30.12.21

JAGA KEBUGARAN SAMBIL MEMUNGUT SAMPAH LINGKUNGAN (TREN PLOGGING)

TULISAN UNTUK PRA-SYARAT UJIAN AKHIR 

PSIKOLOGI INOVASI (8x KEGIATAN POSITIF)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Rifdah Nur Aqilah (19310410061) / Kelas A

Mata Kuliah : Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.


Di masa pandemi Covid19, kita harus menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh. Menjaga kesehatan tubuh itu erat kaitannya dengan memelihara kebugaran jasmani, karena dengan menjaga kebugaran jasmani kita akan terhindar dari berbagai penyakit baik yang menular ataupun tidak menular. Selain itu, kebugaran jasmani juga bisa berpengaruh pada sistem kekebalan imun kita. Kebugaran jasmani adalah suatu kebutuhan yang harus kita penuhi agar tubuh kita dapat melakukan banyak aktivitas dengan baik, sehingga dapat dikatakan sebagai bentuk kemampuan fisik seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahan yang berlebihan dan masih memiliki cadangan energi (Gramedia.com, 2021).

Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan selama masa pandemi ini, salah satunya adalah plogging. Plogging merupakan tren olahraga ramah lingkungan dari Swedia yang mampu membuat kita tetap sehat dan bugar sekaligus menjaga lingkungan agar tetap bersih. Plogging adalah kombinasi dari jogging dengan “plocka upp” (istilah dari penduduk Swedia pada tahun 2016). “Plocka upp” berarti mengambil, menyapu dunia dan jalanan sampai bersih dari sampah” (kompas.com, 2018).


Plogging termasuk dalam jenis olahraga yang simple dan sederhana. Alih-alih jogging sambil memungut sampah di jalanan atau sekitarnya. Setelah sampah terkumpul, sampah dibuang ke tempat sampah. Plogging bisa menjadi salah satu motivasi untuk mengubah diri menjadi lebih baik, misalnya dari yang awalnya kurang peduli lingkungan, dengan plogging kita bisa lebih peduli dengan kebersihan sekitar. Oleh karena itu, saya termotivasi untuk melakukan plogging karena plogging ini ada value yang bermanfaat yaitu menjadikan saya tetap menjaga kebugaran tubuh dan lebih peduli dengan kebersihan lingkungan.

Dalam kegiatan perubahan diri ini, saya melakukan plogging sebanyak 8 kali yang dilakukan seminggu sekali secara rutin. Kegiatan plogging ini saya lakukan di daerah Condong Catur tepatnya di lingkungan sekitar asrama tempat saya tinggal dengan rute yang bervariasi. Ternyata, masyarakat lingkungan sekitar asrama saya masih kurang peduli akan kebersihan lingkungan, masih banyak sampah plastik dan masker bekas yang berserakan di jalanan. Berikut ini hasil dokumentasi dari kegiatan plogging yang telah saya lakukan:

Plogging Pekan ke-1

Plogging Pekan ke-2

Plogging Pekan ke-3

Plogging Pekan ke-4

Plogging Pekan ke-5

Plogging Pekan ke-6

Plogging Pekan ke-7

Plogging Pekan ke-8

Alasan saya melakukan plogging ini karena saya termasuk orang yang jarang berolahraga. Selama melakukan plogging tentu ada suka dukanya. Dukanya adalah ketika saya sedang plogging, banyak penduduk sekitar yang heran melihat aksi plogging (lari-lari sambil memungut sampah). Selain itu, masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan di jalanan. Adapun sukanya dalam plogging adalah saya bisa memberikan dampak positif bagi diri saya salah satunya mengubah kebiasaan saya yang malas olahraga menjadi rajin olahraga. Di samping itu, saya juga bisa mendapatkan nilai tambah yaitu plogging sehingga saya bisa berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Setelah saya melakukan plogging, saya merasa puas ketika melihat lingkungan yang bersih dan bebas sampah, karena lingkungan yang bersih itu tampak sejuk dan indah dipandang. Setelah kegiatan 8x perubahan diri ini, saya ingin tetap melanjutkan kegiatan plogging ini agar apa yang saya lakukan bukan hanya memberi manfaat bagi diri saya sendiri, tapi juga bisa dirasakan oleh lingkungan sekitar. 

 

Referensi:

Gramedia.com. (2021). Pengertian Kebugaran Jasmani: Unsur, Bentuk, dan Manfaat. Diakses pada 29 Desember 2021, dari https://www.gramedia.com/literasi/kebugaran-jasmani/

Kompas.com. (2018, 29 Maret). Plogging, Tren Olahraga dari Swedia untuk Selamatkan Bumi. Diakses pada 29 Desember 2021, dari https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/29/081430720/plogging-tren-olahraga-dari-swedia-untuk-selamatkan-bumi

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar