31.12.21

LAKUKAN CARA UNTUK MENJADI PRIBADI YANG PRODUKTIF DENGAN KEGIATAN PLOGGING

 

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI INOVASI

Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
 
Lidya Aritonang (19310410033)

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Menurut Heri Gunawan: “Pengembangan diri adalah kegiatan konseling dan ekstrakulikuler yang bertujuan untuk memberikan kesempatan peserta di dik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan potensi, kebutuhan, bakat dan minat, serta karakteristik peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah”.
 
Tujuan pengembangan diri adalah memaksimalkan segala potensi yang ada di dalam diri kita, sehingga kita dapat menjadi pribadi yang luar biasa dan mampu bertahan dengan segala perubahan zaman yang datang silih berganti. Dengan kata lain, kita selalu menjadi individu yang unggul, tidak peduli rintangan apapun yang datang ke dalam hidup kita, tetap bertahan dan unggul akan menjadi kelebihan kita. Salah satu contoh pengembangan diri yang paling sering kita dengar adalah mengenali tujuan hidup kita dengan baik. 
 
 Namun, sering sekali dalam diri kita munculnya rasa malas yang mnjadi penghambat rasa ingin untuk bergerak  menjadi manusia yang produktif. Dan tentu saja itu sangat merugikan diri sendiri, bahkan keluarga dan sekitar .

Dengan begitu, ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam diri dan ditanam secara bertahap.

  1. Mengenal Diri Sendiri.
  2. Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Diri.
  3. Open Minded Terhadap Saran dan Kritik.
  4. Tidak Takut Mencoba Hal Baru.
  5. Terapkan Kebiasaan Baik.   
Oleh karena itu, Point nomor 5 mendorong kita untuk menjadi pribadi yang produktif. Dan hal yang mudah yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari hari yaitu denga melakukan kegiatan PLOGGING.

Kegiatan ini sangat saya tekuni dalam beberapa hari belakangan ini dan hal ini membuat dampak yang luar biasa dalam kehidupan saya sendiri.

Kegiatan ini baru berlangsung dalam 5 hari terakhir. Kegiatan yang saya lakukan adalah saya melakukan kegiatan saya yang mudah namun berdampak hebat yaitu saya memilih untuk melakukan jalan kaki santai dipagi hari didaerah kediaman saya sambil memungut sampah yang saya temukan di hadapan saya dan saya juga melakukan sebuah kegiatan dalam hari itu seperti mencabut rumput liar yang tuumbuh di halaman kediaman saya. Dan sebuah kesempatan saya dapat mengajak teman satu tempat tinggal saya untuk melakukan jogging bersama di pagi hari.

Dari kegiatan yang saya lakukan selain membasmi kalori dalam tubuh saya dan tentunya menyehatkan diri saya sendiri saya dapat membantu menciptakan lingkungan yang bersih dan tentunya akan menyehatkan lingkungan saya sendiri.

Selain itu, saya melakukan hal yang lain yang tentunya menyehatkan tubuh saya seperti saya memasak makanan yang saya sukai. Selain menghemat uang kantong saya dapat menjamin kehigenisan makanan yang masuk kedalam tubuh saya.
Lalu bagaimana dengan anda? Tertarik untuk menciptakan sebuah perubahan.
 
 








DAFTAR PUSTAKA :
 
Dee, D. 6 RAHASIA MENJADI PRIBADI PRODUKTIF TANPA RASA MALAS (Vol. 22). Araska Publisher.

 

 


0 komentar:

Posting Komentar