7.11.21

TUJUH CARA MENJAGA KESEHATAN MENTAL.


Ujian Mid Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2021/2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Rika Rachamawati / 19310410027 (Kelas A)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tanggal 10 Oktober 2021 tepatnya hari minggu adalah hari kesehtan mental sedunia maka dari itu untuk memperingati hari kesehatan mental dunia Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) mengadakan lomba poster dan video reels. Setiap peserta dapat memilih membuat video atau membuat poster dengan tema bagaimana cara menjaga kesehatan mental. hal itu dilakan untuk menyongsong pengetahuan banyak orang tentang kesehatan mental agar terwujudnya indonesia tersenyum dengan kesehatan mental yang lebih baik. Pendaftaran dan pengumpulan karya dari lomba adalah tanggal 04 Oktober 2021 sampai 18 Oktober 2021 hasil akan diumumkan tanggal 25 Oktober 2021. Dalam lomba ini ada syrat dan ketentuan yang harus diikuti oleh peserta agar karya tetap diangap mengikuti lomba. 

Kesehtan mental sendiri merupakan aspek yang penting dalam mewujudkan kesehatan, karena kesehatan tidak hanya kesehatan fisik. Kesehatan mental juga putut diperjukan dan tidak boleh diacuhkan karena kesehatan mental sama halnya kesehatan fisik, sama-sama penting dalam hidup kita. Definisi sehat sendiri juga ada beberapa perspektif salah satunya kesehatan mental. Gangguan  kesehatan mental sering sekali diacuhkan oleh beberapa orang sehingga membuat banyak orang menderita gangguan mental diseluruh dunia. Maka dari kita perlu menjaga kesehatan mental kita karena jika kesehatan mental tidak dijaga akan berpengaruh dengan kesehatan fisik, kesehatan fisik dan mental saling berpengaruh satu sama lain. Jika tidak dijaga dengan baik maka kita akan mengalami gangguan mental yang dapat merugikan diri kita atu mungkin juga orang lain.

Orang yang sehat dari segi mental akan menjalankan hidupnya dengan normal dan memiliki kemampuan pengolahan stres. Menurut WHO (dalam Wismani Putri,Adisty, Budhi Wibhawa, dan  Arie Surya Gutama, 2015 :252 ) kesehatan mental merupakan kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu, yang di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan untuk mengelola stres kehidupan yang wajar, untuk bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya. Dan berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2014 ( dalam Ayuningtyas,Dumilah, Misnaniarti dan Marisa Rayhani, 2018: 3) tentang    Kesehatan    Jiwa,    kesehatan    jiwa didefinisikan  sebagai  kondisi  dimana  seorang individu    dapat    berkembang secara    fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi    tekanan,    dapat    bekerja    secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya.

Lalu bagaimana menjaga kesehatan mental yang baik, ada tujuh cara yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan mental yang baik, yaitu:

  • 1.      Katakan hal yang positif untuk diri sendiri
  • 2.      Tulislah hal yang patut untuk disyukuri
  • 3.      Fokus pada satu tujuan
  • 4.      Olahraga
  • 5.      Makanlah makanan dan minuman yang sehat serta lezat
  • 6.      Terbukalah dengan orang lain
  • 7.      Istirahat yang cukup

Dalam poster yang saya buat terdapat penjelasan dari tujuh cara menjaga kesehatan mental. desain yang saya buat sengaja saya buat dengan wana yang cerah dan warna-warni, karena setiap warna memiliki filosofi yang berbeda. Warna kuning mengambarkan kegembiraan, hijau keberuntungan dan kesehatan, biru ketenangan, putih suci; ringan; dan terang, ungu kebijaksanaan, dan juga jingga optimisme; kehangatan; kenyamanan dan keceriaan. Arti warna tersebut saya maksudkan jika kita menjaga kesehatan mental yang baik maka kita bisa merasakan hal tersebut. Dalam mendesain poster saya  tidak mengalami kesulitan tetap kesulitan yang datang saat saya akan mengupload foto diinstagram karena sinyal kurang bagus.

 

 

Daftar Pustaka

Ayuningtyas,Dumilah, Misnaniarti dan Marisa Rayhani. ( 2018). 20181ANALISIS SITUASIKESEHATAN MENTAL PADA MASYARAKAT DI INDONESIADAN STRATEGI PENANGGULANGANNYA. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. 9(1):1-10.  

Wismani Putri,Adisty, Budhi Wibhawa, dan  Arie Surya Gutama. (2015). KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT INDONESIA (PENGETAHUAN, DAN KETERBUKAAN MASYARAKAT TERHADAP GANGGUAN KESEHATAN MENTAL). Jurnal UNPAD . 02(02):252-258.

0 komentar:

Posting Komentar