12.11.21

YUKK SAMA-SAMA MENJAGA KESEHATAN MENTAL

 Tulisan ini dibuat untuk memenuhi Ujian Mid Psikologi Inovasi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

 

Nama: Exwati Miatari/19310410030 (A)

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA

Kesehatan mental adalah suatu hal yang sudah tidak asing lagi terdengar untuk individu pada umumnya. Pengertian kesehatan menurut WHO ialah memandang bahwa kesehatan secara positif dan menghargai peran sentral dari aspek mental dan sosial. Sedangkan kesehatan mental Menurut WHO, merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stress kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan di komunitasnya.

Kesehatan mental merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan layaknya kesehatan fisik. Karena kondisi kesehatan mental yang stabil akan saling mempengaruhi adanya kesehatan fisik. Namun dari adanya hal tersebut masih saja terdapat individu yang mengalami gangguan kesehatan mental dikarenakan adanya tuntutan terhadap lingkungannya, yang berdampak pada stress dan menyebabkan adanya gangguan pada kesehatan mental. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mental:

1.      Menjalin hubungan dengan orang lain

Terhubung dengan orang lain dapat meningkatkan adanya tingkat kepercayaan dalam diri kita dan juga meningkatkan rasa harga diri. Selain itu dengan kita menjalin hubungan dengan orang lain juga dapat memberikan kesempatan berbagi pengalaman positif dalam diri kita.

2.      Tetap aktif kegiatan

Dengan kita tetap aktif melakukan legiatan maka akan mengurangi adanya stress, depresi, serta kecemasan. Karena selain kita aktif dalam menjalankan kegiatan, pikiran kita tidak kosong begitu saja. Dengan banyak melakukan kegiatan-kegiatan dibandingkan hanya berdiam diri dapat memicu adanya stress dan juga pikiran-pikiran negative.

3.      Belajar mengendalikan stress

Saat kita bisa belajar untuk mengendalikan stress dalam diri kita maka dapat menghindari adanya risiko penyakit, menurunkan adanya kecemasan, mencegah adanya penuaan dalam diri, serta dapat meningkatkan adanya pribadi yang tangguh dan menghindari dari adanya hal-hal negatif.

4.      Makan makanan yang sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga merupakan bagian dari adanya menjaga kehatan mental bukan hanya menjaga asupan dalam tubuh. Hal ini salah satunya disebabkan adanya karbohidrat berguna untuk meningkatkan hormon yang membangun suasanya hati agar lebih positif.

5.      Waktu tidur yang cukup

Kurangnya waktu tidur dapat menimbulkan dampak kesehatan mental, karena adanya suasana hati yang buruk serta kurangnya waktu tidur dapat menimbulkan individu mudah untuk mengeluarkan amarah dan kurang baik untuk kesehatan.

6.      Temukan tujuan dan makna hidup

Dalam penentuan tujuan hidup tentunya sangat berpengaruh dengan adanya kesehatan hidup. Adanya tujuan hidup maka juga akan membuat individu selalu berpikir positif dan selalu berusaha untuk mewujudkan apa yang ia inginkan tersebut.

Dari beberapa cara tersebut tentu saja dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk untuk meningkatkan adnaya kesehatan mental terhadap individu. Karena, individu yang memiliki mental yang sehat adalah individu yang dapat menahan diri untuk tidak jatuh sakit akibat stressor (sumber stress).

DAFTAR PUSTAKA:

Adisty Wismani Putri, B. W. (2015). KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT INDONESIA (PENGETAHUAN,DAN KETERBUKAAN MASYARAKAT TERHADAP GANGGUAN KESEHATAN MENTAL). Jurnal PROSIDING KS: RISET & PKM Vol.2 (2), 147 - 300.

Heri D. J. Maulana, S. M. (2009). Promosi Kesehatan Mental. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

0 komentar:

Posting Komentar