10.11.21

TIPS TO REDUCE STRESS


  Ujian Mid Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2021/2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Lidya Aritonang / 19310410033

    Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 


Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Kesehatan mental merujuk pada kesehatan seluruh aspek perkembangan seseorang, baik fisik maupun psikis. Kesehatan mental juga meliputi upaya-upaya dalam mengatasi stress, ketidakmampuan dalam menyesuaikan diri, bagaimana berhubungan dengan orang lain, serta berkaitan dengan pengambilan keputusan.

Kesehatan mental tiap individu berbeda dan mengalami dinamisasi dalam perkembangannya. Karena pada hakitkatnya manusia dihadapkan pada kondisi dimana ia harus menyelesaikannya dengan beragam alternatif pemecahannya. Adakalanya, tidak sedikit orang yang pada waktu tertentu mengalami masalah-masalah kesehatan mental dalam kehidupannya.

Dengan demikian sering terjadi menimbulkan stress dalam diri yang jika dibiarkan akan berbahaya .

Berikut ada tips menyelesaian nya menghindari stress untuk menjaga kesehatan mental kita, yaitu :

1. Menjaga Pola Makan yang Sehat

    Siapa sangka, apa yang kita konsumsi sangat berpengaruh akan kesehatan mental kita. Karena makanan juga dapat menunjang kesehatan tubuh kita yang memberi efek untuk mental kita. Dengan demikian cobalah menjaga pola makan yang sehat dan terpenuhi segala kebutuhan tubuh.

2. Olahraga yang Teratur

    Jangan mengabaikan olahraga.Karena itu juga sangat mempengaruhi kesehatan dalam tubuh kita. Jika kita lemas sangat berdampak bagi mental kita sendiri. Kita mudah lelah dan karena lemah kita gagal melakukan aktivitas kita sehari hari dan menimbulkan permasalahan.

3.Jadwal kan Aktivitasmu

Dengan terjadwal nya waktu kita setiap hari, kita dapat managemen waktu kita dengan baik. Dengan begitu apa yang akan kita lakukan telah terkoordinir dengan baik tanpa desakan.

4. Memiliki Peliharaan Hewan / Tumbuhan

    Ini merupakan tips yang mempengaruhi suasana hati kita tersendiri. Ketika kita memiliki sebuah tanggung jawab yang menyenangkan untuk memelihara baik itu hewan maupun tumbuhan mampu meningkatkan suasana hati kita menjadi lebih gembira.

5. Atur Pernafasan

    Ketika kita dilanda masalah, ada baiknya kita melakukan latihan pernafasan seperti menarik nafas degan dalam lalu membuangnya. HAl tersebut dapat membantu merileks kan pikiran kita.

6. Cari Teman untuk Bercerita

    Ketika ada sebuah masalah yang melanda, jangan memendamnya seorang diri. Sebaiknya cari seseorang yang kamu rasa nyaman dan dapat dipercaya. Dengan demikian pikiran akan semakin legah dan kita mendapatkan teman bertukar pikiran.

Enam tips diatas sangat bermanfaat untuk dilakukan. Jika kita merasa permasalahan kita terlalu berat,pergi lah konsultasi pada seorang psikolog.




Daftar Pustaka :

Dewi, K. S. (2012). Buku ajar kesehatan mental.

Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental (Vol. 124). Duta Media Publishing.

0 komentar:

Posting Komentar