7.1.22

MENGINCAR PROGRAM KAMPUS MENGAJAR

 Tirsa Venta Han/19310410058

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Prestasi Psikologi Inovasi

Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

Kampus Mengajar adalah salah satu program dari Kampus Merdeka yang telah dibuka sejak awal Februari tahun 2021 kemarin. Kampus Mengajar ini adalah program yang memberikan peluang bagi mahasiswa untuk menjadi pendidik khususnya pada jenjang SD dan SMP. Sampai saat ini, Kampus Mengajar telah membuka pendaftaran hingga angkatan ketiga. Itu artinya, sudah ribuan mahasiswa yang turut bergabung dalam program ini untuk mengembangkan diri khususnya leadership, kreativitas, dan kemampuan problem solving serta inovasi.

Kampus Mengajar ini mendapatkan dukungan dari LPDP dan Kementrian Keuangan sehingga menghadirkan mahasiswa untuk berperan bersama-sama menyukseskan literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan perbaikan manajerial di sekolah serta menjadi bagian dari penguatan untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini dan terutama yang berada pada wilayah 3T. Melalui Program ini, maka sebagai mahasiswa kita dapat membagikan ilmu, keterampilan serta menginspirasi para siswa untuk memperluas cita-cita dan mengembangkan wawasan mereka.

Awalnya pendaftaran Kampus Mengajar angkatan ketiga telah dibuka dari 25 November 2021 – 10 Desember 2021. Namun, diperpanjang lagi hingga 17 Desember 2021. Ada beberapa dokumen yang menjadi persyaratan untuk mengikuti program ini misalnya seperti Curriculum Vitae, transkrip nilai, surat rekomendasi Universitas, surat pernyataan izin dari orang tua, surat pernyataan diri sendiri serta surat keterangan sehat. Selain itu, kita hanya diminta untuk melengkapi data-data pribadi pada akun yang telah dibuat.

Saya melengkapi semua dokumen persyaratan tepat pada tanggal 10 Desember 2021. Saat ingin menyelesaikan pendaftaran, situs web Kampus Mengajar tiba-tiba saja eror dalam waktu beberapa jam. Saya merasa bingung dan kemudian menerka-nerka penyebab situs web tersebut eror. Saat itu belum ada informasi terkait perpanjangan waktu pendaftaran sehingga tentu saja saya menjadi sangat panik karena berpikir bahwa  hari itu adalah hari terakhir pendaftaran.

Kemudian saya mengecek media sosial Kampus Mengajar untuk memastikan penyebab terjadinya eror pada situs web mereka. Ternyata penyebabnya adalah banyak pengakses sehingga situs bermasalah dan akhirnya saya mendapatkan informasi  bahwa pendaftaran diperpanjang. Hasil seleksi tahap pemberkasan diumumkan pada tanggal 22 Desember 2021 lewat situs web dan email masing-masing. Saya dinyatakan lolos seleksi tahap pemberkasan.


Setelah pengumuman hasil seleksi tahap pemberkasan, seleksi selanjutnya diadakan pada tanggal 27 Desember 2021. Pada seleksi ini, saya harus mengikuti tes VCAT dan Survey Kebhinekaan serta Literasi dan Numerasi. Saya diharuskan mengikuti langkah-langkah yang ada pada situs web untuk mengunduh aplikasi mereka. Namun, saya sedikit terkendala dalam mengunduh aplikasi tersebut karena laptop saya tidak mendukung. Saya mulai panik memikirkan apa yang harus saya lakukan. Akhirnya, saya meminjam laptop saudara saya untuk mengunduh aplikasi dan sekaligus mengikuti tesnya.

Saat tes berlangsung, saya merasa agak kewalahan karena harus dibarengi dengan kuliah yang padat pada hari tersebut. Tes ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama saya dimulai sekitar pukul 13.20 WIT. Pada sesi pertama, tes VCAT dan Survey Kebhinekaan terdiri atas 70 soal dan harus dijawab dalam waktu 60 menit. Saya menyelesaikan sesi ini kurang dari 60 menit. Setelah sesi pertama berakhir, saya beristirahat sebentar kemudian melanjutkan sesi kedua pada pukul 14.00 WIT. Sesi kedua tes literasi dan numerasi terdiri atas 33 soal dan harus dijawab dalam waktu 30 menit.

Setelah semua peserta mengikuti seleksi tes ini maka hasil akhirnya akan diumumkan pada minggu kedua bulan Januari 2022. Saya sedang menanti hasil akhir tersebut. Saya ingin untuk bisa bergabung pada angkatan ketiga Kampus Mengajar ini agar dapat mengembangkan diri saya menjadi pribadi yang lebih kreatif dan inovatif. Semoga keberuntungan berpihak pada saya.

0 komentar:

Posting Komentar