31.12.21

PERUBAHAN DIRI MENJADI LEBIH BERSIH DAN SEHAT DIMULAI DENGAN PLOGGING

 

Hosianna Ronauli Simbolon 19310410032

Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Pra-syarat Ujian Akhir Psikologi Inovasi. 

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah bentuk perwujudan orientasi hidup sehat dalam budaya perorangan, keluarga, dan masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan, memelihara, dan melindungi kesehatannya baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial. PHBS Perilaku hidup bersih dan sehat bertujuan memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, kelompok, keluarga, dengan membuka jalur komunikasi, informasi, dan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, serta perilaku sehingga masyarakat sadar, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat. Melalui PHBS diharapkan masyarakat dapat mengenali dan mengatasi masalah sendiri dan dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dengan menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatannya (Notoadmodjo S, 2007).

Manfaat PHBS secara umum adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mau dan mampu menjalankan hidup bersih dan sehat. Hal tersebut menjadi penting untuk dilakukan agar masyarakat sadar dan dapat mencegah serta mengantisipasi atau menanggulangi masalah-masalah kesehatan yang mungkin muncul. Selain itu, dengan menerapkan dan mempraktikan PHBS diharapkan masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup. Dalam implementasinya, kebermanfaatan PHBS ini dapat diterapkan di berbagai area, seperti sekolah, tempat kerja, rumah tangga, dan masyarakat.

Didalam penerapan pola hidup sehat hal yang bisa dilakukan yakni berolah-raga. Salah satu olahraga yang saya lakukan adalah jogging. Jogging termasuk dalam jenis lari namun dilakukan dengan langkah pendek dan tidak memerlukan tenaga ekstra. Jogging ini jenis lari yang tidak mengutamakan kecepatan, yang perlu dilakukan adalah berlari kecil dengan irama yang teratur. Jogging merupakan satu di antara pilihan olahraga yang mudah dan murah sehingga tak perlu mengeluarkan biasa terlalu mahal, misalnya seperti ke gym. Olahraga jogging bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa memandang usia. Gerakan lari ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga bisa selalu bugar dan terhindar dari beragam penyakit yang berbahaya. Manfaat jogging yang bisa didapatkan antara lain:

1. Berat Badan Ideal

2. Mengurangi Stres

3. Menjaga Kesehatan Tulang

4. Menyehatkan Jantung

5. Menjaga Kesehatan Lutut

Biasanya saat saya sedang jogging saya juga sempatkan untuk melakukan plogging. Jadi setelah saya lari beberapa putaran disekitar komplek rumah saya, saya akan menyempatkan diri untuk memungut sampah yang berserakan di sekitar lingkungan komplek saya ini. Plogging berasal dari Swedia, nama plogging berasal dari kata jogging dan sebuah istilah Swedia “plocka upp” yang artinya mengambil. Gabungan kedua kata ini kemudian menjadi konsep sederhana plogging, yaitu lari sambil memunguti sampah di sekitar. Digagas oleh ahli lingkungan Erik Ahlstrom, plogging berhasil membersihkan kota Stockholm di Swedia yang kala itu dinilai kotor dan mirip tempat pembuangan sampah. Dalam sejarahnya plogging mulai dikenal di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia sejak Februari 2018.

untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat saja, ternyata plogging ini memiliki berbagai manfaat, yakni:

1)      efektif membakar kalori

Plogging jadi pilihan tepat yang ingin membakar kalori. melakukan plogging selama 30 menit saja mampu membakar kalori hingga 288 kalori. Lebih besar dari jogging yang biasanya membakar hingga 235 kalori.

2)      Mengencangkan otot

Olahraga ini juga bisa mengencangkan otot, karena saat memungut sampah kamu akan berjongkok yang menyerupai gerakan squat. Kombinasi gerakan ini mampu melatih denyut dan kinerja jantung, serta membentuk otot bokong dan paha. Satu lagi keunggulan dari plogging, olahraga ini dapat disesuaikan dengan kemampuan fisik masing-masing orang.

3)      Lingkungan lebih bersih

Manfaat plogging lainnya yang akan membuat lebih semangat adalah misi sosial di dalamnya, yaitu membersihkan lingkungan dari sampah. Bisa dibayangkan jika lingkungan bersih dari sampah Tidak ada lagi bau menyengat, lingkungan lebih bersih, dan udara yang lebih segar.

Setelah beberapa minggu saya memulai perubahan diri kearah yang lebih baik seperti sekarang saya sangat mendapatkan banyak manfaat. Saya sudah bangun lebih pagi dari sebelumnya. Dan badan saya juga terasa lebih bugar dan sehat setelah rutin berolah raga seperti sekarang. Saya sempat berhenti berolah-raga beberapa saat, dan badan saya malah terasa tidak enak, otot saya terasa kurang nyaman, dan sangat terasa tidak nyaman apabila saya ingin tidur. Itulah sebabnya sampai saat ini saya masih terus rutin berolah raga sambil plogging. Suka duka saya dalam melakukan kegiatan perubahan diri ini adalah di awal-awal saya melakukan kegiatan ini badan saya sangat sakit dan untuk keesokan harinya saya jadi susah melakukan banyak pekerjaan karena kaki saya rasanya sakit sekali hingga membuat saya berjalan sedikit pincang. yang akhirnya membuat saya menjadi malas untuk melakukannya lagi di keesokan harinya. namun setelah sedikit mendingan akhirnya saya memutuskan untuk memulai kembali kegiatan perubahan diri ini. sebelum saya melakukan kegiatan ini, badan saya rasanya selalu lemas kurang semangat menjalani hari dan tidak sebugar seperti sekarang. 

Sesudah saya rutin melakukan kegiatan ini, badan saya mulai kuat, sudah terbentuk otot dikaki dan paha saya, jantung saya juga terasa lebih sehat, dan saya senang dan bangga apabila berkeringat saat berolahraga. Saya merasa ada kepuasaan tersendiri disaat saya melakukan kegiatan plogging ini, karena dampak yang langsung terlihat jelas juga adalah lingkungan komplek saya menjadi sangat bersih.dan bebas dari sampah yang berserakan. Melalui kegiatan yang sudah saya mulai ini, saya ingin mengajak teman-teman yang dimanapun berada untuk memulai melakukan perubahan diri seperti saya, selain dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, bagi teman-teman yang ingin menjaga bentuk dan berat badan agar menjadi ideal, langkah pertama adalah dengan rajin berolah raga. Taklupa juga untuk tetap ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, agar kita semua terhindar dari penyakit dan lingungan menjadi lebih bersih, indah dan asri.

Berikut beberapa foto yang saya ambil dalam 8 kali berturut-turut melakukan kegiatan plogging ini:

 



Daftar Pustaka

http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/3727/4/CHAPTER%202.pdf

https://www.buddies.co.id/plogging-tren-olahraga-lari-yang-eco-friendly/

https://kemensos.go.id/uploads/topics/15863905705284.pdf

0 komentar:

Posting Komentar