3.12.21

PELUANG PROGRAM BEASISWA DESAMIND 2.0

TUGAS PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Imelta Indriyani Alfiah/ 19310410062

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Setelah kurang lebih 1 tahun berlalu, kini Beasiswa Desamind hadir lagi. Beasiswa ini merupakan kali kedua dari Beasiswa Desamind, yaitu Beasiswa Desamind 2.0. Beasiswa Desamind mengajak para mahasiswa PTN/PTS di seluruh Indonesia yang ingin berkontribusi bagi masyarakat desa dengan menjadi awardee Beasiswa Desamind 2.0.

Desamind 2.0 adalah sebuah program beasiswa yang diberikan oleh organisasi Desamind Foundation Indonesia. Desamind sendiri adalah sebuah organisasi non profit yang memiliki tujuan untuk menjadi partner masyarakat desa dalam memajukan desa di bidang pendidikan dan sosial serta menciptakan masyarakat maju yang mampu bersaing. Beasiswa Desamind 2.0 ini ditujukan khusus untuk seluruh pemuda yang berasal dari desa-desa di Indonesia yang ingin berkontribusi dalam pembangunan desa. 

Cakupan dari beasiswa ini sendiri meliputi uang saku selama satu tahun, dana untuk program pengabdian, mengikuti program Desamind Leadership Camp, berkesempatan mengikuti kelas self-improvement, mendapat pendampingan program pengabdian desa dan mendapat kesempatan untuk kolaborasi dengan program unggulan Desamind. 

Persyaratan umum dari program beasiswa ini adalah peserta berasal dari seluruh desa di Indonesia, merupakan mahasiswa S1 atau D4 aktif yang sedang menempuh perkuliahan di semester 3 atau 5 di seluruh universitas negeri atau swasta di Indonesia, mendapat IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal 3.00 dari skala 4.00, mengikuti kegiatan di dalam maupun luar kampus secara aktif, menciptakan sebuah Grand Design kegiatan pengabdian ke desa yang bertema “Peran Aktif Pemuda Desa untuk Pembangunan Desa”, dan bukan merupakan anggota atau pengurus Desamind pusat (Executive of Desamind) ketika mendaftar beasiswa.

Persyaratan berkas (dokumen) diantaranya pas foto terbaru berukuran 3X4, salinan KTP, salinan KTM, transkrip nilai KHS, surat keterangan aktif mengikuti organisasi , sertifikat kepanitiaan, sertifikat prestasi, dan juga tak lupa mengunggah deskripsi tentang Grand Design yang diajukan. Adapun timeline pendaftarannya adalah 30 September 2021, seleksi administrasi dan substansi diri pada 1-8 Oktober 2021, kemudian pengumuman seleksi administrasi dan substansi diri pada 9 Oktober 2021, pembuatan PPT materi program pengabdian pada 9 Oktober – 7 November 2021, pengumpulan proposal dan PPT pada 7 November 2021, wawancara dan presentasi grand design pada 11-23 November 2021, dan tahap terakhir yakni pengumuman final dilaksanakan pada 30 November 2021.

Motivasi saya mengikuti program ini sejalan dengan tujuan desamind yakni menjadi partner masyarakat desa dalam memajukan desa di bidang pendidikan dan sosial serta menciptakan masyarakat maju yang mampu bersaing. Serangkaian tahapan yang panjang cukup melelahkan namun semakin membangkitkan semangat saya untuk memperjuangkan pembangunan desa. Mari bersama-sama melakukan kontribusi nyata untuk desa. Karena Indonesia tidak akan besar karena obor di Jakarta, tetapi Indonesia akan bercahaya karena Lilin-lilin di desa (Bung Hatta).

0 komentar:

Posting Komentar