6.1.22

MENIKMATI KESEJUKAN PANTAI KLAYAR MEMBUAT TENANG

 

MENIKMATI KESEJUKAN PANTAI KLAYAR MEMBUAT TENANG

Tri Wahyu Ningsih / 19310410026

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Ujian Akhir Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

        Indonesia memiliki banyak sekali keindahan alam, mulai dari pegunungan hingga pantai. Salah satu pantai indah yang saya kunjungi  adalah Pantai Klayar. Pantai ini terletak di Dusun Kalak di Desa Sendang, Kecamatan Donoroho, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Tempat ini dapat dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Klayar sangat istimewa karena pantai pasir putih dan ombak besar juga ada dua bukit karang di sisi kiri dan kanannya. Bukit Karang juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan. Harga masuk pantai ini hanya Rp. 10.000,- terdapat fasilitas mushola, warung, toilet dan gazebo untuk istirahat.



        Definisi pantai adalah deretan sedimen yang muncul dari garis air terendah ke tebing atau ke daerah dengan tanaman permanen. Pantai adalah bagian terdekat dari laut. Pantai adalah bagian dari tanah yang dibanjiri air laut ketika pasang naik dan kering saat pasang surut. (Burung, 1969 di Sutikno, 1999).

        Ketika saya pergi ke pantai, saya merasakan dinginnya pantai tetapi sejuk dan membuat tenang, warna langit berwarna biru, dan suara ombak. Psikolog klinis Richard Shuster menjelaskan bahwa ketika seseorang berada di pantai dapat mengubah frekuensi gelombang otak di bawah kondisi meditasi ringan (dikutip dari tempo.co). Menurut Shuster, suara ombak akan merangsang otak dengan ekspansi visual laut. Ini juga mengaktifkan saraf parasimpatis atau jaringan stimulasi yang mengendalikan tubuh saat istirahat.

        Warna laut biru juga memengaruhi psikologi manusia, menurut Wauter dan Thomson, dari hasil pengamatannya (di Lasmono, 2009), menyebutkan bahwa warna dapat digunakan untuk pengobatan dan mendukung proses penyembuhan, karena dalam hal ini warna biru dapat memberikan suasana tenang dan tenang dan nyaman saat istirahat. Biru menyebabkan efek fisik untuk memperkuat kondisi tubuh dan pikiran, menenangkan kondisi jiwa anak yang kesal saat dalam perawatan.

        Setelah pulang berlibur ke pantai,  saya bisa merasakan ketenangan dalam hati saya, beban yang saya pendam seperti tertinggal di pantai. Ke pantai tidak hanya sekedar berfoto-foto lalu update di sosmed, tetapi merefresh kembali pikiran, dan juga merenungkan kekuatan ombak yang begitu keras menerjang karang seperti ibaratnya jika kita ingin mencapai kesuksesan atau cita-cita yang kita inginkan, maka kita harus sekuat tenaga untuk mencapai tujuan tersebut seperti ombak yang tidak lelah meski berkali-kali terbawa arus, dan tegar sekuat karang yang diterjang ombak.

                            

 




Referensi:

Sutikno, 1999, Karakteristik Bentuk dan Geologi Pantai di Indonesia. Yogyakarta.

Setiawan, B. (2022, 3 Januari). Ahli Psikologi: Menikmati Suasana Pantai sama Seperti Meditasi Ringan. Tempo.com. Diakses pada tanggal 6 Januari 2022 di https://travel.tempo.co/read/1545961/ahli-psikologi-menikmati-suasana-pantai-sama-seperti-meditasi-ringan/full&view=ok

Lasmono,  A.  (2009). Perancangan  interior  pusat  terapi  anak  autis  di  Surabaya.Skripsi, Desain Interior.

 

0 komentar:

Posting Komentar