12.11.21

Membangun Sinergi Mewujudkan Kehidupan Sehat

 

Ujian Tengah Semester Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

Sekar Pramesthi Armindariani/19310410072/Kelas B

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 

 


Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting bagi manusia sama halnya seperti kesehatan fisik pada umumnya. Dengan sehatnya mental seseorang maka aspek kehidupan yang lain dalam dirinya akan bekerja secara lebih maksimal. Kondisi mental yang sehat tidak dapat terlepas dari kondisi kesehatan fisik yang baik. Pieper dan Uden (2006) mengatakan bahwa kesehatan mental adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mengalami perasaan bersalah terhadap dirinya sendiri, memiliki estimasi yang realistis terhadap dirinya sendiri dan dapat menerima kekurangan dan kelemahannya, kemampuan menghadapi masalah-masalah dalam hidupnya, memiliki kepuasan dalam kehidupan sosialnya serta memiliki kebahagiaan dalam hidupnya.

Selain itu, World Health Organization (WHO, 2001), menyatakan bahwa kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya. Kesehatan mental yang baik untuk individu merupakan kondisi dimana individu terbebas dari segala jenis gangguan jiwa, dan kondisi dimana individu dapat berfungsi secara normal dalam menjalankan hidupnya khususnya dalam menyesuaikan diri untuk menghadapi masalah-masalah yang mungkin ditemui sepanjang hidupnya.

Saat ini lebih dari 450 juta penduduk dunia hidup dengan gangguan jiwa. Prevalensi gangguan mental pada populasi penduduk dunia menurut WorldHealth Organization (WHO) pada tahun 2000 memperoleh data gangguan mental sebesar 12%, tahun 2001 meningkat menjadi 13%. Tahun 2002 hasil survei menunjukkan bahwa 154 juta orang secara global mengalami depresi dan 25 juta orang menderita skizofrenia, 15 juta orang berada di bawah pengaruh penyalahgunaan zat terlarang, 50 juta orang menderita epilepsy dan sekitar 877.000 orang meninggal karena bunuh diri tiap tahunnya. Diprediksikan pada tahun 2015 menjadi 15%, dan pada negara-negara berkembang prevalensinya lebih tinggi. Menurut survei Global Health Data Exchange tahun 2017 menunjukkan, ada 27,3 juta orang di Indonesia mengalami gangguan mental. Data ini tergolong besar dan sudah sepatutnya kita mulai peduli pada kesehatan mental kita. Oleh karena itu mengapa kesehatan mental sangat penting? Karena hal ini merupakan bagian integral dari kesehatan. Sesempurna apapun fisik yang dimiliki, bila jiwa kurang sehat, maka kualitas hidup seseorang akan berkurang. Menurut Schneiders (dalam Semiun, 2006), ada sembilan kriteria orang yang sehat mental, yaitu: efisiensi mental, pengendalian dan integrasi antara pikiran dan perilaku, integrasi motif-motif serta pengendalian konflik dan frustasi, perasaan dan emosi yang positif juga sehat, ketenangan dan kedamaian pikiran, sikap yang sehat, konsep diri (self concept) yang sehat, identitas ego yang adekuat, serta memiliki hubungan yang adekuat dengan kenyataan.

Bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mental? Untuk menjaga kesehatan mental sangatlah sederhana yaitu: bersenang-senanglah kamu lakuin kegiatan yang positif menurutmu menyenangan atau mencari hobby yang bikin kamu senang, jangan berpikir berlebihan dalam suatu hal yang tidak menentu, menjalin hubungan baik dengan orang lain,olah raga, istirahat yang cukup, kurangi bergantungan dengan seseorang, dan jangan lupa tetaplah beryuskur.

Jadi dapat diketahui dan disimpulkan menjaga kesehatan mental sangat lah sedrhana bagaimana kita mau melakukanya dari semua itu atau memiliki cara sendiri agar mental tetap terjaga.



 

Referensi.

Adisty, W.P., Wibhawa,B., & Gutama,A,S.2015.Kesehatan Masyarakat Indonesia (Pengetahuan dan Keterbukaan Masyarakat Terhadap Gangguan Kesehatan mental). Prosiding KS: Riset&PKM. 2(2), 147-300. ISSN Online:2581-1126

Panjaitan, B.C.F.2019. Pentingya Kesehatan Mental. Buletin Kpin. 5(4).

Marcelina, Risky Nur. 2021. Pentinya Menjaga Kesehatan Mental. http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/1070-pentingnya-menjaga-kesehatan-mental diakses 08 November 2021.

 BEM, FPPsi UM. 2018. Kesehatan Mental dan Sejarah Mental Health Day. http://bem.fppsi.um.ac.id/index.php/2018/11/05/kesehatan-mental-dan-sejarah-world-mental-health-day/ di akses 08 November

 


0 komentar:

Posting Komentar