10.11.21

Believe In Yourself, Because You Are Special

 

Ujian Mid Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2021/2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

PUTRI SARTIKA / 19310410001 (Kelas B)

Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Setiap individu mempunyai potensi di dalam dirinya sendiri itu berbeda-beda dan mereka berhasil mengembangkannya.  Sayangnya, masih ada beberapa orang yang merasa insecure dengan potensi diri yang dimiliki sehingga menganggap diri sendiri tidak memiliki kelebihan. Pengenalan terhadap potensi diri sendiri harus dilakukan sejak dini supaya kita dapat berkembang menjadi pribadi yang berkualitas dan percaya diri.

Ketika melakukan sesuatu dan terjadi di bawah ekspektasi kita, terkadang seseorang jatuh ke dalam kegelisahan. Ini bisa karena kita merasa tidak cukup baik dalam menghargai diri kita sendiri dan terlalu sering membandingkan potensi kita terhadap orang lain.

Hampir semua orang pasti pernah membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain. Namun sikap ini kadang kala dapat membangkitkan semangat untuk mempelajari banyak hal. Selain itu, sikap ini juga dapat menyadarkan segala kekurangan yang kita miliki sehingga memicu diri untuk memperbaikinya dan menjadi lebih baik.

Hal yang dapat membantu kita dalam tidak merasa insecure terhadap orang lain ialah:

a.    Olahraga yang teratur

b.    Meditasi

c.    Self Love pada diri sendiri

d.    Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain

e.    Self healing pada diri sendiri

Karena ketika kita melakukan itu, maka kita dapat menyanyangi dan menghargai usaha yang telah kita lakukan. Setiap individu mempunyai waktu dan kecepatan yang berbeda-beda, tidak ada usaha yang mengkhinati hasil. Semua usaha yang telah kita lakukan aka nada hasilnya, mungkin tidak sekarang hasilnya akan terlihat. Tapi suatu saat hasil kerja kerasmu akan terlihat di waktu yang tepat.

Referensi:

Dzikran, A. (2018). Jadilah Diri Sendiri: Panduan Membangun Pribadi Berkarakter Dan Percaya Diri. Pustaka Alvabet.

Ra’fah, R. R. (2016). Penggunaan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Pada Tema Diriku Sub Tema Aku Dan Teman Baru (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).



0 komentar:

Posting Komentar