18.4.22

Dampak Covid-19 Bagi Karyawan Dan Tantangan Yang Muncul

 

 ESSAY 1

Psikologi Industri Dan Organisasi

Semester Genap T.A 2021/2022 

Meme Normasari (21310410088)

Kelas A (Reguler)

 

Dosen Pengampu:

Dr.Arundati Shinta,M.A.

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

    Virus Corona terdeteksi di Indonesia sejak 2 Maret 2022 yang menyebabkan terjadinya parubahan secara luas di berbagai bidang seperti; ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, dan perdagangan. Banyak kebiasaan baru yang harus dilakukan untuk menghindari virus ini, salah satunya dengan cara menjaga jarak dengan orang lain atau biasa disebut social distancing. Penerapan kebiasaan baru ini menyebabkan perubahan kebijakan di lingkungan kerja secara cepat yang menyebabkan penyusunan prosedur baru yang kurang efisien.

    Pengelolaan SDM mengalami perubahan yang tanpa pernah di perkirakan sebelumnya, seperti adanya pembatasan sosial berskala besar yang menyebabkan pembatasan aktivitas. Kondisi keterbatasan sosial jangka panjang akan memengaruhi kinerja suatu organisasi.

Mempertahankan kinerja agar tetap optimal merupakan tantangan bagi setiap individu, beberapa contoh tantangan yang dihadapi; 

1. Pembatasan sosial berskala besar 

Pembatasan sosial berskela besar menyebabkan karyawan harus menguasai teknologi dalam melakukan kegiatan secara daring, karena pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara luring menjadi dikerjakan secara daring. Tidak semua karyawan memiliki fasilitas yang mendukung dan dapat beradaptasi cepat dengan teknologi. 

2. Dirumahkan tanpa ada gaji

Work from home atau bekerja dari rumah menyebabkan penghasilan karyawan tidak menentu karena mereka bekerja secara bergantian dimana enam hari kerja menjadi tiga hari kerja. 

3. Pemutusan hubungan kerja

Menurunnya angka pendapatan perusahaan menyebabkan pengurangan karyawan karena perusahaan perlu mengurangi beban biaya agar tidak gulung tikar.

Beberapa kebijakan yang dapat dilakukan perusahaan selama Covid-19

1.   1. Melarang karyawan sakit untuk bekerja

Apabila karyawan memiliki gejala berupa batuk dan sesak napas, perusahaan akan merekomendasikan karyawan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit. 

2. Karyawan bekerja dari rumah

Bekerja dari rumah menjadi salah satu solusi mencegah percepatan penularan penyakit Covid-19. 

3. Membagi shift karyawan

Pembagian shift diterapkan dengan membagi tim yang bekerja di rumah, dan sebagian di kantor. Sehingga di kantor ada ruang untuk  menerapkan social distancing. Dalam pembagian shift dan waktu kerja semua diatur dalam peraturan perusahaan dan perjanjian kerja oleh perusahaan.

 

Daftar Pustaka

 

Rr. Ayu Widaningsih, Sukristanta Sukristanta, Kasno Kasno. 2020. “Tantangan Bagi Organisasi dalam         Mempertahankan Kinerja Pegawai Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia”.                                         https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah/article/view/5813. diakses tanggal 17 April          2022.

Ega Jalaludin. 2021. “Mempetahankan Kinerjaa Karyawan Di Tengah Pandemi Covid-19”.                             https://jbbe.lppmbinabangsa.id/index.php/jbbe/article/view/66/53. diakses tanggal 18 Apri 2022.


 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar