7.1.22

Gunung Tak Seangkuh Dirimu

 Risva Subekti / 19310410063 

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

Essay Ujian Akhir Psikologi Inovasi 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A


Indonesia sangat indah, siapa yang tidak jatuh hati pada alam Indonesia akan pulaunya, dataran tinggi, pantai, danau, teluk, tanjung, selat, lembah, laut, pegunungan, dan dataran tinggi. Indonesia berdasarkan fakta alam dijuluki sebagai negara maritim dan negara hutan tropis serta telah diakui dunia bahwa Indonesia lah yang paling kaya akan keanekaragaman hayati. Hutan umumnya diatas gunung, salah satu pendukung kesehatan hidup yang sangat bernilai tinggi, namun banyak hutan yang mengalami kerusakan dan kepunahan.

Gunung yang dekat dengan kantor Perusahaan Bintang Delapan Mineral Site Bahodopi beralamatkan di desa Bahomakmur kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, orang sekitar menyebutnya Gunung 2A merupakan lokasi bekas tambang yang sekarang sudah ditanami penghijauan. Hutan dan gunung sangat berdekatan dengan kita, terlebih orang-orang yang masih tinggal di daratan tinggi. Menurut Buku Besar Bahasa Indonesia gunung ialah bukti yang paling besar dan tinggi (biasanya ketinggiannya dari 6000 Mdpl diatas permukaan laut).

Ciri umum dari gunung ialah besar dan tinggi, besar gunung dapat setara dengan pulau suatu daerah dan tinggi gunung melebihi bukit. Gunung sangat tinggi dan mampu menyentuh awan, orang-orang selalu mengangkat kepalanya ketika melihat gunung. Tetapi gunung yang sangat tinggi pun tidak akan bersikap sombong atau angkuh melainkan manusia yang merasa dirinya sangat tinggi hingga lupa bahwa gunung lah yang paling tinggi. Seseorang yang memiliki sifat sombong atau angkuh cenderung tidak mempunyai atau menjalin hubungan yang stabil dengan orang lain (Dodi, 2016). Gunung dapat menjadi sahabat, gunung juga mampu memberikan kenyamanan kesejukan setiap insan tetapi gunung juga dapat murka atas kecerobohan manusia.  

 



Referensi

Dodi Andreasia. 2016. Manajemen Emosional dan Kesombongan Intelektual. http://www.bukittinggikota.go.id/berita/manajemen-emosional-dan-kesombongan-intelektual. (diakses pada 6 Januari 2022). 

0 komentar:

Posting Komentar