3.12.21

BERKOMPETISI DI AJANG PORSENI PNF KABUPATEN GUNUNGKIDUL 2021

 TUGAS PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Imelta Indriyani Alfiah/ 19310410062

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Pendidikan Non Formal (PNF) Kabupaten Gunungkidul 2021 dilaksanakan pada Selasa, 30 November 2021. Event tahunan yang diselenggarakan Bidang Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul ini berlangsung di Kompleks Gedung Kesenian Wonosari. Kegiatan Porseni PNF Kabupaten Gunungkidul 2021 kali ini diikuti sekitar 150 peserta yang terdiri dari pendidik dan pengelola PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), kursus, taman bacaan masyarakat, keaksaaraan fungsional dan kesetaraan yang berasal dari 18 kecamatan se Gunungkidul.

Porseni PNF ini merupakan salah satu event bagi PTK dan peserta didik PNF se Kabupaten Gunungkidul untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga dan seni. Kegiatan seni di sini salah satunya adalah dalam rangka melestarikan kesenian asli Gunungkidul. Porseni ini juga merupakan ajang untuk bersilaturahmi dan saling bertukar informasi serta pengalaman peserta yang berasal dari kecamatan. Kedepan, Porseni PNF yang selama ini diadakan di Wonosari akan diupayakan pelaksanaannya secara bergantian di kecamatan.

Cabang olahraga yang dipertandingkan diataranya tenis meja (putra dan putri) serta senam kreasi daerah. Sementara untuk cabang seni dilaksanakan PNF Idol untuk tutor dan peserta didik. Adapun lomba pameran stand produk unggulan masing-masing PKBM juga dilaksanakan.

Penulis sebagai salah satu tutor pendidikan keaksaraan fungsional untuk lansia buta aksara sekaligus tutor pendidikan kesetaraan paket B dan C setara SMP-SMA mengikuti ajang lomba pameran produk unggulan PKBM bersama dengan dua orang rekan mengajar penulis yakni Yusria Ilham Firdaus dan Rahmawati Sawening, dimana pada kegiatan ini kami mengkreasikan produk-produk unggulan yang dibuat oleh warga belajar dan tutor PKBM Handayani Kecamatan Patuk untuk dipamerkan dalam event Porseni PNF Kabupaten Gunungkidul 2021 dan berhasil mendapatkan juara harapan I. Harapannya kegiatan ini kedepan akan semakin meningkatkan motivasi dan kreatifitas pengajar dan peserta didik untuk bisa mewujudkan sumber daya manusia kabupaten Gnungkidul yang unggul dan berdaya saing.

0 komentar:

Posting Komentar