6.1.22

KEINDAHAN ALAM SILANCUR


KEINDAHAN ALAM dan HIJAUNYA ALAM SILANCUR

Eunike Oktavia / 19310410010

Fakultas Psikologi

 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Ujian Akhir Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A


Alam sekitar adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan manusia, karena alam sekitar merupakan tempat di mana makhluk hidup tinggal dan merupakan sumber kehidupan makhluk hidup. Alam sekitar tersebut termasuk kawasan-kawasan tumbuhan hijau, udara, dan air seperti sungai dan laut. Di masa seperti sekarang ini, manusia seharusnya sudah menyadari bahwa peran lingkungan hidup atau alam sekitar sangat dibutuhkan. Alam butuh perawatan supaya bisa dimanfaatkan oleh keberlangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya. Alam memiliki sumber daya yang sangat dibutuhkan, seperti halnya sebagai bahan baku pembuatan rumah dan infrastruktur mereka serta untuk kebutuhan makan dan minum mereka. Manusia akan terhindar oleh krisis alam jika mereka bisa menjaga keseimbangan Alam dan mampu melestarikan alam yang sangat bermanfaat untuk mereka.

Sikap kepedulian lingkungan ditunjukkan dengan adanya peghargaan kepada alam. Hakikat penghargaan kepada alam adalah kesadaran bahwa manusia menjadi bagian dari alam, sehingga mencintai alam juga mencintai kehidupan manusia. Mencintai lingkungan hidup dan alam haruslah diarahkan supaya ada sikap untuk mencintai kehidupan. Jika semua orang mencintai lingkungan hidup dan alam, oleh karena itu semua orang akan peduli untuk memelihara kelangsungan hidup lingkungan, tidak pernah merusak dan mengeksploitasi sehingga di kemudian hari tercipta lingkungan yang menguntungkan semua manusia yang termasuk bagian dari lingkungan tersebut.

Kekayaan akan sumber daya alamnya merupakan daya tarik tersendiri bagi nerga-negara lain. Tentunya pemandangan dan keindahan alamnya juga banyak dan beragam, mulai dari sabang sampai merauke terdapat keindahan alam yang tersembunyi yang tidak dimiliki oleh negara lain. Maka dari itu cintailah dan rawatlah alam yang kita miliki ini. Keindahan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam pengertian yang lain diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.

 


Potret Nusantara dalam perlombaan yang diadakan oleh komunitas fotografi Telkom Grup berkolaborasi dengan DOSS Camera and Gadget  dan HNY Indonesia. Foto yang saya lombakan berlokasi di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Tempat wisata ini merupakan sebuah bukit yang menawarkan keindahan alam di kaki Gunung Sumbing. Bentang alam yang luas berupa barisan gunung, area sawah, rumah-rumah pedesaan menjadi daya tarik dari tempat yang baru berdiri pada 2017 ini. Di Silancur Highland ini dapat melihat sunrise dan sunset, terdapat rumah makan yang dapat dinikmati dengan melihat-lihat keindahan alam Silancur. Perjalanan menuju Silancur Highland, tidak mudah karena merupakan bukit. Namun, akan sepadan dengan ketika sudah sampai dipuncak, melihat keindahan alam Silancur. Demikian dengan kehidupan, tidak mudah dalam mencapai suatu hal, di butuhkan niat dan konsisten yang tinggi untuk dapat mencapai mimpi-mimpi. Jangan lekas menyerah, karena  dalam hidup tidak selalu mudah untuk dicapai akan selalu ada prosesnya. Melihat keindahan alam melalui Silancur Highland ini, merasakan syukur atas apa yang Tuhan berikan atas alam semesta ini.

 

https://aranfaweb.wordpress.com/2016/09/13/artikel-keindahan-alam-indonesia/

(diakses pada 6 Januari 2022)

0 komentar:

Posting Komentar