10.11.21

“TIPS SEDERHANA MENJAGA KESEHATAN MENTAL “


 

 YANSES KALA’ IRI’

NIM: 19310410046

DOSEN: Dra. ARUNDITA SHINTA, MA.

TILISAN DIBUAT UNTUK UTS PSIKOLOGI INOVASI KELAS A SEMESTER GANJIL 2020/2021

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Tubuh yang sehat bukan hanya dari segi fisik saja namun juga psikis. Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga. Menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di saat mental sehat, kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik, menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain, serta lebih produktif dalam belajar ataupun bekerja.

Tahukah kita bahwa dalam dekade belakangan ini, angka gangguan kesehatan mental di dunia meningkat? Menurut WHO dalam Yuli dan Karima, 2021, 20% anak dan remaja di dunia memiliki gangguan kesehatan mental, dan bunuh diri menjadi penyebab kematian kedua tertinggi pada rentang usia 15-29 tahun. Gangguan mental dapat berdampak pada berbagai aspek kehidupan seperti performa kerja dan sekolah, hubungan keluarga/pertemanan, dan partisipasi sosial, karenanya harus benar-benar dijaga (Yuli dan Karima, 2021).

Lantas sehat mental itu seperti apa? Menurut Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), sehat berarti suatu keadaan yang sempurna, baik secara fisik, mental dan sosial, yang lebih dari sekedar terbebas dari penyakit atau kelemahan. Artinya, tidak sakit saja tidak cukup. Sehat mental sendiri didefinisikan sebagai kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial, sehingga ia: Menyadari kemampuan sendiri,  Dapat mengatasi tekanan, Dapat bekerja secara proaktif, Mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya (Yuli dan Karima, 2021).

Dilansir dalam situs kemkes.go.id 2018, menyatakan bahwa kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar. Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain. Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Lalu bagaiman menjaga mental agar tetap sehat?. Beberapa tips ini mungkin sangat mudah untuk dilakukan dan mungkin saja telah kita lakukan dalam aktivitas keseharian. Berikut ini merupakan tips sederhana yang di harapkan mampu menjaga Kesehatan mental:

1. Melakukan kegiatan olahrag, Tubuh yang aktif bergerak tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga berkontribusi positif pada kesehatan mental. Aktif bergerak dapat meningkatkan harga diri, memotivasi diri sendiri, dan mengubah kimia di otak menjadi lebih positif. Fisik dan mental juga makin prima jika seseorang rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Pilih jenis olahraga di luar ruangan. Menghirup udara di luar ruangan bisa membantu meredakan stres.

2. Mendengarkan musik, Memutar musik adalah cara sederhana untuk meningkatkan relaksasi karena paduan irama dan nada yang harmoni dari musik dapat membantu menurunkan atau menghilangkan stres atau kecemasan.  

3. Melakukan me time, Menghabiskan waktu untuk diri sendiri alias me time ternyata memiliki manfaat. Masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari nyatanya dapat menimbulkan beban tersendiri bagi kondisi mental, dan me time adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan pikiran. manfaat me time seperti meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, memberikan kesempatan untuk memahami diri sendiri, Menyegarkan tubuh dan pikiran.

            Kesehatan bukan hanya tentang apa yang kamu makan, ini tentang apa yang kamu pikirkan dan kamu rasakan juga. So jadikan Kesehatan mentalmu sebagai prioritas. Play a role in the restoration of our own mental health.

GAMBAR POSTER LOMBA ILMPI

Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Inonesia (ILMPI) mengadakan lomba membuat poster dan reels instagram untuk memeriahkan hari kesehatan mental sedunia yang diperingati setiap 10 Oktober. Tema yang diangkat dalam lomba adalah “Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mental?”. Saya turut serta mengikuti lomba membuat poster dengan judul Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mental.




SUMBER:

Yuli, H S & Karima, N. (2021). 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental. https://www.rspermata.co.id/articles/read/7-cara-menjaga-kesehatan-mental (diakses 9 november 2021)

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Pengartian Kesehatan Mental. https://promkes.kemkes.go.id/pengertian-kesehatan-mental. (diakses 9 november 2021)

https://www.instagram.com/p/CVC5t2Alyi4/?utm_medium=copy_link (link postingan poster di Instagram)




 


0 komentar:

Posting Komentar