31.12.21

MARI MERUBAH DIRI DENGAN MULAI HIDUP SEHAT BEROLAHRAGA

 MARI MERUBAH DIRI DENGAN MULAI HIDUP SEHAT BEROLAHRAGA 

KEGIATAN POSITIF

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Phrahasti Sito Resmi 19310410038

Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta, MA


 

Perubahan diri merupakan perubahan yang terjadi dalam diri seseorang yang berbeda dari diri dia yang sebelumnya. Perubahan diri itu merubah hal yang tidak bik menjadi baik, contohnya merubah diri yang awalnya tidak hidup sehat dan mulai merubah menjalankan hidup sehat. Perubahan diri tidak dapat dilakukan karena paksaan dari orang lain karena jika dilakukan karena paksaan dari orang lain perubahan diri itu tidak akan lama berbeda dengan merubah diri dimulai dengan diri sendiri dan keinginan diri sendiri hal itu akan dilakukan terus menerus dan mulai rutin dan semangat melakukannya. Mengapa perubahan diri dimulai dari diri sendiri karena tidk semua individu mengenal dirinya sendiri dengan baik sehigga sangat sulit untuk melakukan suatu hal perubahan dalam dirinya dan bagaimana hasilnya setelah melakukan perubahan diri karena hal  itu  perubahan diri dimulai dari mengenal diri sendiri.

Membahas tentang merubah diri aku melakukan perubahan diri dengan rajin berolahraga di sore hari, dulu aku sangat malas dengan berolahraga dan akhirnya setelah melakukan berkegiatan positif dengan melakukan olahraga lari disetiap sore hari. Kenapa memilih untuk melakukan berkegiatan positif dengan olahraga lari? Karena saya ingin mempunyai badan yang ideal jadi saya melakukan olahraga dan diet, dietnya tidak terlalu yang ekstrim-ekstrim saya diet mengurangi makan nasi dan lebih banyak makan sayur dan buah-buahan dan rajin berolahraga. Ada banyak macam olahraga kenapa saya lebih memilih olahraga lari di sore hari lagi, karena lari di sore hari itu sangat membantu untuk menurunkan badan dan banyak manfaatnya.


Menurut Ahli Gizi Natalie Rizzo mengatakan bahwa lari adalah cara efektif untuk menurunkan berat badan karena bisa membakar kalori dengan cepat, jumlah kalori yang dibakar saat lari itu bervariasi tergantung intensitas dan durasi olahraga. Agar lebih efektiif lagi rutinitas lari perlu digabungkan dengan penerapan pola makan yang sehat agar seimbang. Maka dari itu saya memilih untuk berkegiatan positif dengan berolahraga lari sekaligus untuk merubah diri saya menjadi lebih sehat lagi, karena tujuan saya untuk menurunkan berat badan saya memilih berolahraga pada sore hari. Kenapa begitu ? karena menurut melansir bahwa berolahraga pada sore hari atau pada saat malam hari itu lebih efektif dalam membantu menurunkan berat badan daripada berolaraga di pagi hari. Menurut American Council on Exercise mengatakan bahwa tingkat kinerja tubuh itu lebih baik pada sore hari atau malam hari karena otot tertekuk dan mulai hangat. Selain itu tingkat pengarahan tenaga juga lebih rendah sehingga kekuatan tubuh lebih rendah sehingga kekuatan tubuh lebih optimal, detak jantung, dan tekanan darah tetap terkendali. Olahraga lari paling baik dilakukan pada waktu pukul 4 sampai 5 sore karena suhu inti tubuh sedang mencapai puncaknya pada saat sore hari. Peran olahraga dalam mencegah timbunan kalori juga sangat penting. Lari sore mencegah tubuh menimbun kalori berlebihan, saat lari sore tubuh akan mengambil kalori dalam tubuh dan menguahnya menjadi energy. Lari sore tidak hanya menurunkan badan dengan cepat tetapi juga bisa membantu untuk menambah tinggi badan karena lari bisa membantu memperkuat bagian kaki mampu menstimulus pertumbuhan tulang.

Saat saya melakukan kegiatan positif berolahraga saya tidak hanya melakukan lari saja melainkan juga melakukan Plogging (lari sambil memungut sampah). Banyak orang sekarang yang kurang peduli dengan lingkungannya buktinya masih banyak yang membuang sampah sembarangan padahal sudah disediakan tempat sampah tetapi manusia lebih mengabaikan itu dan lebih memilih membuang samppah sembarangan dan semaunya sendiri. Saat saya sedang melakukan lari di sore hari banyak sampah dilingkungan sekitar tempat saya lari maka dengan itu saya lari sambil memungut sampah yang ada kebanyakan sampahnya itu sampah plastic wadah jajanan. Malu lari sambil memungut sampah? Tidak, karena saya peduli dengan lingkungan saya maka dari itu saya biasa saja waktu lari sambil memungut sampah meskipun banyak yang ngeliatin tapi saya cuek saja karena yang saya lakukan itu kegiatan yang positif dan tiidak merugikan orang lain jadi tidak usah malu dan bersikap bodo amatlah sam orang tapi jangan bersikap bodo amat sama lingkungan disekitarmu mari menjaga dan melestarikan lingkungan.

Lari sore karena dilakukan seteah melakukan selepas rutinitas tubuh relatiif sudah lebih siap untuk diajak berolahraga. Lari sore juga bisa dilakukan tanpa harus melakukan pemanasan secara intens sehingga manfaat lari sore sebagai berikut.

1.    1.   Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat lari sore yaitu tubuh akan terasa lebih segar, peredaran darah juga menjadi lebih lancar saraf-saraf yang tadinya tegang pun jadi lebih rileks. Jika mempunyai ganguan tidur lari sore bsa menjadi salah satu opsi untuk mengatasinya karena meningkatkan kualitas tidur dan membantu tidur lebih nyenyak.

2.     2.  Membantu Melepas Stress

Lari sore merupakan sebuah aktivitas olahraga yang menjadi salah satu sarana untk menghibur diri atau Refreshing.

3.     3.  Membakar Kalori

Cara menurunkan berat badan adalah dengan memperbaiki gaya hidup yaitu dengan makan sehat dan berolahraga.lari sore membantu mencegah menimbun kalori berlebih. Lari sore membakar kalori sangat tinggi. Kalori dari makanan yag dikonsumsi pada waktu pagi dan siang hari akan dibakar diwaktu sore. Jika dilakukan secara rutin tdak ada kalori berlebih yang ditimbun menjadi lemak.

4.     4.  Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang lebih baik juga termasuk salah satu manfaat olahraga lari sore yag bisa kamu dapat. Saat kualitas tidur menigkat, stress lebih terkendali dan tibunan kalori berlebihan disa dihindari semua itu akan berdampak dalam kualitas hidup.

0 komentar:

Posting Komentar