8.1.22

Mencoba Hal Baru: Memasak Makanan Khas Sulawesi

Beatrice A. J. C Randan

19310410040

Dosen: Dra. Arundati Shinta, MA

Essay Prasyarat Ujian Akhir Psikologi Inovasi


    Pengertian inovatif adalah mengerjakan sesuatu yang bersifat baru, menguntungkan dan bermanfaat bagi individu.  Sesuatu yang belum pernah ada baik berupa suatu yang belum pernah ada baik berupa suatu produk maupun ide termasuk pemikiran.  Inovasi bisa sangat berguna bagi kemajuan diri manusia, lingkungan, dan kehidupan yang bisa menjadi lebih baik lagi.

    Perilaku inovatif sebagai upaya yang sengaja dilakukan untuk menghasilkan ide baru yaitu yang lebih menguntungkan dan bermanfaat bagi individu maupun kelompok (Janssen, 2000).    Perilaku inovatif timbul dari pemikiran manusia sebagai upaya untuk menjadikan dirinya semakin kreatif, serta inisiatif yang kuat yang dianggap lebih baik dari sebelumnya.  Timbul apertanyaan apakah kita perlu berinovasi? tentu saja, setiap kita perlu berinovasi.  Inovasi akan menimbukan perubahan yang labih baik.  Lalu bagaimana caranya kita menjadi pribadi yang inovatif? Kita bisa mulai dan latih dari kehidupan sehari-hari.

     Dalam Essay ini, saya akan menuliskan bagaimana perubahan diri penulis dari tidak tahu memasak menjadi bisa memasak makanan Sulawesi.

1.Pisang Goroho goreng (Sulawesi Utara)

Pisang Goroho adalah pisang endemic Sulawesi Utara.  Biasa di konsumsi penderita diabetes karena kandungan gulanya rendah.  Pisang Goroho goreng merupakan camilan khas Manado.  Pertama pisang dikupas, dipotong memanjang tipis.  Di celupkan dalam adonan tepung yang dicampur dengan gula, garam, dan telur..Goreng sampai berwarna keemasan.



2.  Tinutuan (Bubur Manado)

Tinutuan atau bubur Manado  adalah makanan bergizi karena menggunakan rempah-rempah dan sayuran.

Beras, jagung, labu kuning , singkong,bumbu masak, dan daram, di masak.  Setelah menjadi bubur masukkan sayuran-sayuran (kangkung, bayam, gedi, rebung) yang sudah disiapkan. Dimakan dengan sambal roa.


3. Sokko (Ketan Sulawesi Selatan)

Merupakan makanan khas setiap daerah di Sulawesi Selatan.. Sokko terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santanm garam, dan bumbu masak.  Dimakan bersama kelapa sangrai (serundeng) yang pedas



4.Palubutung

Cemilan khas Sulsel terbuat dari pisang masak yang direbus.  Di potong-potong.  Dimakan dengan Vla santan dan sirup pisang.



5. Dangkot ayam

Ayam di potong kecil-kecil,di masak bersama lengkuas,serai, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, cabai, dan bumbu masak lainnya.



6. Kapurung

Masakan khas daerah-daerah di Sulsel.  Terdiri dari sagu yang di sirm air panas, menjadi adonan yang bisa di pulung. Dimakan bersama kuah ikan dan sayur.  cir khas dari masakan kapurung di bandingkan papeda yaitu mengunakan buah patikala dan daun kedundung.


7.Pampis Tuna

Makanan favorit orang Manado untuk bekal di perjalanan.  Ikan tuna di kukus, disuwir, kemuadian di tumis dengan bumbu masak.



8.Burasa & Ayam santan

Nasi dimasak bersama santan khas Sulsel, dibungkus daun pisang.  Di masak seperti memasak ketupat. 

Ayam santan hidangan favorit Sulsel dalam acara.  Dimakan bersama Burasa.  Ayam santan mirip masakan opor, tetapi ditambai cabai.

                    

     Dimasa pandemic ini, ketika ruang gerak tebatas, dan  banyak waktu bersama dirumah, perubahan diri penulis dalam hal memasak membuat keluarga mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan terjamin kebersihannya.  Memulai sesuatu perubahan tidak langsung dalam hal yang besar.  Mulailah dari hal yang kecil yang mampu kita lakukan, apapun situasi dan kondisi kita.

0 komentar:

Posting Komentar