19.4.22

Peran PKL bagi siswa SMK untuk menjadi tenaga kerja profesional



 PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Semester genap T.A. 2021/2022

Oleh :

Ayu Pramesty Dwi Anggraini (21310410102)

Kelas Reguler (A)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Pra-syarat Ujian Tengah Semester Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA


Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah bentuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan bekerja secara langsung, secara sistematik dan terarah dengan supervisi yang kompeten. PKL biasanya dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Mahasiswa, maupun Tenaga kerja baru. PKL yang dilaksanakan di SMK untuk menyiapkan siswa agar siap menghadapi dunia kerja saat mereka sudah lulus. PKL dilakukan juga untuk memenuhi dan menyiapkan tenaga kerja yang professional. PKL ini sangat dibutuhkan oleh siswa SMK untuk mencapai kelulusan yang maksimal dan sudah memiliki pengalaman di dunia kerja. Siswa disiapkan menjadi calon tenaga kerja yang professional yang sudah memiliki keahlian dari program PKL yang sudah dijalankan.

Persoalan yang biasanya terbesit di benak siswa sebelum PKL adalah ‘apa saja sih yang dilakukan saat kegiatan PKL?’ hal ini yang sering ditanyakan oleh para siswa. Di PKL itu sendiri siswa diberikan pengarahan kerja di suatu perusahaan. Utamanya, seperti kerja pada umumnya siswa harus mematuhi peraturan kantornya, dituntut melakukan tugas yang diberikan perusahaan. Tetapi, selain harus memenuhi tugasnya di perusahaan, siswa juga dituntut untuk tetap melaporkan apa saja yang dikerjakan selama PKL untuk dinilai sekolah.

Apa yang dilakukan atau kegiatan apa saja yang dilakukan dalam PKL siswa SMK. Penting untuk di jelaskan untuk menyiapkan diri peserta didik SMK untuk menghadapi PKL yang akan dilakukan, untuk memberi pengetahuan masyarakat tentang PKL di SMK jika belum ada yang mengetahui tentang pengalaman ini.

Kegiatan yang dilakukan saat PKL 

 PKL yang dilakukan biasanya saat kami kelas XI (sebelas) atau kelas 2 SMK. Sebelum PKL dilakukan siswa diberi kesempatan untuk mencari tempat/perusahaan yang ingin di lakukan PKL tersebut selama 2 bulan. Siswa yang ingin mencari tempat PKL nya akan diberikan surat izin dari pihak sekolah untuk mengajukan di perusahaan yang diinginkan. PKL ini dilakukan oleh siswa yang berkelompok, kami saat itu beranggotakan 6 orang satu kelompok. Jika susah mencari atau mendapatkan izin perusahaan yang diinginkan, siswa akan dibantu oleh sekolah untuk mendapatkan tempat/perusahaan melakukan atau menerima siswa PKL. Biasanya perusahaan  yang dipilih oleh sekolah adalah relasi dari pihak sekolah. Ketika kami sudah diterima satu perusahaan kita akan didampingi oleh seorang guru untuk menyerahkan siswa. Kami melakukan program PKL di salah satu kampus vokasi, dimana dari enam anggota kelompok kami diberi tanggung jawab/tugas yang berbeda. Contohnya, saya mendapat tugas dibagian keuangan akademik dimana tugasnya mengarsipkan dan mencatat transaksi mahasiswa. Kami tidak hanya bertahan dibagian tertentu tetapi kami juga bergantian tugas/divisi. Saat itu, saya melakukan tugas pembukuan transaksi, pengarsipan nilai mahasiswa, menjaga resepsionis penerimaan mahasiswa, menginput data calon mahasiswa, dsb. Semua tugas itu kita catat dibuku jurnal yang diberikan sekolah, yang nantinya setelah PKL kita akan melakukan pembuatan laporan, lalu melakukan sidang seperti skripsi untuk menyatakan kita lulus program PKL atau tidak.

Kegiatan PKL ini sangat penting untuk siswa SMK karena menjadi persyaratan kelulusan. Dan menguji kelaayakan kita untuk menjadi calon tenaga kerja professional. Kita harus mengikuti peraturan perusahaan tempat kita PKL dan juga mematuhi peraturan dari sekolah. Baiknya kita melakukan kegiatan PKL dengan tanggung jawab penuh.  

Daftar Pustaka

Pelatihan kerja lapangan. Wikipedia. Diakses pada 24 Maret 2022 pukul 20.32 wib. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pelatihan_kerja_lapangan




0 komentar:

Posting Komentar