3.12.21

BIDIK BEASISWA 10.000 HABIBIE

 TUGAS PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Imelta Indriyani Alfiah/ 19310410062

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Mencari berbagai peluang beasiswa yang ada menjadi salah satu alternatif saya sebagai mahasiswa dari kalangan keluarga ekonomi menengah kebawah dalam upaya meringankan beban biaya kuliah maupun biaya hidup yang harus ditanggung. Kesempatan yang tidak boleh disia-siakan jika memang memungkinkan dan masuk dalam kategori yang disyaratkan dalam event beasiswa yang diadakan. Mencoba adalah hal pertama yang harus dilakukan jika ingin berhasil, jadi sebagai mahasiswa yang kreatif dan inovatif, menurut saya penting bagi kita aktif dalam upaya mencari berbagai informasi beasiswa yang diadakan oleh berbagai pihak. Selain berpeluang mendapat bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup, menjadi pemburu beasiswa juga menjadikan kita terasah dalam menyampaikan substansi diri serta berpengalaman dan mendapat banyak relasi juga dari sesama pencari beasiswa untuk dapat bertukar informasi dan pengalaman.

Salah satu beasiswa yang belum lama penulis ikuti adalah beasiswa 10.000 Habibie. Ada bantuan untuk pelajar dan mahasiswa, jika menjadi pendaftar terpilih pada Beasiswa 10.000 Habibie. Untuk bisa mendapatkan beasiswa 10.000 Habibie ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni membuat twiboon tentang program ini dan mengunggah poster terkait pelaksanaan program di akun instagram pribadi, serta mengisi form substansi diri sebagai poin penilaian.Pendaftaran beasiswa 10.000 Habibie dilakukan online dan dibuka hingga 20 November 2021. Beasiswa 10.000 Habibie ini dibuka untuk siswa SMA/Sederajat dan mahasiswa D1, D2, D3 dan SI di seluruh Indonesia.

Jika lolos, penerima beasiswa 10.000 Habibie berhak mendapat bantuan pendidikan sebesar Rp500.000/orang untuk kategori Siswa dan Rp1.000.000/orang untuk kategori Mahasiswa. Selain itu penerima beasiswa juga berkesempatan mendapat Golden Ticket untuk terlibat dalam kegiatan atau program Nasional dan Internasional dari Beasiswa 10.000. Penerima beasiswa juga akan mendapat sertifikat "Penerima Beasiswa Tingkat Nasional" oleh Beasiswa 10.000 dan berkesempatan menjadi bagian dari member pusat beasiswa 10.000 hingga mendapat Tiket VIP untuk mengikuti EDUVEX 2021.

Informasi mendadak yang penulis dapatkan tidak membuat surut semangat, justru membuat saya bergerak cepat dalam menyelesaikan segala persyaratan sebagai seleksi awal program. Hanya saja buku panduan yang saya peroleh kurang dapat memberikan informasi lengkap terkait kejelasan program sehingga informasi simpang siur pun juga bermunculan. Namun  demikian seleksi ketat dari ribuan pendaftar menjadi bukti bahwa banyak pelajar dan mahasiswa yang antusias mengikuti program beasiswa 10.000 Habibie ini.

0 komentar:

Posting Komentar