7.1.22

PANTAI WIDODAREN SURGA TERPENCIL DI GUNUNGKIDUL

 

YANSES KALA’ IRI’

NIM: 19310410046

DOSEN: Dra. ARUNDITA SHINTA, MA.

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Indonesia merupakan salah satau negara yang memiliki banyak pulau dan pantai-pantai yang indah. Tidak dapat di pungkiri bahwa dengan banyaknya pulau dan pantai di indonesia menjadi daya Tarik tersendiri.  Oleh kareana itu, wisatawan banyak berkunjung ke titik-titik tertentu di indonesia hanya untuk menikmati keindahan pantai. Wisatawan bisanya berkunjung dengan alasan berlibur atau sekdear menghilangkan stress ataupun penat. Dilansir dari Journal Sociolla bahwa berlibur di pantai dapat menurunkan tingkat stres. Menurut penelitian yang dilakukan Baker Heart Research Institute di Melbourne mengungkapkan bahwa sinar matahari mampu mempengaruhi suasana hati dan membuat seseorang lebih Bahagia karena bisa menemukan ketenangan tersendiri.

Gunung kidul merupakan daerah yang teletak di Yogyakarta provinsi DIY merupakan salah satu daerah di indonesia yang memiliki banyak pantai. Salah satu pantainya yaitu pantai widodaren. Nama Pantai Widodaren diambil dari bahasa Jawa "widodari" yang berarti bidadari (Liburmulu.com). Pantai Widodaren merupakan salah satu pantai di Gunungkidul, Yogyakarta, yang keindahannya bak cuilan surga. Pantai di Yogyakarta ini disebut surga tersembunyi lantaran untuk menikmati Pantai Widodaren membutuhkan tenaga yang ekstra. Setelah menitipkan kendaraan, kamu harus melanjutkan trekking menit untuk tiba. Namun ketika sampai, semua lelah akan terbayar begitu melihat Pantai Widodaren yang sangat elok.

Pantai Widodaren memiliki garis pantai yang tidak terlalu luas, sehingga cukup mungil dibandingkan pantai lainnya. Namun, pasir pantainya begitu bersih dan alami. Pantai Widodaren bukanlah sebuah area pantai yang cukup landai, melainkan tersembunyi di bawah tebing. Saat gelombang pasang, air akan menutupi permukaan pantai. Kita juga dapat menikmati pemandangan dengan berada di atas bukit.  Pantai Widodaren adalah lanskap matahari terbenamnya yang sangat eksotis. Kita bisa menyaksikannya dari bibir pantai maupun atas bukit. Sudah jauh ke Pantai Widodaren, tak lengkap rasanya jika tidak berkemah di pantai ini. Selain membuat liburanmu semakin lengkap, momen ini juga akan jadi kenangan tidak terlupakan, Area rumput yang luas menjadi pilihan yang tepat untuk mendirikan tenda.  Saat Bangun tidur, bisa langsung menatap keindahan lautan biru yang luas.

Sisi psikologis foto ini adalah ombak di tepi pantai itu seperti halnya masalah hidup, dia akan datang tetapi pada saatnya pula dia juga akan pergi. Begitu juga masalah di dalam kehidupan setiap manusia tidak ada yang tidak mendapatkan masalah di dalam hidupnya, setiap manusia pasti pernah menerima masalah di dalam kehidupan, baik itu masalah yang kecil maupun yang besar sekalipun, tetapi setiap masalah yang datang pasti dengan sendirinya juga akan pergi begitu saja.

ombak laut juga melambangkan"Keikhlasan Karena jelas ombak laut akan selalu membasahi diri anda ketika anda berada di pantai, namun mereka tak pernah mengharapkan anda memberi imbalan apapun untuk semua perbuatannya, bahkan mereka tak pernah terpengaruh kepada perilaku anda yang kesal atas perbuatan mereka yang membuat anda basah kuyup sekujur tubuh. Itulah keikhlasan yang sebenarnya, tak mengharap imbalan dan tak terpengaruh oleh pujian ataupun cercaan. Jadi tetap semangat untuk kita semua yang saat ini sedang dilanda masalah di dalam hidup serta selalu belajar iklas dalam menghadapinya.


SUMBER:

https://journal.sociolla.com/lifestyle/manfaat-liburan-di-pantai-bagi-kesehatan (diakses 6 januari 2022)

https://liburmulu.com/cara-pergi-ke-pantai-widodaren-jogja/ (diakses 6 januari 2022)



0 komentar:

Posting Komentar