24.4.22

JOGJA SMART SERVICE

Layanan Masyarakat: Jogja Smart Service

Tugas Essay Psikologi Industri dan Organisasi

Fakultas Psikologi


Qoyyimah Sofiati / 21310410036

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang senantiasa mengimplementasikan program Smart City. Hal ini adalah bentuk layanan masyarakat yang berpadu dengan teknologi informasi. Upaya yang dilakukan adalah dengan penerapan Jogja Smart Service (JSS). Jogja Smart Service ini telah diterapkan sejak tahun 2018 sebagai bentuk inovasi baru untuk berbagai kegiatan layanan masyarakat dengan memanfaatkan smartphone. Tarigan (2017) yang mendapatkan hasil bahwa kesiapan Smart City juga harus didukung dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terintegritasi dengan lembaga satu dan lembaga lainnya (Avinanta Targigan, 2017).

Jogja Smart Service (JSS) adalah salah satu aplikasi informasi pelayanan yang dapat digunakan sebagai informasi pelayanan publik seperti event kreatif, informasi mengenai jumlah pendapatan daerah, informasi pengaduan, sistem e-learning bagi siswa/mahasiswa, kondisi insftastruktur, pariwisata, berita terkini, dokumen-dokumen perencanaan daerah dan sebagainya. Rasyid dalam Mote (2008) mengungkapkan bahwa pemerintah merupakan pelayanan masyarakat (Mote, 2008). Adapun keberadaan aplikasi Jogja Smart Service ini bukan hanya untuk penduduk Kota Yogykarta saja namun juga diperuntukkan untuk masyarakat luar Kota Yogyakarta untuk mengetahui berbagai informasi terkini mengenai pelayanan publik dalam peningkatan pembangunan daerah.

Jogja Smart Service ini mempunyai desain yang menarik, ringkas, dan mudah digunakan. Aplikasi Jogja Smart Service ini menjadi penyedia informasi kota Yogyakarta sehingga memudahkan masyakarakat dan juga aplikasi ini memiliki keunggulan seperti penyampaian informasinya yang dibuat Single ID, Single Window dan Single Sign-On (SSO), sebagai media promosi Kota Yogyakarta untuk meningkatkan kunjungan wisata, dapat mengurangi penggunaan kertas dalam memberikan informasi pelayanan publik kepada masyarakat luas, dapat membantu masyarakat dalam mengakses berbagai layanan, penyampaian keluhan, permohonan izin, hingga pelayanan kegawatdaruratan, aplikasi ini mampu mengikuti perkembangan perilaku dan kebiasaan pengguna seiring dengan perkembangna tren teknologi dan juga aplikasi ini gratis upgrade sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru.

Jogja Smart Service meliputi seluruh pelayanan publik yaitu : kesehatan, budaya, pariwisata, layanan polisi, kesehatan, bisnis, pendidikan, transportasi, dan lainnya yang terwujud pada beberapa fitur.

a.       Fitur kedaruratan

Dalam fitur ini menampilkan informasi-informasi terkait layanan gawat darurat/kegawatdaruratan medis, layanan pemadam kebakaran, layanan pengaduan kekerasan, dan layanan penyelematan jiwa.

b.       Fitur informasi dan pengaduan

Dalam fitur ini menampilkan informasi-informasi terkait laporan statistic pengaduan di Kota Yogyakarta seperti kliping berita Pemda Kota Yogyakarta, pengaduan/keluhan masyarakat, warta kota, website Organisasi perangkat Daerah (OPD), dan informasi pengelolaan keuangan daerah.

c.       Fitur e-government

Fitur ini memberikan informasi sisttem data jaminan pendidikan, manajemen retribusi parkir, pengelolaan website OPD, dan validitasi database peserta JKN.

d.       Fitur layanan umum

Pada fitur ini memberikan informasi mengenai pendaftaran antrian puskesmas, marketplace, pelaporan perhitungan pajak, Kelola lingkungan,, layanan kelurahan/kecamatan, perizinan online, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), monitoring siswa, pengajuan pemesanan mobil jenazah, konsultasi belajar siswa, dan sebagainya.

e.       Fitur data dan informasi

Fitur data dan informasi ini memberikan informasi mengenai pantauan langsung CCTV Kota Yogyakarta, lowongan pekerjaan, open data, peta data spasial, riset, investasi, harga bahan pokok, informasi perencanaan daerah, informasi kamar RSUD Kota Yogyakarta, dan produk hukum.

f.       Fitur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Fitur ini memberikan informasi tentang bank di wilayah Yogyakarta dan informasi tagihan PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta.

g.       Fitur Mitra Pemerinah Kota

Pada fitur ini memberikan informasi seputar Baznas, penelurusan perkara, dan info stok darah dari pendonor di Kota Yogyakarta.

a.       Fitur Jogja event

Fitur ini memberikan informasi mengenai event wisata dan pendaftaran event di Kota Yogyakarta dan fitur Focus Group Discussion (FGD) mengenai materi FGD Geoportal.

Aplikasi Jogja Smart Service (JSS) merupakan aplikasi yang memiliki informasi yang terintegritasi untuk mendukung kegiatan masyarakat sebagai bentuk pelayanan publik di mana informasi tidak sekedar infomrasi deskripsi, tetapi ada wujud visual yang terintegrasi dengan ruang dan lokasi yang terwujud dengan adanya peta dan augmented reality untuk menunjukkan lokasi informasi. Inovasi pemerintah daerah Kota Yogyakarta dengan adanya aplikasi Jogja Smart Service (JSS) ini yang menjadi media/platform digital informasi yang berbasis mobile application sebagai sarana panduan untuk masyakarat luas mengenai informasi yang ada di Kota Yogyakarta.

DAFTAR PUSTAKA:

Novriando, A., Purnomo, E.P., Salsabila, L.(2020). Efektivitas “Jogja Smart Service” Terhadap Pelayanan Publik di Kota Yogyakarta. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, vol.13(2), 68-75.

Gumilar, M.G.(2019). Inovasi Pemerintah Daerah Jogja Smart Service Dalam Menciptakan Smart And Liveable City Di Kota Yogyakarta. Jurnal Gama Societa, vol.3(1), 19-27.

Wibismo, B.S., Handoko, S.(2020). Program Jogja Smart City Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik                     Berbasis Sosio-Kultural. Jurnal Kewarganegaraan, vol.4(1), 66-74.

0 komentar:

Posting Komentar