30.4.22

INDUSTRI MASA DEPAN; ANTARA ROBOT DAN MANUSIA APAKAH PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI AKAN TERUS DIBUTUHKAN?


 


Semester genap T.A. 2021/2022

Oleh :

Clarita Savdurin (21310410031)

Kelas Reguler (A)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Pra-syarat Ujian Tengah Semester Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA



Ada apa antara Manusia dan Robot? 

Ya manusia dan robot adalah dua hal yang berbeda. Antara makhluk hidup dan sebuah benda hasil rekayasa. Keduanya sama-sama dibutuhkan, untuk mengerjakan dan meringankan pekerjaan manusia. Ketika membahas tentang pekerjaan dalam perspektif psikologi maka akan dibahas dalam Psikologi Industri dan Organisasi. Yukkk kita cari tau!

 

Psikologi industri dan organisasi merupakan salah satu cabang dari ilmu psikologi. Psikologi industri dan organisasi membahas psikologi dalam lingkup organisasi atau aturan kerja. Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut psikologi industri dan organisasi. Inggris menyebut psikologi industri dan organisasi sebagai Occupational Psychology. Work and Organisational Psychology merupakan istilah yang digunakan di Eropa dan di Amerika cabang psikologi ini disebut sebagai Industrial and Organizational Psychology.

 

Menurut Guion (1990), psikologi industri dan organisasi merupakan keilmuan yang mempelajari mengenai hubungan antara manusia dengan dunia kerja. Ruang Lingkup Psikologi Industri dan Organisasi memiliki beberapa kajian yang berada dalam sebuah ruang lingkup, misalnya Psikologi industri dan organisasi mempelajari perilaku manusia dalam perannya sebagai konsumen dan tenaga kerja 

 

Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) berperan penting dalam dunia kerja karena berperan  dalam menyeleksi karyawan, mengevaluasi kinerja karyawan, meningkatkan efektivitas kinerja karyawan dan secara umum terkait dengan perilaku manusia dalam organisasi atau tempat kerja. Sebagai wujud dari psikologi industri maka seorang HRD bertugas dalam meningkatkan dan mengevaluasi kinerja karyawan dalam organisasi/perusahaan. Sebagai seorang manusia, ada banyak kekurangan yang dilakukan seorang karyawan; misalnya telat dalam bekerja, hasil atau pencapaian yang tidak sesuai target dan kurangnya disiplin dalam pekerjaan. Dalam melakukan pekerjaan tersebut maka seorang karyawan pasti akan dibantu dengan adanya teknologi yakni robot atau mesin yang diciptakan agar membantu manusia dalam bekerja sehingga dapat mengurangi resiko pekerjaan yang menumpuk, salah target dalam membuat konsep dan bahkan bisa membantu mendisiplinkan manusia. Ya, robot atau mesin ini sebut saja seperti komputer, laptop dan handphone. Benda-benda ini diciptakan dengan tujuan agar dapat membantu pekerjaan manusia, namun pada kenyataanya benda-benda ini justru membuat manusia menjadi malas, memiliki ketergantungan, tidak fokus dan kurang disiplin.

 

Pada era Revolusi Industri 4.0 ini segala pekerjaan pasti dibantu oleh robot dan mesin. Apakah di masa depan nanti, bukan hanya meringankan pekerjaan tetapi apakah robot yang akan mengambil ahli pekerjaan dan tenaga manusia tak akan dibutuhkan lagi? Apakah di masa depan Psikologi Industri sudah tidak dibutuhkan lagi dalam sektor pekerjaan?

Menurut saya, secanggih apapun sebuah robot diciptakan tapi tak akan pernah bisa menyingkirkan kebutuhan dan peran tenaga manusia. Bukankah sebuah robot dapat digerakan jika ada manusia? Sebut saja komputer dan handphone pada saat ini bukankah manusia yang mengoperasikannya? Bayangkan saja jika Psikologi Industri dan Organisasi tidak dibutuhkan lagi, apakah bisa robot digunakan untuk menyeleksi karwayan? Tidak.  Apakah robot bisa memahami karakter dan perasaan manusia? Tidak. Secanggih apapun alat yang diciptakan namun selagi itu berkaitan dengan dengan manusia maka dalam kasus seperti ini Psikologi Industri dan Organisasi tetap akan dibutuhkan dan tak akan pernah hilang, karena ilmu psikologi akan tetap ada selama manusia masih tetap hidup di bumi. Industri di masa depan mungkin akan membutuhkan dan menggunakan lebih  banyak robot/mesin namun pengendalinya manusia dalam kasus seperti ini yaitu pada bidang Psikologi Industri dan Organisasi adalah yang paling dibutuhkan. Sehingga pada industri masa depan Psikologi Industri dan Organisasi akan terus dibutuhkan, karena robot dibuat untuk membantu manusia bukan untuk menyingkirkan manusia. 

 



 

 

 
Daftar Pustaka:

Universitas Medan Area. (2021). Pengertian psikologi industri dan organisasi (pio) serta perkembangan dan spesialisasinya.  Diakses pada tanggal 23 April 2022 dari https://barki.uma.ac.id/2021/12/06/pengertian-psikologi-industri-organisasi-pio-serta-perkembangan-dan-spesialisasinya/#:~:text=Psikologi%20industri%20dan%20organisasi%20mempelajari,yang%20dapat%20mempengaruhPSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

 

Sumber gambar: 

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.cnbcindonesia.com%2Ftech%2F20200108171047-37-128643%2Fjutaan-pekerjaan-terancam-digantikan-robot-aku-kudu-piye&psig=AOvVaw2v81xmKbizBEjxz32H7s2_&ust=1651407809558000&source=images&cd=vfe&ved=0CAwQjRxqFwoTCJDz-O_ku_cCFQAAAAAdAAAAABAD





















0 komentar:

Posting Komentar