8.1.22

 

KESULITAN YANG MENJADI HOBBY

 

WINDYANGRENI MIKA/19310410047



 

DOSEN: Dra. ARUNDITA SHINTA, MA.

 

TUGAS PSIKOLOGI INOVASI SEMESTER GANJIL 2020/2021 PERUBAHAN DIRI

 

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

Setiap orang pasti memiliki suatu masalah atau kesulitan didalam hidupnya. Hal demikian juga sempat saya rasakan beberapa waktu lalu, dimana pada saat itu saya mengalami kesulitan dalam hal memasak. Memasak adalah kegiatan menyiapkan makanan untuk dimakan dengan cara memanaskan pada bahan makanan agar bahan makanan tersebut bisa dikonsumsi. Menurut Minantyo (2011) memasak adalah suatu proses menangani bahan makanan dari mentah hingga menjadi bahan makanan yang siap saji yang dalam prosesnya terjadi penerapan suhu yang bertujuan untuk membuat makanan lebih mudah untuk dicerna ditubuh kita. Selain itu menurut Yuliantoro (2019) memasak adalah seni mengolah makanan yang belum layak untuk di konsumsi menjadi hidangan yang menggugah selera.

Sama seperti judul yang ada diatas, pada awalnya memasak merupakan hal yang tidak saya sukai karena saya menganggap hal itu sulit untuk saya lakukan dan juga karena faktor prmasalahan dari rasa malas saya sendiri. Sehingga pada semester 5 ini saya dipertemukan dengan mata kuliah Psikologi Inovasi, yang dari saat itulah saya mulai belajar dan menekuni mengenai memasak. Setelah beberapa belajar akhirnya kini memasak dapat menjadi salah satu hobby baru yang selalu saya lakukan saat sedang bosan dirumah. Pada tugas inovasi kali ini ada 8x kegiatan memasak yang saya lakukan, diantaranya yaitu:

TUMIS KANGKUNG



Tumis kangkung merupakan salah satu makanan sederhana namun rasanya sangat nikmat. Bagi para pemula masakan ini sangat cocok untuk dicoba karena bahan dan cara memasaknya yang terbilang simple. Masakan ini saya buat tanggal 3 Oktober 2021, pada siang hari atau tepatnya pada jam 12:04. Untuk pembuatannya sendiri diperlukan beberapa bahan seperti sayur kangkung, bawang putih dan bawang merah secukupnya, cabe, terasi, garam, penyedap rasa, dan minyak goreng serta air secukupny

Untuk langkah pembuatannya yang pertama yaitu bersihkan sayur kangkung yang akan digunakan, kemudian haluskan bumbu halus seperti cabe dan bawang dapur. Lalu selanjutnya tuang minyak pada wajan secukupnya, tunggu hingga panas dan mulai lah memasukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi, tunggu hingga kecoklatan. Lalu masukkan kangkung yang telah dibersihkan tadi dan berikan penyedap rasa sesuai selerah. Tunggu hingga beberapa saat dan makanan pun siap untuk disajikan.

OPOR AYAM



Makanan kedua ini saya buat padda tanggal 4 Oktober 2021. Dalam pembuatannya opor ayam merupakan salah satu masakan yang menurut saya lumayan ribet untuk ukuran para pelajar. Dalam pembuatannya diperlukan bahan ayam dan kentang yang telah dicuci bersih, kemiri, kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, sereh, dan lada bubuk, daun salam dan daun jeruk.





Untuk langkah pembuatannya yang pertama yaitu goreng bumbu halus seperti kemiri, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, lengkuas, dan sereh hingga layu. Lalu haluskan dan tumis di wajan hingga harum, daun salam dan daun jeruk. Masukkan ayam yang telah dicuci bersih. tumis sebentar bersama bumbu, sambil terus diaduk dengan api sedang. Masukkan lada, penyedap rasa dan garam diakhir sesuai selera. Koreksi rasa lalu makanan siap untuk disajikan.

NASI GORENG



Masakan ini juga merupkan masakan yang sangat simple dan mudah untuk dicoba oleh para pemula dalam belajar memasak. Masakan ini dibuat pada tanggal 6 Oktober 2021. Untuk bahannya sendiri hanya membutuhkan nasi secukupnya, bawang merah dan bawang putih, cabe, jagung, ayam yang sudah disuir, buncis, mentimun, garam dan penyedap rasa.


Untuk Langkah pembuatannya yang pertama yaitu, goreng bumbu halus seperti bawang dan cabe, lalu kemudian masukkan ayam dan juga jagung dan buncis yang telah dipotong kecil. Lalu kemudian tumis hingga harus dan setelahnya masukkan nasi yang telah disiapkan. Lalu berikan garam dan penyedap rasa secukupnya, dan makanan pun siap untuk disajikan.


TAHU DAN KACANG PANJANG SANTAN



Masakan ini dibuat pada tanggal 8 Oktober 2021, untuk makanan ini sendiri diperlukan bahan-bahan seperi tahu, kacang Panjang, bawang putih dan merah, cabe, santan instan, kunyit, daun salam dan juga sereh.

Untuk pembuatannya yang pertama goreng tahu yang telah dipotong dadu. Kemudian tumis atau goreng bumbu halus yang sudah disiapkan hingga kecoklatan dan harum. Kemudian masukkan tahu dan kacang Panjang yang sudah dibersihkan, lalu masukkan kunyit bubuk ddancampurkan dengan bumbu yang telah ditumis tadi dan berikan air sedikit. Setelah itu tambahkan garam dan penyedap diakhir, dan makanan siap untuk dinikmati.

DANGKOT



Dangkot merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Selatan, atau tepatnya pada daerah Toraja. Makanan ini biasanya terbuat dari ayam kampung atau bebek.  Masakan ini terkenal dengan bumbu rempahnya yang lengkap dan sangat khas. Untuk cara memasaknya pun membutuhkan ketelitian dan juga waktu yang cukup lama untuk mendapatkan rasa sesuai dengan keinginan. Pembuatan makanan ini pada tanggal 23 Desember 2021, dalam pembuatannya beberapa kesulitan yang saya alami yaitu mempersiapkan bumbu yang sangat banyak dan ribet, pembuatannya yang memakan waktu cukup lama, serta biaya yang dikeluarkan juga cukup lumayan.



Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan makanan ini yaitu, 1 ekor ayam, 1/2 liter cabe rawit, 10 siung bawang merah, 10 siung bawang putih, 7 batang sereh, 2 ruas jahe, 2 ruas lengkuas ukuran besar, 2 ruas kunyit, 2 bungkus penyedap rasa (saya pakai masako ayam), 1 buah jeruk nipis, dan minyak secukupnya untuk menumis. Untuk cara memasaknya sendiri yaitu Potong2 ayam berbentuk dadu lalu cuci bersih dan campurkan perasan jeruk nipis lalu diamkan 15 menit. Iris tips batang sereh,ambil putihnya saja. Potong kecil bawang putih,bawang merah,lengkuas,jahe dan kunyit lalu blender dengan sedikit air. Kemudian blender terpisah cabe rawit. Setelah semua bumbu halus,tuangkan minyak pada wajan,lalu tumis bumbu halus lalu masukkan cabe rawit tunggu hingga meletup. Setelah bumbu yang ditumis meletup2 masukkan daging ayam tadi,aduk rata tunggu sampai air berkurang dan bumbu meresap. Setelah masak angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

BURASA



Burasa juga merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Bugis dan Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini hampir sama atau menyerupai lontog, namun ia berbentuk Panjang dan agak pipih seta juga diberikan tambahan santan. Biasanya burasa wajib disediakan saat acara besar seperti hari lebaran yang biasanya akan disajikan bersama dangkot atau opor ayam. Pembuatan makanan ini pada tanggal 24 Desember 2021 yang dibuat untuk sajiaan makanan pada saat hari natal. Bahan-bahan  dan alat yang harus disedikaan dalam pembuatannya yaitu beras, santan,daun pisang dan juga tali untuk membungkus. Cara pembuatan makanan ini yaitu dengan dikukus selama beberapa saat, namun juga memerlukan waktu yang cukup lama.

CEKER TUMIS





Makanan ini dibuat pada tanggal 27 Desember, bahan-bhan yang digunakan sangatlah simple yaitu ceker ayam cabe, bawang putih dan merah, sereh, daun jeruk, minyak, kunyit, dan bumbu penyedap. Dalam pembuatannya ceker ayam yang sudah dibersihkan kemudian direbus sekitar 5 menit untuk melunakkan tulangnya. Kemudian goreng atau tumis bumbu halus yang sudah disiampkan hingga kecoklatan dan harus, setelah itu masukkan juga daun jeruk lalu masukkan ceker yang sudah direbus tadi. Setelah itu berikan penyedap rasa dan garam secukupnya, makanan pun siap disajikan.

KUAH SANTAN NANGKA MUDA



Makanan ini dibuat pada tanggal 4 Januari 2022, dalam pembuatannya dibutuhkan beberapa bahan seperti Nangka muda yang dipotong memanjang, serei, santan instant, cabe, lengkuas, bawang putih dan merah, ketumbar, penyedap rasa dan garam secukupnya. Untuk langkah pembuatannya yang pertama adalah merebus Nangka muda sekitar 15 menit. Kemudian haluskan smeua bumbu yang sudah disiapkan. Lalu diidhkan santan instan dan campurakan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, kemudian tambahkan Nangka muda yang sudah direbus. Tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya, lalu aduk hingga matang.

 Pada tulisan ini terdapat beberapa hal yang membuatnya unik atau tampak berbeda yaitu dengan melihat bahwa Ketika ke pasar atau saat membeli bahan atauyang akan digunakan untuk memasak, saya tidak menggunakan plastik sebagai wadahnya namun saya selalu membawa tas tersendiri. Hal ini dilakukan dengan tujuan dapat membantu mengurangi sampah plastik dan dampaknya. Selain itu juga dapat terlihat bahwa setiap bahan makanan akan disusn rapi dalam suatu wadah agar Ketika dimasukkan kedalam kulkas semua bahan makanan tersebut dapat bertahan lebih lama dan akan terlihat lebih rapi. Selian itu juga terlihat bahwa untuk bahan makanan seperti ayam, tahu, dan tempe akan diungkep terlebih dahulu sebelum dimasukkan kewadah dan disimpan ke kulkas. Hal ini juga bertujuan agar bahan dapat bertahan sedikit lebih lama dan juga membantu meringankan pekerjaan didapur.









Sumber:

http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/83193/Oktaviani%20Jaya%20Kurniadi%20-%20140903102029%20a.pdf?sequence

http://repository.uib.ac.id/2808/5/k-1746042-chapter2.pdf

0 komentar:

Posting Komentar