6.1.22

PESONA ALAM DENGAN KEINDAHAN DAN KETENANGANNYA

Exwati Miatari (19310410030)
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Essay Ujian Akhir Psikologi Inovasi
Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA

Indonesia merupakan Negri yang memiliki banyak akan kekayaan pesona alam yang indah dan membuat para penikmatnya merasakan adanya ketenangan serta kebahagian dalam menikmati setiap sudutnya. Indonesia adalah Negri yang kaya akan keindahan alamnya, bahkan Indonesia diibaratkan seperti emas yang semakin digali semakin bagus akan pemandanganya (Kompasiana, 2017). Bagi masyarakat perdesaan atau daerah-daerah yang memiliki tempat berdekatan dengan alam merupakan suatu keuntungan yang dapat dimiliki, karena mereka bisa kapan saja untuk menikmati udara yang segar dan juga keindahannya.

Keindahan itu sendiri memiliki berbagai arti atau pengertian yang cukup luas, karena keindahan memiliki rupa yang baik, seperti indah yang berupa dengan pemandangan (Kompasiana, 2015). Keindahan dapat kita rasakan atau nikmati diberbagai daerah yang menyuguhkan pemandangan indah. Dalam potret gambar yang saya ambil ini menunjukan adaya keindahan dari Gunung Merapi yang tampak cerah dan dikelilingi dengan tumbuhan hijau yang memberikan kesan ketenangan serta kenyaman masyarakat yang ingin mengunjunginya.

Potret ini merupakan kondisi Gunung Merapi siang hari yang masih tampak cerah,meskipun sebagian dari Gunung ini sudah tertutupi oleh awan. Pesona Merapi yang dapat di nikmati keindahnya dari Jalan Kaliurang tepatnya pada area persawahan dikawasan tersebut yang selalu menyugguhkan pemandangan Gunung Merapi yang indah saat masyarakat memandangnya. Dibalik pesonanya, Gunung Merapi dapat memberikan sisi ketenangan ketika masyarakat menikmati keindahannya dengan tujuan untuk dapat merefleksikan diri dari adanya rasa kejenuhan akibat adanya aktivitas yang terlalu padat sehingga mengakibatkan penurunan akan produktifitas. Ketenangan sendiri merupakan keadaan damai yang dapat mengurangi tekanan dan dapat meningkatkan kesehatan (Wolfradt, Oemler, Braun, & Klement, 2014).

            Pemandangan Gunung Merapi ini terlihat begitu jelas dan berdiri dengan kokoh dibalik pohon-pohon hijau yang tumbuh rimbun mengelilingi, ditambah dengan pemandangan langit yang cerah membuat Gunung Merapi tampak gagah ketika dipandang meskipun terdapat awan yang menutupi sebagian dari Gunung tersebut namun ia tetap terlihat indah. Hal ini juga menggambarkan diperlukannya usaha dan kesungguhan terhadap seseorang untuk mencapai tujuan dari hidupnya. Akan banyak hal-hal yang terjadi diawal ketika memulai suatu usaha, dan bagaimana kita dapat mengatasi serta mencari solusi terhadap pemecahan masalah tersebut. Jika kita mampu dalam mencari jalan keluar maka, kita akan tetap berdiri kokoh melanjutkan langkah mencapai tujuan dari hidup kita, tidak perduli seberapa berat dan banyak ujian yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tersebut. Banyaknya rintangan yang dilewati bukanlah suatu permasalahan yang harus ditakuti, tetapi hal tersebut harus tetap dihadapi. Karena, akan ada rintangan yang menjadi penghalang dalam mencapai tujuan hidup. Namun, karena kerja keras dan perjuangan yang telah kita usahakan maka hal tidak akan menjadi permasalahan dalam mencapai tujuan dari hidup.

     

REFERENSI:

Charles, A. (2015, Juni 24). Keindahan. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/andreo/552fa3f86ea83460088b456c/keindahan

Riski, B. (2017, November 1). Pesona Alam Indonesia. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/bahrudinriski/59f924f4c252fa153f73ec82/pesona-alam-indonesia

Wolfradt, U. O. (2014). Health anxiety and habitual rumination: The mediating effect of serenity. Personalitu and Individual Differences. Journal of Research into the Structure and Development of Individual Differences Vol.71, 130-134.

0 komentar:

Posting Komentar