7.1.22

Kebermaknaan Indahnya Air Terjun Jumog Karanganyar

 

 Hosianna Ronauli Simbolon

19310410032

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Ujian Akhir Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

 

Alam merupakan salah satu anugerah terindah yang diciptakan oleh Tuhan. Mulai dari gunung, pantai, hutan, gurun, hingga danau pun tampak begitu elok di mata manusia. Tak hanya tempat-tempat tersebut, objek di sekitar kita seperti tanah, air, pepohonan, hingga binatang juga termasuk ke dalam alam. Indonesia memang negara yang kaya, tidak hanya mengenai rempah dan budaya. Tapi juga tentang sektor pariwisata yang begitu berkembang pesat di hampir semua pulau. Salah satu tempat wisata yang cukup popular yakni air terjun jumog. Air terjun ini berada di di Lereng Gunung Lawu  daerah karanganyar jawa tengah. Menjadi satu air terjun yang ada di lereng Gunung Lawu, tidak heran banyak yang kagum dengan keindahan alamnya. Tentunya wisata air terjun sangat alami dan asri menjadi daya tarik tersendiri.

Keadaan air terjun yang berada di pegunungan dan diapit oleh hutan membuat wisata alam yang Setelah berhasil menyusuri 116 anak tangga yang tersedia maka akan sampai di lokasi air terjun yang begitu indah. Di mana pesona air yang jatuh dari ketinggian akan membuat pengunjung terpana. Airnya begitu jernih dan segar. Selain itu terdapat pula pepohonan yang rindang dengan berbagai tumbuhan paku mengelilinginya. Bahkan suaranya pun sudah bisa membuat pengunjung seperti berada di tempat relaksasi. Udara disekitar air terjun jumog ini juga sangat sejuk. Kita juga akan mendengar kicauan burung-burung yang seakan bernyanyi menambah keasrian tempat ini. Selain itu air terjun Jumog juga memiliki punden berundak yang unik. Air terjun Jumog juga kerap kali disebut sebagai air terjun kembar. Pasalnya di tempat tersebut pengunjung  akan melihat tebing setinggi 30 meter dengan dua aliran air. Itu juga yang menjadi daya tarik dari air terjun di Jawa Tengah ini.

Dari foto yang saya ambil ini, ada perjuangan yang saya lalui untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini, saya perlu menyusuri 116 anak tangga yang tersedia. Dan perasaan lelah yang saya lalui terbayar dengan keindahan dari air terjun ini. Dari hal ini dapat kita maknai dan hubungkan dengan kehidupan dimana setiap perjuangan kita, dalam setiap kesulitan dan rintangan yang kita lalui dalam kehidupan ini, semuanya itu akan terbayar lunas dengan kesuksesan yang akan kita peroleh kelak. Oleh sebab itu kita sebagai mahasiswa harus selalu semangat dalam menjalani hari-hari kita disini. Mungkin ada beberapa teman yang bukan berasal dari kota Yogyakarta, datang ke kota ini merantau, terpisah dari keluarga, belajar mandiri dalam segala hal. Kita jangan menjadi pribadi yang mudah menyerah, melainkan semangat  kita harus terus membara, dalam mengikuti setiap proses yang akan kita lalui didalam kehidupan kita. Yakinlah bahwa akan ada waktu dimana semua lelah, tangis, duka, sakit yang kita rasakan saat ini akan terbayar dimasa depan. Dengan syarat untuk tetap tekun dan giat dalam belajar. Air yang terus mengalir tanpa henti juga bisa memberi kita teladan dimana semangat dalam menjalani kehidupan juga tidak boleh berhenti, harus selalu mengalir, dan air yang mengalir ini memberi manfaat bagi alam sekitar termasuk manusia. Begitu juga kita harus juga bisa membawa manfaat bagi orang lain kelak.

  

Daftar Pustaka

Hafiyyan, F. N. (2019). Eksotisme Air Terjun Jumog Sebagai Destinasi Wisata Alam Kabupaten Karanganyar. diakses pada 07/01/2022

http://eprints.ums.ac.id/31316/2/04._BAB_I.pdf diakses pada 07/januari-2022

 

0 komentar:

Posting Komentar