30.12.21

MENJAGA TUBUH AGAR TETAP IDEAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (MEMUNGUT SAMPAH)

 

MENJAGA TUBUH AGAR TETAP IDEAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (MEMUNGUT SAMPAH)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Pra-syarat Ujian Akhir Psikologi Inovasi.

 

 


 

 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Ahmad Prasetiyo / 19310410029

 

Setiap orang pasti akan berusaha untuk mendapatkan badan yang ideal. Berbagai cara  mereka akan lakukan agar target tubuh ideal yang mereka inginkan bisa tercapai. Orang yang merasa dirinya gemuk atau yang dianggap gemuk oleh masyarakat di sekitarnya, bisa jadi akan dianggap normal atau bahkan terlalu kurus bagi kelompok masyarakat yang lain. Masing-masing individu, baik secara sadar maupun tidak, berkeinginan untuk memenuhi standar-standar tubuh ideal yang berlaku dalam lingkungan sosial dan budayanya (Kulick dan Meneley, 2004). Tubuh menjadi simbol utama diri, sekaligus masyarakat (Synnott, 2003).

Salah satu cara yang mudah untuk menjaga badan agar tetap ideal adalah dengan berolahraga. Olahraga adalah  serangkaian  gerak  raga yang  teratur  dan  terencana  untuk  memelihara gerak (mempertahankan hidup) dan meningkatkan kemampuan gerak (meningkatkan kualitas  hidup).  Seperti  halnya  makan, olahraga merupakan    kebutuhan    hidup    yang    sifatnya periodik   artinya   olahraga   sebagai   alat   untuk memelihara dan membina kesehatan, tidak dapat ditinggalkan.  Olahraga  merupakan  alat  untuk merangsang   pertumbuhan   dan   perkembangan jasmani,  rohani  dan  sosial.  Struktur  anatomis-anthropometris dan fungsi fisiologisnya, stabilitas emosional dan kecerdasan intelektualnya maupun kemampuannya bersosialisasi  dengan  lingkungannya  nyata  lebih unggul  pada  siswa-siswa  yang  aktif  mengikuti kegiatan  Penjas-Or  dari  pada  siswa-siswa  yang tidak  aktif  mengikuti  Penjas-Or.  (Renstrom  & Roux  1988,  dalam  A.S.Watson  :  Children  in Sport  dalam  Bloomfield,J,  Fricker P.A.  and Fitch,K.D., 1992).

Saya adalah salah satu orang yang menginginkan agar tubuh yang saya miliki dapat ideal. Cara saya untuk menjaga dan membuat tubuh saya agar tetap ideal adalah dengan berolahrga. Berbagai macam olahraga saya lakukan. Seperti berlari, berenang, pull up, sit up, push up, bermain sepatu roda, naik turun tangga dan masih banyak lagi jenis olahraga yang saya lakukan. Saya adalah tipikal orang yang mecari olahraga yang murah, mudah dan praktis serta dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Biasanya saya melakukan kegiatan olahraga di lapangan terbuka. Kalau di tempat saya di Lapangan Minggiran. Olahraga ini sering saya lakukan guna untuk mencapai tujuan saya.
























Saya berolahraga minimal 3x dalam seminggu. Terkadang saat olahraga, saya bisa dapat kenalan atau teman baru yang bisa barengan dalam berolahraga. Tetapi kerap sekali saya itu sendiri kalau berolahraga. Saya ambil waktu sehabis sholat subuh kalau mau olahraga. Karena habis sholat subuh itulah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga bagi saya. Setiap akan melakukan olahraga, saya pasti melakukan pemanasan agar otot di tubuh saya tidak kaget. Selain berolahraga, aktivitas lain yang saya lakukan adalah memungut sampah di sekitar area yang menjadi tempat saya berolahraga. Terkadang sampah-sampah itu menganggu pemandangan saya dan membuat saya tidak nyaman ketika beraktivitas. Saya biasanya mengumpulkan sampah-sampah itu terlebih dahulu. Setelah semua terkumpul baru saya akan buang ke tempat sampah. Ada juga sampah botol plastik, untuk sampah botol plastik itu biasanya saya bawa pulang untuk dijual kemudian hari. 








Saya merasa senang bisa melakukan aktivitas olahraga disertai dengan aktivitas memungut sampah. Selain saya mencintai diri saya sendiri, saya juga cinta akan lingkungan. Dengan keadaan lingkungan yang bersih, tentu hal ini menyebabkan saya sebagai pemakai lingkungan tersebut merasa nyaman dan enak di pandang. Terkadang memang kita tidak bisa menyalahkan orang lain akan lingkungan yang kotor. Hanya saja perlunya kesadaran diri untuk bisa saling menjaga, merawat dan membersihkan lingkungan tersebut. Lingkungan yang bersih tentu dapat membuat kita sehat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah link video di YouTube saya https://youtu.be/N5S1mtvVvE0

 

Daftar Pustaka

Kulick, Don dan Anne Meneley. (2004). Fat: The Anthropology of An Obsession. New York: Penguin Group.

Renstrom dan Roux 1988. Dalam : A.S.Watson : Children in Sport dalam
Bloomfield,J, Fricker P.A. and Fitch,K.D., 1992. Tersedia:
https://journals.co.za/content/ajpherd/15/2/EJC19574

Synnott, Anthony. (2003). Tubuh Sosial: Simbolisme, Diri, dan Masyarakat. Bandung: Jalasutra.

 





0 komentar:

Posting Komentar