7.11.21

Komunikasi Yang Baik Adalah Faktor Penting Dalam Dunia Pekerjaan

 Essay 2  Persyaratan Ulangan Tengah Semester


 Psikologi Manajemen dan Organisasi

 

Semester Ganjil 2021/2022


Imanuel Deo S./ 20310410023


Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr., Arundati Shinta, M.A



     Komunikasi adalah proses mengirim dan menerima pesan melalui cara verbal atau nonverbal, termasuk ucapan, atau komunikasi lisan;  tulisan dan representasi grafis (seperti infografis, peta, dan bagan);  dan tanda, sinyal, dan perilaku.  Lebih sederhananya, komunikasi dikatakan sebagai penciptaan dan pertukaran makna. Komunikasi ini sendiri penting dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk bertukar informasi antar personal. Seperti salah satu ahli juga berpendapat dan menyebutkan komunikasi ialah proses di mana dua orang atau lebih membentuk ata melakukan pertukaran informasi antara satu sama lain, yang pada gilirannya terjadi saling pengertian yang mendalam (Everett M Rogers dan Lawrence Kincaid dalam buku Communication Network: Toward a New Paradigm for Research (1981). Jadi komunikasi adalah faktor utama seseorang kepada antar personal untuk bertukar maksud dari pikiran kita. Komunikasi yang efektif sangat penting baik di dalam maupun di luar tempat kerja karena memungkinkan kita menerjemahkan maksud dan perasaan dengan jelas ke dalam pesan yang mudah dimengerti.  Komunikasi yang efektif membuat kita menjadi pekerja yang lebih produktif dan mengurangi konsekuensi yang tidak diinginkan yang muncul sebagai akibat dari miskomunikasi.  Mengembangkan proses komunikasi yang efektif membantu memahami apa yang dikatakan orang lain dengan lebih baik.

     Termasuk komunikasi di tempat kerja adalah salah satu aspek terpenting dari bisnis apa pun. Bahkan, beberapa perusahaan akan rela untuk mengeluarkan uang mereka untuk melatih karyawan atau pekerja mereka tentang cara berkomunikasi secara efektif di tempat kerja. Ada banyak masalah potensial yang bisa berasal dari komunikasi buruk di tempat kerja dan masalah ini bisa berdampak besar pada kinerja rekan kerja dan berbagai hubungan dalam bisnis atau usaha apapun. Intinya tidak ada bisnis yang berjalan  sempurna saat tidak adanya komunikasi yang sehat antar personal didunia kerja. Cara orang berkomunikasi dan mengatasi masalah dalam bekerja menjadi tanda bahwa perusahaan atau tempat kerja itu sudah menerapkan komunikasi yang baik. Komunikasi yang sehat di tempat kerja sangat penting untuk mendorong hasil memuaskan juga menciptakan lingkungan kerja yang positif.  Sebaliknya, komunikasi yang buruk dapat menghambat perusahaan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Beberapa dampak dalam komunikasi yang buruk dalam perusahaan atau tempat kerja akan menyebabkan kesalah pahaman menangkap maksud dari antar personal, kinerja menjadi tidak optimal, menyebabkan proses bisnis terhambat bahkan gagal, sehingga pemasaran serta pelayanan menurun drastis, dan ujung-ujungnya akan mengakibatkan kegagalan dalam perusahaan atau bisa dibilang bangkrut. Maka dari itu belajar keterampilan komunikasi yang efektif adalah proses langsung yang memungkinkan kita mengekspresikan diri dan meningkatkan hubungan pribadi dan profesional kerja.  Mengetahui cara mendengarkan dengan baik dan berkomunikasi dengan jelas akan membantu kita mengekspresikan diri dalam kehidupan kita terkhusus dalam dunia kerja.

 

 

Sumber Referensi :

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/skola/read/2021/08/05/120000469/komunikasi--pengertian-para-ahli-fungsi-tujuan-dan-jenis-jenisnya?espv=1

https://talkactive.id/yuk-mengenal-sebab-dan-akibat-efek-komunikasi-yang-buruk-dalam-bisnis/

0 komentar:

Posting Komentar