11.11.21

Apa yang membuat mu sehat mental?

 

Artikel ini dibuat untuk Ujian Mid. Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu Dr. Arundati Shinta, MA.

Kharisma Ayu Mutiara Dewi (19310410070)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 


 

 

Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting bagi manusia sama halnya seperti kesehatan fisik pada umumnya. Dengan sehatnya mental seseorang maka aspek kehidupan yang lain dalam dirinya akan bekerja secara lebih maksimal. Menurut WHO, kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya. Dan  menurut Merriam Webster kesehatan mental, merupakan suatu keadaan emosional dan psikologis yang baik, dimana individu dapat memanfaatkan kemampuan kognisi dan emosi berfungsi dalam komunitasnya, dan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Kesehatan mental dapat terganggu karena dipengaruhi 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal ini antara lain meliputi kepribadian, kondisi fisik, perkembangan dan kematangan, kondisi psikologis, keberagamaan, sikap menghadapi problema hidup, kebermaknaan hidup, dan keseimbangan dalam berpikir. Ada pun yang termasuk faktor eksternal antara lain: keadaan sosial, ekonomi, politik, adat kebiasaan dan sebagainya. Namun, yang paling dominan adalah faktor internal. Dijelaskan bahwa ketenangan hidup, ketenangan jiwa atau kebahagiaan batin itu tidak banyak tergantung pada faktor-faktor dari luar seperti keadaan sosial, ekonomi, politik, adat kebiasaan dan sebagainya. Akan tetapi lebih tergantung pada cara dan sikap menghadapi faktor tersebut.

Untuk menghadapi faktor-faktor tersebut maka perlu melakukan  pencegahan, sehingga kesehatan mental stabil atau tidak mengalami gangguan kesehatan mental. Cara-cara pencegahannya adalah:

1)        Me Time

Luangkan waktu mu untuk melakukan kegiatan yang disuka atau kegiatan yang positif. Seperti menonton film, olahraga, travelling dan lain-lain. Yang tujuannya untuk merefresh otak setelah bekerja setiap hari, supaya tidak stress atau yang lainnya.

2)        Curhat

Jika terdapat masalah ceritakan masalah mu dengan orang terdekat mu seperti keluarga atau sahabat mu. Dengan cerita kamu akan mereasa tenang setelah emosi-emosi tekah dikeluarkan. Jika dirasa masalah berat maka hubungi psikolog atau psikiater untuk membantu masalah mu.

3)        Self Love

Lebih mencintai diri sendiri dan tidak membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Karena dirimu berharga dan istimewa. Dirimu beda dari orang lain.

4)        Bersyukur

Untuk selalu bersyukur atas target yang telah dicapai saat ini. Apresiasikan keberhasilan mu dengan rasa syukur.

 

Maka dapat disimpulkan bahwa kesehatan mental merupakan hal terpenting bagi manusia selain kesehatan fisik. Sama dengan kesehatan fisik, kesahatan mental dapat terganggu. Terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental yaitu faktor internal dan eksternal. Maka diperlukan untuk pencegahan yang meliputi me time, curhat, self love dan bersyukur. Jadi yuk sama sama menjaga kesehatan mental supaya mental selalu stabil.

 




 

 

Referensi:

Putri, A. W. KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT INDONESIA (PENGETAHUAN, DAN KETERBUKAAN MASYARAKAT TERHADAP GANGGUAN KESEHATAN MENTAL). PROSIDING KS: RISET & PKM. Vol. 2, No. 2. Hal: 147 - 300

Rozali, Y. A. 2021. Meningkatkan Kesehatan Mental Di Masa Pandemic. Jurnal Abdimas Vol. 7, No. 2. Hal 109-113

0 komentar:

Posting Komentar