5.1.22

LEPASKAN PENAT SESAAT DENGAN BERKUNJUNG KE PANTAI


Nama: Mita Dwi Wijayanti

Nim: 19.310.410.037

Dosen Pengampu: Arundhati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


      Setiap orang pasti pernah yang namanya merasakan penat di dalam kehidupan, entah itu dikarenakan oleh masalah kerjaan, keluarga, teman ataupun sebagainya. Untuk itu terkadang tak jarang dari sebagian orang memilih untuk berlibur agar bisa melepaskan kepenatan di dalam hidup mereka. Mereka beranggapan bahwa ketika mereka berlibur untuk sesaat rasa penat yang ada di dalam diri mereka bisa terobati. Apalagi jika berliburnya di alam terbuka, seperti di Pantai.  Dilansir dari Journal Sociolla bahwa berlibur di pantai dapat menurunkan tingkat stres. Menurut penelitian yang dilakukan Baker Heart Research Institute di Melbourne mengungkapkan bahwa sinar matahari mampu mempengaruhi suasana hati dan membuat seseorang lebih bahagia, karena bisa menemukan ketenangan tersendiri.

         Salah satu pantai yang bisa di kunjungi untuk melepaskan kepenatan dalam hidup adalah Pantai Watulawang. Pantai ini berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini juga jarang dikunjungi oleh wisatawan ataupun masih sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, dikarenakan posisi pantai yang cukup tersembunyi. Jadi jika kita membutuhkan waktu untuk menyendiri ataupun mencari ketenangan pantai ini cocok untuk di kunjungi, karena masih jauh dari keramaian. Dengan begitu kita bisa menikmati suasana pantai dengan tenang. Untuk itu tak jarang jika dari sebagian orang ketika sedang banyak masalah ataupun dilanda kepenatan mereka memutuskan untuk berlibur ke pantai, karena pantai memberikan aura positif bagi kehidupan. 



       Dari gambar tersebut terlihat hamparan lautan biru yang luas dengan perbukitan hijau didekatnya. Foto ini saya ambil ketika saya sedang berkunjung ke Pantai Watulawang bersama teman saya dan kebetulan saat itu keadaan pantai sedang sepi pengunjung sehingga keadaan pantai terlihat sangat indah. Selain itu, karena saat itu yang berkunjung hanya saya dan teman saya dan tidak ada yang lain kita bisa menikmati keindahan pantai ini dengan tenang, sehingga pantai ini terasa seperti pantai milik pribadi. Saat itu kami juga tidak sengaja menemukan tempat seindah ini, karena pada awalnya kami hanya ingin pergi ke Pantai Indrayanti untuk melepaskan kepenatan, namun setelah kami berjalan-jalan akhirnya tidak sengaja menemukan pantai seindah dan sebersih ini.

       Informasi psikologis dari foto ini adalah masalah hidup itu seperti halnya ombak di tepi pantai, dia akan datang tetapi pada saatnya pula dia juga akan pergi. Begitu juga masalah di dalam kehidupan setiap manusia tidak ada yang tidak mendapatkan masalah di dalam hidupnya, setiap manusia pasti pernah menerima masalah di dalam kehidupan, baik itu masalah yang kecil maupun yang besar sekalipun, tetapi setiap masalah yang datang pasti dengan sendirinya juga akan pergi begitu saja. Karena di dalam kehidupan itu pasti akan selalu ada keseimbangan di dalamnya, tidak selalu setiap orang itu diterjang masalah ada kalanya juga masalah itu akan pergi meninggalkan kita. Jadi tetap semangat untuk kita semua yang saat ini sedang dilanda masalah di dalam hidup, yakin suatu saat nanti masalah tersebut akan hilang dengan sendirinya, yang terpenting tetap berusaha untuk menjadi orang baik dan tetap kuat walaupun diterjang berbagai masalah. 





Referensi:

https://journal.sociolla.com/lifestyle/manfaat-liburan-di-pantai-bagi-kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar