19.4.22

Hal Yang Harus Di Lakukan Pada Tes Wawancara

 

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Nabila Tus Sangadah (21310410038)

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.



Definisi wawancara itu percakapan tatap muka, di mana salah satu pihak mengenali informasi tentang dari lawan bicaranya. Menurut pendapat dari black and champion wawancara adalah suatu komunikasi verbal dengan tujuan yang akan mendapatkan informasi dari salah satu pihak tersebut. Definisi yang lebih terperinci itu dikemukakan oleh stwewart Dan cash (2000) bahwa wawancara adalah proses komunikasi interaksi Ronal antara kedua pihak, paling tidak salah satu pihak mempunyai satu tujuan antisipasi dan serius serta biasanya termasuk seperti tanya jawab. Biasanya wawancara ini sering dilakukan pada interview di perusahaan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Perusahaan akan menginterview menggunakan keahlian dalam berbicara secara aktif.

Wawancara baik dalam bentuk struktur maupun tidak terstruktur memungkinkan pada para praktisi untuk menggali lebih dalam akan hasil tes dalam konteks yang lebih berarti. Berdasarkan penjelasan di atas tersebut, dapat disimpulkan bahwa wawancara yang baik yaitu wawancara yang menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti, menggunakan pertanyaan yang bersifat terbuka, dan menggunakan pertanyaan yang berawalan dari hal yang lebih umum ke hal yang lebih khusus.

Berikut adalah hal yang harus dilakukan pada tes wawancara:

1.    1.  Caranya agar Anda bisa tampil meyakikan

a.     Pada penggunaaan baju

Pastikan baju Anda harus serasi cobalah untuk memilih warna yang netral seperti warna hitam, putih, biru gelap maupun coklat. sebisa mungkin Anda harus menghindari menggunakan pakaian yang berwarna cerah dan mencolok seperti warna merah muda ataupun merah menyala.

b.     Barang bawaan

Biasanya mempersiapkan perlengkapan darurat untuk berjaga-jaga jika terjadi hal kecil sebelum wawancara dimulai yaitu seperti membawa tisu, tisu basa, peniti, bahkan make up karena bisa saja make up kita luntur, tetapi bawalah make up dengan sewajarnya saja.

c.     Sepatu

Biasnya untuk Wanita menggunakan flats shoes atau sepatu teplek dengan warna netral  dengan aman dan nyaman di gunakan. Jika ingin menggunakan hak tinggi, sebaiknya dengan hak di bawah 5cm.

 

2.     2. Bagaimana cara untuk membuktikan bahwa anda karyawan yang benar-benar sesuai dengan pekerjaan yang sedang anda lama yaitu dengan cara :

a.     Anda harus menjelaskan secara rinci dan detail bagaimana keahlian dan keterampilan yang anda miliki dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan maupun posisi yg ada lamar sakarang.

b.     Jelaskan pengalaman kerja di bidang yang sama, hal tersebut dapat menjadi bekal sekaligus membuktikan kepada perusahaan bahwa Anda ahli dengan jenis pekerjaan tersebut.

c.     Memiliki background pendidikan yang sesuai.

d.     Sampaikan bukti karya portofolio (itu pun kalau ada dan di haruskan oleh perusahaan).

 

3.     3. Bagaimana jika anda di tanyakan gaji yang di inginkan, hal yang harus di lakukan  :

a.     Cari tau gaji pasaran terlebih dahulu.

b.     Jawab gaji dengan sesuaikan dengan skill dan job desc pada posisi yang di lamar .

c.     Punya estimasi gaji yang di harapkan.

d.     Sebutkan gaji di perusahaan sebelumnya.

 

4.    4. Bagaimana jika gaji yang di tawarkan ternyata lebih rendah dari UMR, yaitu lakukan dengan cara: 

a.     siapkan diri untuk bernegosiasi.

b.     Sebutkan gaji di perusahaan sebelumnya.

 

5.     5. Bagaimana dengan pembajakan karyawan :

Anda perlu melihat kembali pada kontrak kerja (KK) dan/atau peraturan perusahaan (PP) dan/atau kontrak kerja bersama (KKB), apakah ada klausula yang melarang Anda untuk pindah ke perusahaan yang menjadi klien perusahaan Anda?  (perjanjiannya biasanya disebut Non-Disclosure Agreement), termasuk dilarang bekerja di perusahaan klien atau perusahaan pesaing selama waktu tertentu. Jika larangan itu ada, perusahaan berhak mengingatkan pekerja tentang adanya larangan dimaksud. 

Namun jika tidak ada larangan, maka perbuatan Anda mengajukan lamaran pekerjaan atau pindah ke perusahaan klien tersebut bukanlah hal yang melanggar hukum dan perusahaan tidak berhak mencegah Anda untuk melakukan hal tersebut. 

 

Daftar Pustaka:

Fadhallah, R. A., & Psi, S. (2021). Wawancara. UNJ PRESS.

https://www.merdeka.com/gaya/10-tips-tampil-formal-saat-wawancara-kerja-kln.html

https://www.linovhr.com/kenapa-perusahaan-harus-menerima-anda/

https://www.cakeresume.com/resources/gaji-yang-diharapkan?locale=en 

0 komentar:

Posting Komentar