib tentang perusahaan yang anda daftar saat itu sehingga peluang anda untuk masuk perusahaan tersebut berkurang.

Selain dari cara diatas kita jua perlu memperhatikan penampilan kita seperti memakai pakaian yang rapi, formal dan sopan.

Kesimpulannya adalah dalam wawancara memiliki kiat-kiat seperti menceritakan kemampuan anda dengan antusias dan percaya diri, hindari penjelasan berbelit-belit saat memberi jawaban panjang, tunjukkan bahwa anda mampu bekerja dalam tim, jangan memikirkan jawaban terlalu lama, jawab dengan diplomatis, tapi tidak muluk-muluk, jangan membongkar aib perusahaan sebelumnya (jika pernah bekerja di tempat lain).

Referensi :

Sinambela,Sahat; Daniel Sembiring. 2011. Analisis Perekrutan dan Seleksi Tenaga Kerja di PT. Toray ISTEM. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta. Vol4 No4. Hal 317-326. 

https://www.coursehero.com/file/60932075/Makalah-Wawancaradocx/. Universitas Indonesia (diakses pada 9 April 2022)

0 komentar:

Posting Komentar