7.1.22

 

PESONA ALAM AIR TERJUN KALI DINGIN WASUPONDA

 

WINDYANGRENI MIKA/19310410047



 

Fakultas Psikologi

 

Essay Ujian Akhir Semester Psikologi Inovasi

 

Dosen Pengampu: Dra. Arundati Shinta, M. A

 

Indonesia merupakan negara dengan berbagai keberagaman dan kekayaan alam yang dimilikinya. Masyarakat Indonesia dengan segala hasil budayanya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menjadi titik sentral, subyek pembangunan dan kekuatan dasar pembangunan dan kekuatan dasar pembangunan kepariwisataan (Muljadi, 2012: 37). Diindonesia ada sangat banyak pesona alam yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata, baik itu perbukitan, laut dan pegunungan yang keindahannya tentu sudah tidak diragukan lagi,  hal tersebut akan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke negara ini. Salah satu diantaranya adalah pesona alam air terjun kali dingin yang terdapat didesa Tabarano Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur.

Air terjun kali dingin adalah salah satu destinasi wisata alam yang terdapat Kabupaten Luwu Timur yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia atau tepatnya di Tabarano Wasuponda. Air terjun ini tercipta dengan sendirinya atau dengan alami, pada air terjun tersebut terlihat banyaknya bebatuan yang bertingkat serta kumpula lumut yang menempel pada batu tersebut, telah menimbulkan efek yang sangat indah pada air terjun tersebut. Untuk dapat masuk dan berkunjung ke wisata ini dibanderol dengan harga tiket tanda masuk sebesar Rp10.000 untuk orang dewasa. Sedangkan untuk kalangan anak-anak sebesar Rp5000 perorang.
disana juga terdapat sejumlah villa yang berada dikawasan air terjun yang tersedia dengan tarif yang berbeda namun bisa dinegosiasikan dengan pemiliknya.

Dahulu sebelum air terjun tersebut ditemukan, tempat itu awalnya hanyalah lahan perkebunan. Namun saat sang pemilik lahan melihat daya Tarik dari air terjun tersebut akhirnya ia merenovasi lahan itu agar menjadi sama seperti wisata alam pada umumnya. Sehingga saat ini wisata tersebut telah ,enjadi salah satu pilihan tujuan wisata yang ada di Kabupaten Luwu Timur.

Sumber :

http://eprints.ums.ac.id/31316/2/04._BAB_I.pdf

https://tipstren.pojoksatu.id/baca/pesona-alam-air-terjun-kali-dingin-wasuponda-destinasi-baru-di-lutim

0 komentar:

Posting Komentar